PERMAINAN PRAMUKA

Permainan Pramuka - Permainan Pramuka memiliki banyak sekali jenis permainan yg seringkali kita jumpai dalam aktivitas kepramukaan,baik tingkat siaga, penggalang , ataupun penegak.
Berikut merupakan beberapa jenis permainan pramuka :

1). Plag War
Sasaran : Perkenalan melalui permainan
Meningkatkan kepercayaan diri
Pembinaan kesatuan kelompok
Inti
Briefing : Peserta kumpul 1/2 lingkaran :
- Peserta diminta membentuk kelompok sejumlah 10 orang, diserta salah satu lagu wajib
- Masing-masing grup menentukan seorang perwakilan (sebagai ketua kelompok) yg diberi tugas  buat menciptakan bendera kelompok menggunakan menentukan nama-nama hewan yang perkasa (Harimau, Singa, Serigala, dll) kemudian dituangkan pada bentuk lukisan dalam bendera yang tersedia.
- Setelah lukisan terselesaikan masing-masing kelompok mempresentasikan lambang-lambang keperkasaan bendera tersebut
- Masing-masing kelompok harus mempertehankan lambang-lambang keperkasaannya menurut agresi (ejekan) kelompok lain
- Setelah presentasi masing-masing grup membuat yel-yel yang seirama menggunakan lambang keperkasaannya.
Debrief : Apa yg saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
Manfaat apa yg saudara peroleh pada permainan ini.
Apa yg bisa saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba…….. (sumber Pusdiklatnas)
2). Goa Gelap (The Dark Cave)
Sasaran : Melatih ketelitian dan kepekaan
Menentukan sumber keterangan yang akurat
Kerjasama
Saling menghargai
Breafing :
- Saudara dipersilahkan menentukan teman (pasangan baru) pada gerombolan ini.
- Semua pasangan baru anda dalam keadaan mata tertutup (ditutup scaft/ syal/ kacu)
- Didepan saudara nampak semak belukar yang harus saudara lalui, serta diantara semak-semak tersebut terdapat ranjau-ranjau yg tidak boleh saudara injak, siapapun yang menginjak berarti terkena ranjau sebagai akibatnya saudara dikenakan diskualifikasi yakni mengulang dari awal pulang.
- Saudara memandu teman baru anda yg matanya terutup,diujung tempat start.
- Pasangan anda diminta melewati semak belukar yg ada pada depan anda menggunakan pedoman yg anda berikan.
- Setelah mencapai finish, maka pemandu menjadi si pelaku yang matanya tertutup.
Debrief : Apa yg saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
Apakah saudara sahih-sahih mengenal bunyi teman (pasangan saudara)?
Coba saudara diskusikan manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
Apa saudara kembangkan (modifikasi) menurut permainan ini.
Selamat mencoba…….. (sumber Pusdiklatnas)
3). Rawa Beracun (The Poisinous Swamp)
Sasaran : Team work/kerjasama
Melatih pengendalian diri
Kepemimpinan
Briefing :
- Di depan saudara terbentang rawa yg penuh racun.
- Tugas saudara melewati rawa menggunakan alat berupa 4 balok atau ban kendaraan beroda empat bekas
- Saudara nir boleh keluar berdasarkan balok-balok tadi, kalau saudara keluar Saudara di kenakan sangsi atau didiskulifikasi dan saudara harus mengulang  pulang, berdasarkan loka start.
- Diskusikan pada seluruh anggota team anda jalan terbaik agar nir terkena diskualifikasi.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan sehabis melakukan permainan ini.
- Apa yg anda tertawakan? Kekurangan diri sendiri ?
- Apa yg bisa dibanggakan? Keberhasilan sendiri atau keberhasilan gerombolan ?
- Coba saudara diskusikan manfaat apa yg saudara peroleh dalam permainan ini.
- Apa yg bisa saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba……. (asal Pusdiklatnas)
4). Traffic Jam
Sasaran : Melatih mentaati anggaran yang telah disepakati
Kerjasama/ team work
Melatih ketelitian
Mengevaluasi sifat peserta (sifat ego, senang ikut campur urusan orang, tidak taat anggaran, selalu ingin mencari jalan pintas, biang kerok).
Breafing :
- Kelompo dibagi dua bagian, dan galat seseorang berdasarkan kelompok tadi bertindak sebagai komandan (ada dua gerombolan terdapat 2 komandan).
- Di hadapan saudara terdapat dua buah jalur berbentuk kotak-kotak seperti dua tangga yg ditidurkan.tugas kelompok adalah melewati dua jalur petak-petak tadi.
- Syaratnya masing-masing jalur tidak boleh ditempati sejajar. & nir diperkenankan menempati kota yg disebelahnya yang telah terisi) kecuali pada tempat persinggahan.
- Diskusikan pada kelompok saudara dan pikirkan dengn seksama agar tugas bisa berjalan dengan lancar.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan sehabis melakukan permainan ini.
- Diskusikan pada gerombolan manfaat apa yang bisa diambil dari permainan ini.
- Siapa diantara teman saudara yg anda anggap paling menyebalkan pada melakukan permainan ini.
- Siapa diantara teman saudara yang anda anggap paling berjasa dalam menyukseskan permainan ini.
Selamat mencoba ….. (sumber Pusdiklatnas)
5). Spider Web
Sasaran :
Team Building
Melatih kepemimpinan (mampu diatur, dan mampu mengatur)
Melatih management sumber daya
Melatih memilih strategi yg paling tepat melalui kondisi dan situasi yg ada
Breafing :
- Di depan kita terdapat sebuah jaring laba-laba super besar. Tugas kelompok saudara merupakan memasukkan semua anggota regu saudara ke pada jaring tadi.
- (perlu diingat) masing-masing tali laba-laba tersebut beracun sehingga nir boleh tersentuh.
- Satu lubang hanya boleh dilewati oleh satu orang dan orang berikutnya harus menggunakan lubang lainnya.
- Diberi kesempatan untuk mendiskusikan jalan terbaik supaya tidak terkena diskualifikasi.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan sehabis melakukan permainan ini.
- Manfaat apa yg saudara peroleh pada permainan ini.
- Faktor apa yang menyebabkan anda berhasil dalam permainan ini.
- Faktor apa yg memungkinkan anda gagal pada permainan ini.
- Apa yg bisa saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba…. (asal Pusdiklatnas)
6). Memindahkan Bendera
Sasaran :
Team Work
Terbentuknya rasa senasib seperjuangan
Pemecahan masalah
Komitmen terhadap aturan yang ditetapkan
Breafing :
- Team saudara terjebak dalam suatu kasus besar lantaran team saudaratidak mampu lewat, kalau team anda tidak dapat membuka kunci pintu menggunakan cara memindahkan bendera.
- Untuk pekerjaan tadi saudara disediakan satu tiang (bambu/ kayu) bendera serta satu tongkat berdasarkan bambu.
- Team saudara dipersilahkan mengangkat bendera dan mendirikannya di atas bambu seterusnya memasukkannya ke pada lobang kunci.
- Sekarang team anda diberi kesempatan buat mendiskusikan jalan terbaik agar nir terkena diskualifikasi.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan sehabis melakukan permainan ini.
- Kesulitan apa yg terjadi menggunakan team anda.
- Coba saudara diskusikan manfaat apa yg saudara peroleh dalam permainan ini.
- Apa yg bisa saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba…… (sumber Pusdiklatnas)
7). The Punture Pipe (Pipa Bocor)
Sasaran :
Kesetiakawanan sosial
Kerjasama
Kecepatan bergerak
Mematuhi perintah
Pemecahan masalah
Breafing :
- Pasukan/regu saudara dihadapkan suatu perkara, karena anda harus mengambil sebuah mustika,namun mustika tersebut berada di dalam sebuag tabung, dan saudara wajib bisa mengeluarkan mustika tadi.
- Saudara dibantu menggunakan air yg sangat terbatas, buat mengeluarkan mustika tersebut menurut pada tabung.
- Tetapi masalahnya pipa tersebut penuh menggunakan lubang-lubang,oleh karena itu tim saudara kalau mau sukses harus diatur sedemikian rupa sebagai akibatnya bisa menutup seluruh lubang.
- Sekarang tim saudara diberi kesempatan buat mendiskusikan jalan terbaik supaya team anda menerima mustika yg terdapat pada pipa tadi.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan sehabis melakukan permainan ini.
- Apakah anda wajib basah buat melakukan permainan ini?
- Bagaimana caranya agar air yg disediakan cukup buat team anda?
- Manfaat apa yg saudara peroleh pada permainan ini.
- Apa yg bisa saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba….. (asal  Pusdiklatnas)
8). Hole In One
Pengantar :
- Bermain dengan gugusan lingkaran, bergandeng tangan menggunakan erat serta tiap anggota diberi angka gasal serta genap.
- Proses permainan dimulai dengan panggilan Gepan dan Ganjil menjatuhkan diri ke depan bertumpu dalam ujung jari kaki dan  kelompok Genap kebelakang bertumpu dalam tumit.
- Sebaliknya jika fasilitator mengungkapkan Genap maka gerombolan Genap  menjatuhkan diri ke depan bertumpu pada ujung jari kaki serta gerombolan Ganjil mencondongkan diri ke belakang bertumpu pada tumit.
Breafing :
- Dihadapan saudara ada Ban yg tergantung, kuranblebih setinggi bahu orang dewasa.
- Tugas gerombolan saudara merupakan melewati lobang tersebut menggunakan tidak menyentuh ban, kecuali pemain yg pertama serta yang terakhir.
- Diskusikan dalam grup saudara supaya semua anggota grup  saudara selamat sehingga dapat melewati ban-ban tersebut    menggunakan baik.
- Dalam melakukan tugas semua anggota grup wajib memperhatikan faktor keamanan.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan sehabis melakukan permainan ini.
- Siapa diantara saudara yang badannya tersentuh ban ? Kenapa ?
- Siapa yang lolos tanpa mengulang.
- Manfaat apa yang bisa diambil berdasarkan permainan ini.
Selamat mencoba…. (asal Pusdiklatnas)
9). Pindahan Kelereng
Sasaran :
- Melatih kejelian/ketepatan dalam memilih cara menggerakan tugas.
- Melatih membentuk pola-pola baru, nir terpaku pola/cara yg sudah terdapat.
- Melatih mengambil keputusan yang paling tepat.
Inti
Breafing :
- Dihadapan saudara-saudara terdapat kelerang yg jumlahnya cukup poly, tugas saudara-saudara merupakan memindahkan kelereng       tadi ke tempat  yg tersedia dengan nir boleh menggunakan tangan ataupun menyentuhnya.
Alat yang tersedia bebas digunakan. Alat yang ada di sutu sifatnya situasional.
Debrief :
- Apa yg saudara rasakan sesudah melaksanakan permainan ini.
- Apa yg anda pikirkan buat memindahkan kelereng tadi? Apakah sendok seperti saat anda di Sekolah Dasar?
- Apa yg anda temukan dalam permainan ini.
- Manfaat apa yg dapat anda ambil dalam permainan ini.
Selamat mencoba… (asal Pusdiklatnas)
10). Memasukkan Pencil Ke Dalam Botol
Sasaran:
Pemecahan masalah
Berani mencoba berbagai cara
Melatih kesabaran serta tahan uji
Menghargai serta berani mencoba pendapat orang lain walau beliau dipandang rendah atau dipercaya paling bodoh
Breafing :
- Dihadapan saudara-saudara terdapat satu butir pencil,satu buah botol (dalam keadaan kosong dan dalam posisi roboh) dan dua tali rafia, kesemuannya berada pada suatu kotak ukuran 4 meter persegi
- Tugas saudara gerombolan merupakan memasukkan pencil ke dalam botol dengan tali rafia yang dipegang dari ujung-ujungnya, sehingga pencil berada pada dalam botol, serta oleh botol berada pada posisi berdiri.
Debrief :
- Apakah yg paling sulit pada permainan ini?
- Bagaimana anda mengatasi kesulitan ini?
- Apa yang saudara-saudara rasakan sehabis melakukan permainan ini?
- Diskusikan dalam kelompok,manfaat apa yang dapat diambil menurut permainan ini.
11). Oper Bola
Sasaran :
Melatih ketangkasan
Olahraga gembira
Melatih kepekaan (melempar ke belakang tanpa tanpa melihat tapi wajib bisa ditangkap olah temannya)
Melatih kerjasama
Briefing :
- Formasi barisan berbanjar ke belakang. Hadap kanan. Rentangkan tangan, nir boleh saling menyentuh. Hadap kiri. Permainan dimulai.
- Fasilitator menyerahkan bola kepada peserta yg paling depan.
- Keranjang diserahkan kepada peserta nomor 2 dari depan.
- Bola dilemparkan ke belakang dengan tidak menengok dan di tangkap sang si pembawa keranjang.
- Peserta yang sudah melempar bola pindah posisi ke barisan yg paling belakang.
- Penangkap bola, menyerahkan keranjangnya pada peserta yg dibelakangnya-lalu bola dilempar ke belakang misalnya peserta sebelumnya-lalu dia pindah ke belakang, begitu seterusnya, sampai semua peserta mendapat giliran.
Debrief :
- Apakah yg paling sulit pada permainan ini?
- Bagaimana anda mengatasi kesulitan ini?
- Apa yang saudara-saudara rasakan sehabis melakukan permainan ini?
- Diskusikan pada kelompok, manfaat apa yang dapat diambil berdasarkan permainan ini.
12). Menembak Bola
Sasaran :
Melatih diri untk mengubah kebiasaan (memakai tangan kiri)
Mentaati aturan
Menyadari bahwa kemajuan itu diperoleh dengan cara membarui kebiasaan
Pengantar :
Menggambar panorama menggunakan tangan kiri, menggunakan fokus bungkus korek api.
Briefing :
- Dihadapan saudara-saudara terdapat terowongan
- Anda wajib melewati terowongan tadi menggunakan merangkak hingga ke luar terowongan dan pada posisi tiarap.
- Pada posisi tersebut saudara-saudara wajib menembak bola akbar yang tergantung di depan saudara menggunakan menggunakan tangan kiri.
- Tiap anggota diberii kesempatan 3 kali melempar
- Lakukan menggunakan penekanan dan percaya diri supaya dapat menembak menggunakan sempurna.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan sehabis melakukan permainan ini.
- Siapa diantara saudara yg tiga kali melempar ternyata nir mengenai sasaran?
- Sulitkah anda mengganti kebiasaan anda?
- Diskusikan pada gerombolan manfaat apa yang bisa diambil dari permainan ini.
Selamat mencoba….(asal Pusdiklatnas)
13). Terompah Panjang
Sasaran :
Membina kerjasama tim
Penyesuaian diri menggunakan kelompok/ latihan beradaptasi
Latihan bertanggungjawab (lantaran kalu ada yg jatuh satu semuanya jatuh)
Breafing :
- Peserta menyebrangi tujuan dengan kendaraan trompah panjang
- Jarak penyembrangan ditentukan sesuai kebutuhan
- Seluruh anggota tema naik pada atas trompah tersebut, dipimpin oleh ketua tim
- Ketua tim berada di depan sembari memberi aba-aba, sedangkan wakilnya di belakang membantu memberikan semangat serta keseimbangan
- Lakukan pengayuhan secara seksama hingga finish
Debrief :
- Apa yg saudara rasakan sehabis melakukan permainan ini
- Siapa diantara saudara yg sempat terjatuh
- Apakah anda biasa sama-sama kerja, atau biasa kolaborasi? Sulitkah anda berafiliasi itu, apa syarat kerjasama yg baik?
- Diskusikan pada gerombolan manfaat apa yang bisa diambil dari permainan ini.
Selamat mencoba…..(asal Pusdiklatnas)
14). Trangle Rope War (perang Tali Segi Tiga)
Sasaran :
Melatih ekuilibrium beregu
Mencari titik tumpu yg paling tepat
Melatih kerjasama
Memperkuat komitmen
Breafing :
- Anda disediakan tambang akbar yang sudah diikat menjadi sebuah lingkaran
- Selanjutnya lingkatran tersebut dibentuk menjadi segitiga sama sisi
- Tiap ujung sisi tali hanya spanjang 20 centimeter, ditandai menggunakan kain, dipegang oleh tiga orang (jadi semua 9 orang memegang 3 sisi lain)
- Regu yg menarik tiga langkah namun keluar berdasarkan sudut pertama nir dianggap menjadi pemenang.
Debrief :
- Apa yang anda sukai pada permainan ini?
- Apa yang paling nir anda sukai dalam permainan ini?
- Apakah aturan permainan ini harus diubah? Kalau diubah bagaimana seharusnya.
- Apa manfaat permainan ini menurut anda?
Selamat mencoba… (asal Pusdiklatnas)
16). Meniti Jaring
Sasaran :
Melatih keseimbangan
Melatih keberanian
Melatih menciptakan strategi
Melatih ketangkasan/ otot fisik
Breafing :
- Di depan anda terbentang jaring dengan tinggi kurang lebih 4,5 meter
- Anda seluruh diminta meniti jaring hingga ke puncak , serta turun melewati sisi lainnya
- Satu sisi jaring hanya boleh dinaiki satu orang
- Regu yang tercepat waktunya merupakan regu pemenang
Deriafing :
- Apa yang anda rasakan saat anda dapat meniti jaring tadi dalam usi seperi anda?
- Apa manfaat perminan ini?
- Apakah anda mempunyai ide lain buat membarui aturan pada permainan ini, namun tetap mengandung pendidikan?
Selamat mencoba…. (asal Pusdiklatnas)
17). The Mad Pipe (Pipa Gila)
Sasaran :
Melatih ketelitian dan kesabaran
Melatih kerjasama serta kehati-hatian dalam bekerja
Melatih mendengarkan saran orang lain
Belajar buat membisu nir perlu memberi saran
Breafing :
- Saudara-saudara dibebani tugas yg relatif berat menggunakan dibekali indera bantu untuk menyempaikan benda kiriman yang sangat mudah rusak (hulu ledak/sebuah bom), apabila saudara keliru menempatkan benda tadi ke pada lubang yang galat sebelum sampai ke tujuan, saudara akan pada diskualifikasi.
- Ingat pada pada tugas ini tali sebagai alat bantu, anda yg banyak menolong anda menuntaskan tugas ini.
- Untuk kelancaran tugas silahkan saudara berdiskusi dengan teman-sahabat agar nir terkena diskualifikasi.
Debriefing :
- Apa yang sauara rasakan selesainya melakukan permainan ini.
- Apa yang diperlukan buat menyelesaikan pekerjaan yang memerlukan ketelitian secara beregu?
- Bagaimana jikalau hal tadi pada kondisi yang sesungguhnya, dan benda berbahaya tadi tiba-tiba meledak?
- Coba saudara diskusikan manfat apa yang saudara peroleh pada permainan ini
- Apa yg bisa saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba….. (asal Pusdiklatnas)
18). Talang Panjang (The Cutting Pipe)
Sasaran :
Kerjasama kelompok
Tanggungjawab
Mengikuti kesepakatan
Melatih membuat taktik/ perencanaan spontanitas
Pengantar :
Yel serta Lagu, secara serentak bergantian setiap gerombolan mengucapkan Yel dan lagu pilihan/ lagu harus, supaya permanen bersemangat
Breafing :
Kelompok diminta maju ke depan,berdiri menciptakan 1/2 bundar.
- Dipancing menggunakan kata-kata “tetap semangat”, agar dijawab serentak “semangat” atau “siap”.
- Dilanjutkan menggunakan istilah-kata : bepergian saudara masih jauh, namun kami konfiden kelompok ini akan permanen kokoh, semangat serta solid menghadapi tantangan ke depan.
- Setelah melewati gunung, lembah dan sawah, anda tetap diminta kepeduliannya terhadap nasib petani saat ini sedang mengalami kekeringan.
- Oleh karenanya anda wajib menciptakan teknologi baru pengairan melalui kerjasama kelompok
- Kelompok ini siap membantu petani dengan mengalirkan air menurut gunung melewati talang panjang yang akan saudara lakukan
- Air disimulasikan menggunakan bola. Peralatan adalah potongan pipa yang dibelah tengah, karton, atau alat lain yang sanggup dipergunakan untu lewat genre air (bola)
- Cara memainkannya melalui kerjasama berantai sebagai akibatnya bola dapat bergulir dari loka start sampai finish, apabila hingga bola jatuh,dikenakan diskualifikasi dan wajib mengulangi lagi dari awal.
Debrief :
- Apa saudara nikmati setelah melakukan permainan ini?
- Siapa diantara anda yg menjatuhkan bola?
- Bagaimana jika permainan tadi dipercepat, dengan 1/2 waktu yang anda pergunakan tadi? Apakah anda sanggup mengulanginya lagi?
- Coba saudara diskusikan manfaat apa yg saudara peroleh dalam permainan ini.
- Termotivasikah saudara buat selalu berbuat kebaikan pada orang lain setiap saat walaupun   hanya hal-hal kecil.
Selamat mencoba…..(asal Pusdiklatnas)
19). Perang Gajah
Sasaran :
Memahami serta meghayati perlunya sifat jujur
Menerapkan pada kehidupan di masyarakat
Melatih menciptakan strategi
Breafing :
Pertama pasukan natau regu dibagi menjadi 2.misalkanya team “Hijau Daun” dan team “Biru Langit”, tiap regu terdiri berdasarkan 4 orang, (3 orang sebagai gajah) dengan cara :
- Dua orang pada depan, satu orang meletakkan tangannya di bahu orang yang pada depan menjadi tempat duduk.
- Tangan satunya memegang dengan bertenaga pangkal lengan orang yg didepan, sehingga bisa dijadikan tempat duduk. Untuk sebagai pijakan orang yang naik gajah.
- Satu orang menjadi tentara penunggang gajah.
Cara bermain :
- Setangan leher (scarft) dibelitkan pada leher si penunggang tanpa ring dan nir diikat atau diberi ring scraft
- Dengan aba-aba peluit ke 2 pasukan gajah saling menyerang, menggunakan merebut setangan leher versus.
- Prajurit mengendalikan gajahnya untuk mendekati gajah yang lain serta merebut setangan leher berdasarkan prajurit lawannya dan tetap mempertahankan setangan lehernya sendiri. Dalam mempertahankan setangan lehernya, nir boleh mempergunakan tangan (hanya dengan mengelak).
- Yang dapat merebut setangan leher lawan, beliau menjadi pemenang dan yang kalah keluar berdasarkan permainan. Si pemenang dapat terusbermain serta merebut setangan keher dari lawan yang lain.
- Sang gajah pula wajib kompak melindungi prajuritnya.
Debrief :
Setelah permainan selesai seluruh peserta berkumpul dalam bundar, kepada para peserta ditanyakan:
- Apakah anda bahagia dengan permainan ini.
- Siapa yg berhasil merebut setangan leher.
- Siapa yg setangan lehernya kena rebut.
- Apakah peserta berusaha mempertahankan setangan lehernya serta berusaha merebut atau mempertahankan setangan leher versus dengan cara yang benar sinkron dengan aturan permainan?
- Berikan kesempatan kepada pserta untk mengemukakan pendapatnya tentang kecurangan lawan, termasuk kecurangan dirinya pada mempertahankan haknya (pengakuan merebut atau direbut).
Pelengkap :
Peserta pada permainan ini cukup lelah, maka babak pelengkapnya diisi cerita atau bernyanyi bersama.
Selamat mencoba…. (asal Pusdiklatnas)
20). Tali si Buta (The Blind Rope)
Sasaran :
Melatih kepekaan
Melatih kesetiakawanan (nir menurut maunya sendiri)
Melatih indera “rasa” serta “bunyi”
Breafing :
- Didepan anda terdapat tambang besar , panjanganya sekitar 25 meter.
- Tolong semua peserta berpegang dalam tambang tadi.
- Kemudian tutuplah mata anda menggunakan scraft yg tersedia.
- Dengan mata tertutup serta tali yg menjadikan saudara manunggal pada satu kekuatan adalah alat yang akan menciptakan saudara percaya penuh dan berkonsentrasi dalam indera telinga anda akan apa yg diperintahkan.
- Sekarang saatnya anda membuat segi empat bujur sangkar dari tambang yg anda pegang tadi, tanpa melepas tutup mata, anda boleh bergeser berdasarkan pegangan tali anda, dan boleh beranjak kemana anda mau.
- Saudara diberi kesempatan buat mendiskusikan jalan yg terbaik, agar seluruh berjalan lancar.
- Setelah anda merasa berhasil menciptakan segi empat coba bukalah tutup mata anda.
- Ternyata anda tidak menciptakan segi empat akan tetapi anda membuat leher angsa?
- Coba tutup kembali mata anda, bagi tugas serta ulangi, membuat segi empat.
- Tugas berikutnya adalah lebih sulit coba buatlah segi 5 ..dst.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan sesudah melakukan perminan ini.
- Siapa diantara anda berjalan semaunya sendiri.
- Bagaimana jika permainan tadi dipercepat, dengan 1/2 waktu yang anda pergunakan tadi? Apakah anda sanggup mengulanginya lagi?
- Manfaat apa yg saudara peroleh pada permainan ini.
- Termotivasikah anda buat selalu berbuat kebaikan kepada orang lain setiap waktu walaupun hanya hal-hal mini .
Selamat mencoba…
baca juga poostingan aku mengenai contoh macam-macam tepuk pramuka...........
dan Selamat memandu .........................^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel