PEMBAHASAN LENGKAP TENTANG ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA

BELAJAR PRAMUKA -Pada mataeri Pramuka kali ini kita akan membahas dengansingkat apa itu anggota Gerakan Pramuka, semoga uraian singkat ini dapatmembantu saudara tertua buat lebih tahu tentang apa itu anggota Gerakan Pramuka.

Sebagaimana telah disebutkan dalam Anggaran Rumah TanggaGerakan Pramuka, Anggota Gerakan Pramuka merupakan perseorangan masyarakat  negara Indonesia  yg secara sukarela serta aktif mendaftarkan diri sebagaianggota Gerakan Pramuka, sudah memenuhi persyaratan tertentu dan telahdilantik sebagai anggota. Anggota Gerakan Pramuka disebut Pramuka.
Pengertian anggota Gerakan Pramuka pada atas adalah pengertian sebagaimana tercantum pada Anggaran RumahTangga Gerakan Pramuka terbaru. Yaitu pada Anggaran Rumah Tangga GerakanPramuka hasil Munas Luar Biasa Tahun 2012. Dalam Bab V Tentang OrganisasiBagian Kesatu (Keanggotaan) Pasal 35.

Anggota Gerakan Pramuka ataudisebut menjadi Pramuka terdiri atas anggota biasa serta jua anggota kehormatan.anggota biasa adalah anggota Gerakan Pramuka yang terdiri atas anggota belia(berusia 7-25 tahun) dan anggota dewasa (berusia di atas 25 tahun). Sedangkananggota kehormatan merupakan perseorangan yang sudah berjasa luar biasaterhadap Gerakan Pramuka.
Secara lebih detail, anggota Gerakan Pramuka terdiri atas:
A.Anggota Biasa

1.Anggota Muda

Anggota Mudadalam gerakan pramuka dianggap jua menjadi siswa. Anggota mudadikelompokkan berdasarkan usia, yg terdiri atas:
·Pramuka Siaga,yaitu anggota Gerakan Pramuka yg berusia antara 7-10 tahun.
·PramukaPenggalang, yaitu anggota Gerakan Pramuka yang sudah berusia antara 11-15 Tahun
·Pramuka Penegak,yaitu anggota gerakan Pramuka yang berusia antara 16-20 tahun
·Pramuka Pandega,yaitu anggota gerakan pramuka yang telah berusia antara 21-25 tahun.
2.Anggota Dewasa

Anggota dewasadalam gerakan pramuka merupakan anggota yang sudah berusia pada atas 25 tahun, ataubelum berusia 25 tahun tetapi beliau telah menikah. Dan anggota dewasa terbagilagi ke pada dua kelompok yaitu :
·Fungsionarisorganisasi, yaitu anggota dewasa yang terlibat secara pribadi dalam strukturorganisasi gerakan pramuka baik dalam taraf gugusdepan maupun kwartir. Fungsionarissendiri terdiri atas:
1.pembna pramukadan pembantu pembina pramuka
2.pelatih pembinapramuka
3.pelatih professional
4.pamong saka
5.instruktur saka
6.pimpinan saka
7.pimpinan satuankomunitas (sako)
8.andalan danpembantu andalan
9.anggota majelispembimbing
·NonFungsionaris, yaitu anggota gerakan pramuka dewasa yg nir terlibat secaralangsung pada struktur organisasi gerakan pramuka. Anggota ini dapat bergabungke dalam gugus pengabdian pramuka

B.Anggota Kehormatan

Anggota kehormatin artinya perorangan yg sudahberjasa luar biasa terhadap Gerakan Pramuka.

Ketentuan Lain TerkaitAnggota Gerakan Pramuka

1.anggota belia Gerakan Pramuka yang sudah menikah dikelompokkansebagai anggota dewasa.
2.anggota belia yg berkebutuhan khusus disebut pramukaberkebutuhan khusus
3.anggota belia Gerakan Pramuka yg memiliki kualifikasi dapatdiangkat menjadi fungsionaris organisasi.
4.pelantikan anggota belia dilakukan sang pembina pramuka digugusdepan masing-masing.
5.anggota kehormatan diangkat serta dilantik oleh kwartir cabang,kwartir daerah, atau kwartir nasional.


Nah, itulah uraian singkat mengenai Anggota Gerakan Pramuka,bagaimana? Sekarang abang telah sangat paham kan mengenai Anggota GerakanPramuka? Kalau kakak merasa artikel ini sangat bermanfaat, ingat buat dishare artikelnya, supaya manfaat nya terus menyebar ke orang lain, cukup sampaidisini postingan kali ini, wassalamu’alaikum dan salam pramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel