SEJARAH PRAMUKA MERUPAKAN PASUKAN CADANGAN TEMPUR

Ketika pasukan TNI & Polri mengenakan “Baret”, niscaya posisinya dipasang miring. Ada yang miring ke arah kiri serta ada pula yg ke kanan. Maka ada sebuah pertanyaan pada benak Anda, apa yang menyebabkan hal itu?
Arah miring Baret saat dikenakan, mempunyai kandungan arti pada dalamnya.  Baret sendiri, hanya dikenakan sang pasukan yg memiliki fungsi “tempur”. Di negara kita, setiap “Angkatan” memiliki pasukan tempurnya, serta rona Baret-nya pun berbeda-beda.
Ada Baret Merah milik KOPASSUS, Baret Ungu milik Marinir AL, Baret Jingga milikPASKHAS AU, Baret Hijau milik KOSTRAD, Baret Hitam milik KAVALERI, dan lain sebagainya.
 
7
Semua Baret pasukan itu, dikenakan miring ke kanan, adalah posisi “emblem” pasukan-pasukan tadi, terdapat pada kiri pemakai.
Tapi coba lihat Baret milik Polisi Militer yang Biru Muda itu, atau Baret Biru Tua milik Brimob, atau milik korps Reserse Polri, miringya bukan ke kanan tapi ke kiri.
” Baret yg ‘Miring’ ke Kiri adalah baret yg dikenakan sang pasukan yg memiliki tugas kemanan serta pengamanan dan penegakkan aturan. Sedangkan yg ‘Miring’ ke Kanan merupakan pasukan itu adalah pasukan siap tempur, dalam hal ini aku kaitkan menggunakan PRAMUKA.


Dan ternyata, Pramuka pun Baret-nya miring ke kanan, ialah pasukan Pramuka ini merupakan pasukan siap “tempur”. Konon menurut sejarah ini dikarenakan PRAMUKA dalam saat itu menjadi pasukan cadangan pada pertempuran. “

Begini penjelasannya, arah miring baret menandakan tugas yang dimiliki. Baret yang miring ke kiri adalah baret yg dikenakan sang pasukan dengan tugas pelindung keamanan serta penegakkan hukum. Ini dikenakan oleh anggota Polri serta anggota Tentara Nasional Indonesia yang berdinas sebagai Polisi Militer.
Sedangkan yang baretnya miring ke kanan, itu merupakan pasukan yg dipersiapkan buat bertempur dalam medan perang. Pemakaian baret misalnya ini dilakukan oleh semua anggota Tentara Nasional Indonesia, kecuali yg berdinas di Polisi Militer.
Lalu bagaimana menggunakan baret Pramuka? Baret Pramuka pula miring ke kanan, sebagaimana TNI. Ini terjadi karena dalam sejarahnya kelahirannya, Pramuka merupakan organisasi pasukan tempur cadangan. Meski tidak pribadi berperang, kepanduan (Pramuka era dulu) bertugas buat memberi bantuan kepada para pejuang perang. Semisal, ketika ada yang terluka atau menggotong para pejuang ke tempat perawatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel