SEJARAH LAGU KEBANGSAAN INDONESIA

SEJARAH LAGU KEBANGSAAN INDONESIA
PENDAHULUAN
Setiap bangsa di dunia ini mempunyai lagu kebangsaannya. Lagu kebangsaan itu bukanlah sekedar merupakan lagu buat keindahan belaka, namun adalah ungkapan serta cetusan harapan nasional bangsa yg bersangkutan. Ia adalah sublimasi barah usaha bangsa dalam mencapai impian nasional serta mempertahankan kemerdekaan dan kehormatan bangsa.
a. Setiap bangsa gembira, bersemangat serta bangga apabila mendengar lagu kebangsaannya dinyatakan serta didengungkan dan mereka menghormatinya dengan khidmat.
b. Suatu insiden antara 2 bangsa akan terjadi apabila suatu bangsa mempermainkan atau menghina lagu kebangsaan bangsa lain. Penghinaan terhadap suatu lagu kebangsaan dirasakan menjadi penghinaan terhadap bangsa pemilik lagu kebangsaan itu. Dalam hubungan internasional antara bangsa-bangsa pada dunia, maka setiap bangsa berkewajiban untuk menghormati bangsa lain.
c. Lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan milik bangsa Indonesia. “Indonesia Raya” adalah ungkapan serta cetusan asa nasional bangsa Indonesia. Ia merupakan sublimasi api usaha bangsa Indonesia dalam mencapai serta mempertahankan kemerdekaan dan Negara Indonesia. Ia adalah juga pemersatu bangsa dan tekad bangsa Indonesia.
d. “Indonesia Raya” yang berkumandang di semua pelosok tanah air Indonesia selama perang kemerdekaan pada Indonesia, telah mengorbankan semangat dan keberanian warga serta pemuda Indonesia buat bertempur sampai titik darah penghabisan dalam mempertahankan serta menegakkan kemerdekaan, meskipun mereka hanya memakai bambung runcing untuk melawan tentara colonial yang bersenjata terbaru. Oleh karena itu bagi bangsa Indonesia, lagu kebangsaan Indonesia Raya serta bendera kebangsaan Sang Merah Putih adalah kehormatan bangsa dan Negara Indonesia.
e.. Gerakan Pramuka mempunyai tugas buat membuahkan setiap Pramuka Indonesia sebagai patriot bangsa yg mampu serta berani mempertahankan serta memiliki rasa hormat yg tinggi terhadap lagu kebangsaan Indonesia Raya.
f.. Oleh karenanya, pada setiap Pramuka Indonesia harus ditanamkan dan ditumbuhkan rasa cinta serta rasa hormat terhadap lagu kebangsaan Indonesia Raya. Untuk itu, maka setiap Pramuka Indonesia harus mengetahui serta menghayati arti serta sejarah lagu kebangsaan Indonesia Raya pada usaha bangsa Indonesia merebut, mempertahankan serta mengisi kemerdekaan. Setai Pramuka wajib sanggup menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan benar dan baik serta mempunyai rasa hormat terhadapnya.
g. Tugas Pembina Pramuka antara lain merupakan buat membina setiap Pramuka sebagai patriot yang memiliki rasa hormat pada dan kesanggupan berkorban demi abadinya Lgu Kebangsaan Indonesia Raya pada bumi Indonesia.
h. Untuk suksesnya tugas itu, maka setiap Pembina Pramuka pertama-tama wajib membuahkan dirinya menjadi patriot yang memiliki rasa hormat kepada dan kesanggupan berkorban demi abadinya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya di bumi Indonesia. Dia merupakan contoh hayati bagi setiap pramuka.
i. Uraian tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bersama sejarahnya ini hanya sekedar pegangan bagi para Pembina Pramuka pada melaksanakan tugasnya. Tetapi demikian, setiap Pembina Pramuka berkewajiban buat berusaha mencari bahan-bahan yg berkaitan dengan Lagu kebangsaan Indonesia Raya.
SEJARAH LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA
“Indonesia Raya” sebelum 17 Agustus 1945.
1. Lagu “Indonesia Raya” merupakan gubahan komponis Muda Indonesia bernama Wage Rudolph Soepratman. 
2. Almarhum Wage Rudolph Soepratman merupakan seorang pengajar serta juga pernah sebagai wartawan surat keterangan “Kaoem Moeda” dan pengarang buku. Sejak kecil Soepratman gemar sekali bermain biola.
3. Wage Rudolph Soepratman merupakan putra seseorang sersan Instruktur Mas Senen Sastrosoehardjo. Soepratman dilahirkan di Jatinegara pada lepas 9 Maret 1903 serta mangkat dunia pada malam selasa tanggal 16 Agustus di Surabaya.
4. Semangat nasional telah mengisi semua jiwa Soepratman pada saat itu. Semangat yg berwujud kemauan ingin menciptakan Lagu Kebangsaan. Akhirnya ia bisa menciptakan Lagu Indonesia Raya.
Lagu Indonesia Raya tiu dipersembahkan oleh Soepratman kepada masyarakat pada dalam konggers Pemuda Indonesia tanggal 28 Oktober 1928 pada Gedung Indonesiche Club, Jln.kramat 106 Jakarta. Lagu Indonesia Raya untuk pertama kali diperdengarkan pada Konggres itu sinkron pula dengan semangat Persatuan Pemuda yang menyala-nyala pada waktu itu, maka ketika Lagu Indonesia Raya diperkenalkan kepada peserta konggres, menggunakan dan merta lagu itu mendapat sambutan yg hangat sekali. 
Sejak tiu dalam tiap-tiap rendezvous Pemuda Indonesia selalu dibuka dan ditutup menggunakan Lagu Indonesia Raya. Semua Organisasi Rakyat Indonesia, Partai Politik, Organisasi Pemuda, Wanita, Kepanduan (Kepramukaan), semua masyarakat Indonesia yang sadar, mengakui lagu Indonesia Raya menjadi Lagu Kebangsaan.
Pada jaman penjajahan, Lagu Indonesia Raya tak jarang dihentikan, dihalang-halangi sang Pemerintahan Kolonial Belanda sang suatu ketika Pemerintah Jepang pada Indonesia. Pemerintah Belanda sudah pula meminta agar kata-istilah pada lagu Indonesia Raya diubah. Akan namun berkat semangat usaha serta Peraturan Rakyat serta Pemuda Indonesia segala rintangan itu dpata dilenyapkan
  “Indonesia Raya” sehabis 17 Agustus 1945. 
 Setelah Proklamasi Kemerdekaan dalam lepas 17 Agustus 1945, Lagu Indonesia Raya ditetapkan sebagai Lagu Kebangsaan. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya selama perang Kemerdekaan telah merupakan sublimasi pengorbanan usaha rakyat dan Pemuda Indonesia buat mengusir penjajah serta mempertahankan serta menegakkan Kemerdekaan.
Dalam Undang-Undang Dasar sementara Republik Indonesia tahun 1950 pasal tiga ayat dua Lagu Indonesia Raya ditetapkan dengan resmi sebagai Lagu Kebangsaan Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel