PAKAIAN SERAGAM ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA TERBARU 2019

SK KWARNAS TENTANG PAKAIAN SERAGAM 
ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA TERBARU 2013

Gerakan Pramuka melakukan perubahan pakaian seragam pramuka yg diatur pada Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 174 Tahun 2012 mengenai Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka yg menggantikan Keputusan Kwartir nasional Gerakan Pramuka Nomor 226 Tahun 2007. Dalam Petunjuk Penyelenggaraan tadi masih ada perubahan Pakaian seragam anggota Gerakan Pramuka menurut seragam yang lama ke Seragam yg baru. 

Ada beberapa perubahan atau disparitas yg mencolok antara seragam yang baru menggunakan seragam yg lama , diantaranya :

  1. Pada sandang seragamtingkat Pramuka Siaga putera juga puteri, adanya penambahan berupa list berwarna coklattua pada bagian lengan serta saku.
  2. Untuk anggota pramuka taraf Penggalang puteri, pada baju  seragam sama dengan baju seragam buat anggota putera yang dimana memamakai 2 saku tempel pada dada kanan dan kiri serta nir masih ada lipatan melintang pada atas dada. Sebelumnya baju seragam puteri tidak terdapat saku di dada dan terdapat lipatan pada atas dada, atau baju seragam antara putera serta puteri mengenakan model sandang yg berbeda 
  3. Untuk anggota puteri semua strata memakai setangan leher seperti setangan leher Putera serta menggunakan ring, yg dimana sebelumnya anggota puteri mengenakan Pita Leher.
  4. Tutup kepala anggota puteri untuk tingkat Penggalang, Penegak, serta Pandega menggunakan tutup kepala berbahan laken/beludru. Sebelumnya menggunakan tutup kepala yg terbuat berdasarkan anyaman
  5.  Untuk anggota putera untuk taraf Penggalang, Penegak, serta Pandega, adanya Penambahan saku muncul di kanan kiri celana dan saku tempel di bagian belakang kanan serta kiri yg jumlah sakunya sebanyak enam saku. Sebelumnya anggota putera mengenakan celana menggunakan  empat saku berupa 2 saku dalam pada samping kanan serta kiri serta 2 saku lagi di belakang kanan kiri.
Berikut ini gambar sandang seragam anggota Gerakan Pramuka sesuai salinan PP no. 174 Tahun 2012.















 
 
 

 


Untuk lebih lengkapnya tentang sandang seragam pramuka yg terbaru sesuai SK Kwarnas No. 174 Tahun 2012 mengenai Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka silahkan download pada bawah ini.
Via 4shared.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel