PENGERTIAN TUGAS POKOK & FUNGSI MAJELIS PEMBIMBING

Pengertian, Tugas Pokok & Fungsi Majelis Pembimbing

Pengertian

Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka, buat selanjutnya dianggap Mabi adalah suatu badan dalam Gerakan Pramuka yg memberi bimbingan, donasi moril, organisatoris, material dan finansial, serta konsultasi pada gudep, satuan serta kwartir yg bersangkutan.

Tugas pokok

Tugas Pokok Mabi adalah memberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, materiil, finansial serta konsultasi kepada gudep, satuan dan kwartir yg bersangkutan:
  1. Kata-kata “memberi bimbingan” yang dimaksud di atas mengandung makna memberi arahan, saran, nasehat, serta dukungan moral.
  2. Kata-istilah “memberi donasi” yg dimaksud pada atas mengandung makna membuka jalan, mengusahakan kesempatan, fasilitas, dana serta memberi peluang agar Gerakan Pramuka mendapat akses buat memperoleh donasi menurut pemerintah dan masyarakat.
  3. Kata-istilah “konsultasi” yg dimaksud di atas mengandung makna bahwa gudep, satuan, dan kwartir bisa berkonsultasi tentang permasalahan yang dihadapi dalam upaya menaikkan gambaran Gerakan Pramuka.

Fungsi

Fungsi Mabi merupakan memberi bimbingan, bantuan konsultasi pada gudep, satuan serta kwartir yg bersangkutan agar bisa:
  1. Memecahkan masalah-masalah moral, mental, dan psikologis.
  2. Memecahkan kasus-perkara organisatoris, termasuk menaikkan jumlah serta mutu anggota Gerakan Pramuka.
  3. Memecahkan masalah-kasus material, termasuk usaha memperoleh fasilitas, dana serta wahana.
  4. Menjalankan segenap bisnis yang berkaitan dengan masalah-perkara finansial, terutama bisnis buat mengumpulkan dana, supaya dapat memperoleh subsidi dan anugerah lain dari warga yang nir bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
  5. Menyampaikan aspirasi masyarakat buat pengembangan pendidikan Gerakan Pramuka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel