SEMUA MACAM SANDI YANG ADA DALAM PRAMUKA TERLENGKAP

Tulisan Rahasia
Untuk mengirimkan fakta rahasia antar kota, orang-orang Babilonia biasa menulisi pesan rahasia pada ketua para budak yang baru dicukur, kemudian menunggu hingga rambutnya tumbuh balik . Kemudian budak itu dikirim ke loka yang dituju buat menyampaikan pesan misteri tersebut.

Kata Sandi berasal dari bahasa Sansekerta. Yang merupakan misteri, Karena itu maka goresan pena misteri disebut goresan pena sandi. Atau goresan pena-tulisan yang dirahasiakan. Huruf atay istilah sandi sulit dimengerti, Kecuali bila kita mengetahui kunci atau cara memecahkan sandi tadi.

Asal Mula Sandi
Asal Mula sandi ini dari berdasarkan para pahlawan jaman dulu yang suka berkelana dan suka berpindah-pindah tempat tinggal. Untuk itu, mereka wajib mempunyai kata sandi buat mampu mempergunakan aneka macam bentuk sandi-sandi tertentu buat mengecoh/mengelabui versus-lawan atau musuh-musuhnya.

Sekitar tahun 3000 SM, pada Kerajaan Babilonia sudah ditemukan tulisan cuneiform. Untuk mengirimkan informasi misteri antar kota. Mereka menulisi pesan du kepala para budak yg baru di cukur, lalu menunggu samoai rambutnya tymbuh. Kemudian budak itu dikirim ke loka yang dituju.
Di tempat tujuan. Kepala budak itu dicukur balik buat mengetahui pesan tersembunyi. Tentu tidak dapat disamakan menggunakan e-mail, namun cara itu terbukti berhasil dilakukan.

Julius Caesar biasa mengirimkan sandi loncat. Sistem sandi ini dibuat dengan menuliskan alfabet -huruf alfabet Romawi dalam satu garis. Kemudian pilih satu nomor misteri, misal lima. Letakkan telunjuk pada alfabet A kemudian meloncat ke samping sebesar 5 huruf, ini akan membawa telunjuk kita pada alfabet F. Begitupun seterusnya.

Secara teknis, sandi merupakan istilah utuh yg dapat menggantikan kata lain. Contoh, para agen misteri menggunakan kode Elang atau burung besar (Big Bird) buat sebutan kepada Presiden atau kepala negara.

Seni dan ilmu membuat kode atau komunikasi rahasia yg kondusif disebut Cryptography. Cryptography dari berdasarkan bahasa Yunani KRYPTOS, yg merupakan ‘rahasia’.

Pada Masa sekarang komunikasi begitu luas serta maju, sehingga dibutuhkan kerahasiaan buat bidang-bidang tertentu baik dinas militer, sipil maupun usaha.

Sandi atau Cryptography bermanfaat buat menjaga kerahasiaan suatu pesan. Bisa dibayangkan, bila sistem yg digunakan per-bank-an nir memakai sandi, lantaran kini semua sistem di global telah tersambung secara dunia dengan internet.

Tipe-Tipe Tulisan Rahasia
Terdapat poly tipe tulisan misteri, termasuk sandi dan stegano (goresan pena misteri yang tersembunyi). Cara pembuatan dan pemecahannya selalu memakai KUNCI, yang tersusun secara alfabetis, numeris (nomor ), Komputerisasi atau metode acak lainnya. Dan berikut tipe-tipe goresan pena rahasia tersebut.

A.kode serta Buku Kode
Kode-Kode tertentu dapat dipergunakan buat mengganti istilah atau kalimat. Biasanya dipilih yg singkat agat lebih efektif serta efisien. Bayangkan sebuah kitab kode yg terdiri menurut dua kolom. Kolom pertama, berisi daftar menurut semua istilah krusial yg biasa disampaikan. Kolom kedua, berisi daftar kode pengecoh (pengganti).

Sebagai model :
Misalkan pesannya merupakan “SERANGAN DI BUKIT DINI HARI”. Misal pada buku kode tertulisa daftar agresi = lebah, di = juz, bukit = bunga, dini hari = terbuka. Pesan rahasia yang kita dapatkan tertulis “LEBAH JUS BUNGA TERBUKA”. Tanpa kitab kode. Mustahil sandi ini dapat dipecahkan.

B.steganografi
Steganografi, atau goresan pena tersembunyi. Adalah metode menutup atau menyembunyikan goresan pena menggunakan memakai tinta misteri (invisible ink). Tulisan kecil (yg sangat mini sehingga wajib dicermati menggunakan mikroskop). Tulisan ini sudah dikenal sejak masa Mesir kuno serta pula bangsa Yunani dan Romawi. Seperti dikembangkan oleh Marcus Tullius Tiro sekitar tahun 63 SM. Tukusan ini dikenal dengan sebutan NOTAE TIRONIANAE (Catatan Tironian).

Baden Powell memeriksa dan memeriksa goresan pena sandi ini serta Baden Powell berkesimpulan bahwa sandi akbar keuntungannya bagi para pandu. Baden Powell bahkan menganjurkan setiap pandu buat memeriksa sandi. Bahasa sandi dapat dibuat sang siapa saja bahkan anda sendiri serta menggunakan corak yang aneh hingga sederhana sekalipun.

Setelah mengenal Tipe-Tipe Tulisan Rahasia, kita beralih ke Sandi.

Dan Berikut Sandi-Sandi yg biasa digunakan oleh para Pramuka.

1.sandi Abjad / Sandi Balik


Kunci : A = Z atau Z = A, sanggup pula ditulis a = z atau kebalikannya. Contoh : GUDEP akan dituliskan menjadi TFWVK.
Kita lihat G ada di atas huruf T, kemudian U pada atas huruf F, dan begitu seterusnya.

2.sandi Koordinat/Merah Putih
(Banyak yg menyebut Sandi Koordinat sebagai Sandi Merah Putih).
Cara Menggunakan : Buatlah perkataan kunci, misalnya MERAH PUTIH (maka kata-istilah ini yang nanti menjadi kuncinya, jangan lupa kata kunci wajib du istilah dan jumlah hurufnya 10 buah tidak kurang nir lebih. Masing-masing kata terdiri menurut lima alfabet ).

Buatlah kubus (kotak) seperti gambar pada bawah ini.


Setiap kotak isi menggunakan huruf-alfabet alfabet yaitu huruf a – y (huruf z tidak dimasukkan). Masukkan MERAH PUTIH dalam kotak tadi, bisa pula dengan kata-istilah lainnya seperti RUMAH BESAR, PANDU CERIA dan sebagainya.

Terlihat pada gambar tadi, dapat kita lihat koordinat-koordinatnya, alfabet A akan diwakili PM (garis P, Kolom M). Huruf S diwakili garis I serta Kolom A, jadi ditulisnya IA.
Contoh : Menulis istilah PRAMUKA sebagai IM, IR, PM, TR, HM, TM, PM.

3.sandi Napoleon
Sandi ini diambil berdasarkan nama kaisar Perancis Napoleon Bonaparte yang populer. Sandi ini nir mempunyai kunci spesifik, tetapi cara merangkai alfabet -alfabet itu yang berakibat sandi ini jadi begitu menarik.

Contoh : 
Kita akan menulis kalimat “SELAMATKAN JIWA KAMI” Cara mengerjakannya : mula-mula hitung dahulu semua hurufnya, kemudian jumlahnya kita bagi menjadi beberapa bagian yg jumlahnya sama.(terdapat 10 huruf, sanggup kita bagi menjadi tiga atau dua atau 6). Kuta bagi 3, 18 : 4 = 6.
Jadi Sandi Napoleon dari “SELAMATKAN JIWA KAMI” yaitu:


Pertama kita tulisa enam alfabet biasa, kemudian enam alfabet selanjutnya ditulis berdasarkan kanan ke arah kiri, begitu seterusnya, Setelah terselesaikan kita dapat menulis sandi “SELAMA IJNAKT WAKAMI”.

4.sandi Jam
Untuk menciptakan sandi jam, kita wajib memilih terlebih dahulu jam berapa menjadi patokannya (kunci). Umpamanya pukul 07.00 sebagai alfabet A, kemudian alfabet B ditulisa 07.05 (jika beda tiap alfabet 5 menit) maka kita tinggal menggeser setiap alfabet 5 mnt sekali.

Contoh :
ABDI di tulis sebagai 07.00 – 07.05 – 07.20 – 07.045. Itu jika lima mnt mampu jua beda setiap alfabet itu 10 mnt, 15 mnt atau mampu waktu lainnya.

5.sandi Angka/Nomor
Sandi ini sama mudahnya dengan sandi balik , kita cukup memberi angka A sampai Z menggunakan angka 1 hingga dengan 26, Seperti pada bawah ini : 

A = 1         B = 2       C = tiga      D = 4       E = 5       F = 6      G = 7       H = 8
I = 9           J = 10      K = 11    L = 12     M = 13    N = 14   O = 15     P = 16
Q = 17       R = 18     S = 19    T = 20      U = 21    V = 22    W = 23    X = 24
Y = 25       Z = 26

Setelah tersusun demikian, maka kita dapat menciptakan sandi nomor menggunakan baik serta sanggup kita lihat setiap huruf mempunyai nomor .
Misal A = 1, J = 10, P =16, T = 20, serta seterusnya.
Contoh :
PRAMUKA = 16-18-1-13-21-11-1

6.sandi Geser
Sandi ini digeser ke kiri juga ke kanan, apabila menulis A = N sebagai kuncinya, maka B = O, C = P, dan seterusnya. PANCASILA digeser sebagai CNAPNFVYN, Sandi ini tidak terlalu sulit, dan hampir sama menggunakan sandi kembali. Kunci dan suzunan mampu kita rubah-rubah buat mempersulit, Bisa Kan!?
Contoh :


GENERASI akan tertulis menjadi LNENARZJ, mengapa? Sebab cara pemecahannya diberikan kunci E = N serta T = Y.
Sandi ini akan sukar dikerjakan jika kuncinya tidak terdapat, sang karenanya jangan mudah putus harapan serta terkecoh.

7.sandi Huruf Berjasa
Sandi ini merupakan termasuk sandi yg gampang, lantaran tidak terdapat perubahan dalam alfabet -hurufnya. Sandi ini bisa kita bongkar apabila susunan alfabet -hurufnya menciptakan suatu bentuk alfabet yg dimakasudnkan sang kunci, misalnya Z, N, L, C, M, V, W, dan sebagainya.
Contoh :


Tampak susunan hurufnya menciptakan alfabet Z menggunakan kalimat “TERUSLAH JALAN”. Berarti kuncinya disebut “Z Berjasa”.

8.sandi Panas serta Sandi Dingin
Yang dimaksud menggunakan sandi panas dan sandi dingin adalah sandi yang cara penulisannya dalam kertas yang hasilnya tidak tampak (seolah-olah kertas kosong tidak bermakna). Disebut pula sebagai steganografi.
Padahal kertas itu telah kita tulisi dengan benda/bahan eksklusif, seperti contohnya minyak goreng, mentega, lilin, (Invisible ink/tinta misteri) serta sebagainya.

Cara Pemecahannya :
1.sandi Panas : Kertas wajib dipanasi menggunakan barah atau pada lihat menggunakan donasi surya (diterawang), serta dibutuhkan hati-hati agar kertas tidak ikut terbakar.
2.sandi Dingin : Kertas di basahi (Diciprati ata dimasukkan kedalam air, tapi wajib hati-hati supaya kertasnya nir rusak).

9.sandi Semaphore (Matematika)
Sandi yang adalah pelaksanaan menurut alfabet semaphore. Bisa pula ditulis sandi Matematika. Ditulis berupa nomor -nomor dan pecahan-pecahan. Posisi akan diganti dengan nomor -angka dari 1 hingga 7.

Berikut urutan huruf Sandi Semaphore :
A – G    = 1 – 7
H – N    = ½ - 1/7 (Kecuali alfabet J)
O – S     = dua/tiga – dua/7
T, U, Y   = 3/4 , tiga/5 , tiga/6
J, V        = 4/6 , 4/7
W, X      = 5/6 , lima/7
Z            = 6/7

Catatan : 
Untuk menulis angka atau bilangan dipakai tanda kurung misalnya jumlah 25 maka ditulis menjadi (25).

Contoh :
P R A M U K A
2/4 , dua/6 , 1 , 1/6 , 3/5 , ¼ , 1

10.sandi AND
Sandi AND adalah sandi yg dimana kunci AND tersebut nantinya akan dihilangkan sampai akhirnya nanti kita akan menerima Pemecahan Sandi tadi.

Contoh:
PANDU ANDA SANDA
Maka akan menjadi : PUASA

11.sandi Datar
Caranya :
Hitunglah jumlah huruf dalam kalimat yg akan kita buat kemudian bagi sebagai beberapa bagian lalu beri istilah kuncinya, contohnya 8 D (ialah 8 datar/huruf mendatar).
Contoh :


Kunci 8D
“GNRETDAG AGURUENU LTSSANTH AEPANGEX”
Kalau tidak ada kuncinya kita akan mengalami kesulitan menjawabnya! Kalau terdapat maka kita tinggal menyusun kata-kata tadi sebagai beberapa baris yg setiap barisnya terdiri menurut 8 alfabet mendatar.

Setelah itu buatlah garis bayangan buat membaca sandi tadi. Maka kita akan dapat menjawab sandi itu, Yaitu : “GALANG TERUS PERSATUAN DENGAN TEGUH”.
Catatan : Huruf X adalah buat menambah/pelengkap.

12.sandi Kotak 1
Terdiri berdasarkan palang-palang/kotak dan sudut-sudut. Lihat Gambar pada bawah ini :


Untuk membedakan antara ke 2 alfabet tiap kotak, maka huruf kedua/sebelah kanan diberi titik, maka menjadi contoh penulisannya:

13.sandi Kotak 2
Terdiri berdasarkan kotak-kotak saja tanpa sudut-sudut, hanya setiap kotakm sekarang diisi sang 3 alfabet , misalnya pada gambar di bawah. Huruf kedua diberi 1 titik ( . ) serta huruf ketiga diberi 2 titik ( . . )


14.sandi Kotak 3
Merupakan kombinasi menurut sandi kotak 1 dengan sandi kotak dua. Apa lebih susah? Tidak kok.


15.sandi China
Di sandi China kita wajib pandai -pandai menjumlah banyak angka serta berusaha buat mengingat setiap urutan angka tiap-tiap alfabet .
Keterangan :


Kemudian pergunakan sandi nomor , contohnya : tiga = C, E = 5, 14 = N, serta seterusnya.

16.sandi Braille


Pada dasarnya huruf-huruf Braille terdiri dari titik-titik yang terdiri dari enam titik. Dan setiap alfabet -alfabet yang memiliki titik-titik yang muncul (buat tunanetra) atau berwarna bagi kita.

17.sandi Helen Keller
Jika Braille dipakai untuk para tuna netra, maka huruf-huruf Helen Keller ini digunakan para tuna rungu dan tuna wicara. Cara menggunakannya merupakan dengan menggerakkan jari-jari tangan sesuai pola huruf yang di bawah ini.


18.sandi Sungai 
Sandi Sungai bisa juga pada katakan Sandi namun terdapat sedikit perbedaan yaitu terdapat istilah SUNGAI di baris atas yang dilanjutkan huruf Alfabet selanjutnya akan tetapi tidak menggunakan huruf yang telah digunakan (SUNGAI), yg urutannya pembuatannya mulai menurut bagian atas, kanan, bawah, dan kiri. Sandi Sungai terdiri atas 5 Baris serta 8 Kolom. Terlihat seperti gambar berikut.


19.sandi Morse
Sandi Morse merupakan sandi yang diciptakan oleh "Samuel Finley Breese Morse". Sandi yg terdiri dari formasi titik-titik serta garis yang membentuk suatu huruf atau kalimat jika dirangkai menggunakan sinkron kode sandinya.
Dan Berikut Kode Sandi Morse nya : 


Sandi yg adalah pelaksanaan berdasarkan huruf Morse. Dapat di sebut Morse Terapan. Banyak sekali Sandi yang bisa kita untuk berdasarkan alfabet Morse, dengan termin atau tingkat kesulitan yang bhineka, misalnya :

20.sandi Rumput
Sandinya dibuat menyerupai rumput (rumput pendek berarti titik sedangkan rumput panjang berarti garis). 
Contoh :


21.sandi Bangun (Bentuk)
Dengan menguasai alfabet Morse, Sandi ini gampang sekali pada buat dan dipecahkan, asalkan kita tau kunci morse itu sendiri.
Contoh :


22.sandi Kimia
Sandi yg penulisan huruf-hurufnya menyerupai susunan unsur-unsur, molekul atau senyawa kimia. H2O = air, CO2  = Karbon Dioksida, H2 = Hidrogen, O2 = Oksigen, KOH = Kalium Hidroksida, NaCl = natrium khlorida (garam dapur), dan sebagainya.
Di Sandi Kimia Huruf-huruf morsenya di ubah : titik akan diganti huruf hayati (vokal yaitu : A, I, U, E, O) sedangkan garis akan diganti alfabet mangkat (Konsonan, misalnya P, R, M, K serta lain-lain).

Contoh :
KAMI = -.- / .- / -- / ..
          = KOH + OH + HH + OO
          = KOH + OH + H2 + O2 

Catatan: Kalau ada dua alfabet atau lebih mampu di gantikan menggunakan angka, dan nominal angkanya wajib sinkron menggunakan jumlah huruf yang sama tadi.

23.sandi Morse 1/
(Morse Satu : Strip Miring)
Tanda . (Titik) diganti dengan angka.
Misalnya   . = 1 ; .. = dua ; ... = 3 serta seterusnya.
Tanda – (Garis) diganti menggunakan strip miring (/)
Misalnya   - = / ; -- = // ; --- = /// serta seterusnya.
Contoh:
Menulis Huruf L = .-.. Sebagai ½
           Huruf H = .... Sebagai 4
           Huruf O = --- menjadi ///
Keterangan buat pemisahan huruf pergunakan indikasi titik (.)
Kata MICKEY = -- / .. / -.-. / -.- / . / -.—
           Menjadi = // . Dua . /1/1 . /1/ . 1 . /1//

Sandi Morse yang lainnya bisa kita buat sendiri dengan banyak sekali bentuk.
Cobalah membuatnya ciptaan sandi morse menggunakan mitra-kawanmu disekolah, Misalnya dengan kedipan mata ( Sebelah kanan titik dan sebelah kiri garis) atau dengan pilihan tangan lemah buat titik dan pijatan keras buat garis, dan sebagainya.

24.sandi Bendera Semaphore
Dalam Sandi Bendera Semaphore kita harus menciptakan suatu pola dengan kedua tangan sekaligus memegang bendera semaphore itu sendiri, jua Bendera Semaphore umumnya digunakan buat melakukan Parade Sempahore ( Penampilan Tarian Bendera Unik dan Kreatif yg menciptakan susunan Kata-istilah ). Dan berikut Pola Sandi Bendera Semaphore :

25.sandi Gambar
Dalam mengerjakan sandi gambar, maka kita harus menghafal gambar-gambar eksklusif yg masing-masing mewakili huruf-alfabet , menjadi berikut :

Mungkin Cukup segitu dulu ya kak Arikel Saya Tentang “Belajar Tuntas! Semua Macam Sandi Yang Ada Dalam Pramuka” Sebenarnya masih ada poly sandi-sandi lainnya tapi buat kali ini mungkin relatif 25 Sandi yang saya ajarkan.
Semoga Membantu dan Bermanfaat buat kita semua ya kak!
O iya kalo ada yang mau nambahin sandi yang kurang silahkan komen di bawah ya kak... :V
Salam Admin BELAJAR PRAMUKA,
Budi Santoso
Kurang dan Lebihnya mohon dimaafkan
Sekian dan Terima Kasih
Salam Pramuka!
Wassalam! ( ^o^) /

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel