SEJARAH SINGKAT KEPRAMUKAAN DI INDONESIA

Assalamu'alaikumWr. Wb.
SalamPRAMUKA!!!

Okesahabat pramuka semuanya dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Sejarah Singkat Pramuka Dunia, sekarang kita akan membahas tentang sejarahkepramukaan di INDONESIA, eksklusif aja ayo!


Sejarah Singkat Kepramukaan Di Indonesia



Sejarah kepramukaan diIndonesia tidak bisadilepaskan dengan sejarah usaha kemerdekaan bangsa Indonesia. Gagasan Baden Powell yang membentukkepramukaan dengan cepat menyebar ke aneka macam negara, termasuk Belanda. Dinegara Belanda kepramukaan disebut sebagai Padvinder. Di negara jajahannya,termasuk Indonesia, Belanda mendirikan organisasi Kepramukaan. Di Indonesiadikenal menggunakan istilah NIPV (Netherland Indische Padvinder Vereniging;Persatuan Pandu-Pandu Belanda). Organisasi ini dikhususkan bagi anak-anakBelanda. 

Oleh tokoh-tokohpergerakan nasional Indonesia dibentuk organisasi kepanduan yang bertujuanmembentuk manusia Indonesia yang baik serta menjadi kader pergerakan nasional.karenanya lalu timbul organisasi-organisasi kepramukaan pribumi yg kalaitu jumlahnya mencapai lebih dari seratus organisasi. Organisasi itu semisal;JPO (Javananse Padvinders Organizatie); JPP  (Jong Java Padvinderij), SIAP(Sarekat Islam Afdeling Padvinderij); HW (Hisbul Wathon) dll. 

Sejarah terus berlanjut.melihat maraknya organisasi kepramukaan milik pribumi yg bermunculan, Belandaakhirnya menciptakan peraturan buat melarang organisasi kepramukaan di luar milikBelanda memakai kata Padvinder. Lantaran itu kemudian KH. Agus Salimmenggunakan kata "Pandu" dan "Kepanduan". 

Sejak tahun 1930 timbulkesadaran dari tokoh-tokoh Indonesia buat mempersatukan organisasi kepramukaan.maka terbentuklah KBI (Kepanduan Republik Indonesia). KBI merupakan gabungandari organisasi kepanduan seperti IPO, PK (Pandu Kesultanan), PPS (Pandu PemudaSumatra). 

Dan dalam tahun 1931terbentuk PAPI (Persatuan Antar Pandu-Pandu Indonesia), lalu diubah menjadiBPPKI (Badan Pusat Persatuan Kepanduan Indonesia) pada tahun 1938. 

Pada ketika pendudukanJepang, kepanduan pada Indonesia tidak boleh sehingga tokoh Pandu banyak yang masukKeibondan, Seinendan dan PETA. 

Setelah masa kemerdekaandibentuklah organisasi kepanduan yang bersifat nasional  yaitu PanduRakyat Indonesia yang dideklarasikan pada Solo pada lepas 28 Desember 1945.pandu Rakyat Indonesia menjadi satu-satunya organisasi kepramukaan di Indonesiasaat itu. 

Namun pada masa leberalisme,kembali bermunculan berbagai organisasi kepanduan misalnya; HW, SIAP, PanduIndonesia, Pandu Kristen, Pandu Ansor, KBI dll yg jumlahnya mencapaiseratusan lebih. Sebagian organisasi tadi terhimpun pada tiga federasiyaitu; IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia, berdiri lepas 13 September 1951),POPPINDO (Persatuan Organisasi Pandu Putri Indonesia, berdiri tahun 1954) danPKPI (Persatuan Kepanduan Putri Indonesia). 




Pada 1953 IPINDO berhasil menjadianggota kepramukaan sedunia. Pada tanggal 10-20 Agustus 1955 IPINDO jugaberhasil menyelenggarakan Jambore Nasional I di Pasar Minggu Jakarta. SedangkanPOPPINDO dan PKPI pernah beserta-sama  menyambut singgahnya Lady BadenPowell (istri Baden Powell) ke Indonesia, dalam perjalanan ke Australia. Padatahun 1959, PKPI mengadakan perkemahan akbar buat pramuka putri yang disebut“Desa Semanggi” pada Ciputat. Pada tahun ini pula IPINDO mengirimkan kontingen keJambore Dunia pada MT. Makiling Filipina.  

Menyadari kelemahan yang ada,ketiga federasi tadi akhirnya meleburkan diri menjadi PERKINDO (PersatuanKepanduan  Indonesia). Namun ternyata Perkindo sendiri kurang solidsehingga  coba  dimanfaatkan oleh pihak komunis supaya menjadi gerakanPionir Muda seperti di negara komunis lainnya. 

Mulai tahun 1960-an, berbagaipihak termasuk pemerintah dan MPRS melakukan aneka macam upaya buat melakukanpenertiban organisasi kepanduan termasuk upaya untuk mendirikan GerakanPramuka. 

Pada hari Kamis malam lepas 9Maret 1961 Presiden mengumpulkan tokoh-tokoh dan pemimpin gerakan kepramukaanIndonesia, bertempat di Istana Negara. Presiden mengungkapkan bahwa kepanduanyang ada harus diperbaharui, metode serta kegiatan pendidikan wajib diganti,seluruh organisasi kepanduan yang terdapat dilebur sebagai satu yang disebutPramuka. 

Presiden juga memilih PanitiaPembentukan Gerakan Pramuka yang terdiri atas SriSultan Hamengku Buwono IX, Menteri P serta K Prof. Prijono, Menteri PertanianDr.A. Azis Saleh dan Menteri Transmigrasi, Koperasi serta Pembangunan MasyarakatDesa, Achmadi. Peristiwa ini lalu dianggap menjadi HARI TUNAS GERAKANPRAMUKA 

Panitia inilah yang kemudian mengolahAnggaran Dasar Gerakan Pramuka, sebagai Lampiran Keputusan Presiden R.I Nomor238 Tahun 1961, lepas 20 Mei 1961 mengenai Gerakan Pramuka. Kepres inimenetapkan Gerakan Pramuka menjadi satu-satunya organisasi kepanduan yangditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemudaIndonesia. Peristiwa ini lalu dianggap menjadi HARI PERMULAAN TAHUNKERJA. 

Kepres Nomor 238 Tahun 1961 iniditandatangi sang Perdana Menteri Ir. Juanda sebagai Pejabat Presiden KarenaPresiden RI, Ir. Soekarno ketika itu sedang berkunjung ke Jepang. 

Pada tanggal 30 Juli 1961, bertempat di Istora Senayan (Sekarang Stadiun Gelora Bung Karno),tokoh-tokoh organisasi kepanduan pada Indonesia yang menyatakan dengan ikhlasmeleburkan diri ke pada organisasi Gerakan Pramuka. Peristiwa ini kemudiandisebut menjadi HARI IKRAR GERAKAN PRAMUKA.



Presiden Ir. Soekarno meyerahkanpanji Kepramukaan

Pada tanggal 14 Agustus 1961,dilakukan Pelantikan Mapinas (Majlis Pimpinan Nasional), Kwarnas serta Kwarnaridi Istana Negara, dilanjutkan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dan defilePramuka untuk memperkenalkan Pramuka pada rakyat yg diikuti  olehsekitar 10.000 Pramuka. Peristiwa ini lalu disebut sebagai HARI PRAMUKAyang diperingati sampai sekarang. 

Mapinas waktu itu diketuai olehDr. Ir. Soekarno (Presiden RI)  dengan Wakil Ketua I, Sri Sultan HamengkuBuwono IX serta Wakil Ketua II Brigjen TNI Dr.A. Aziz Saleh. Sementara Kwarnas,diketuai sang Sri Sultan Hamengku Buwono IX serta  Brigjen Tentara Nasional Indonesia Dr.A. Aziz Salehsebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Kwarnari

Sumber : Pramukaria.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel