TAU GAK SIH KAPAN GERAKAN PRAMUKA DIPERKENALKAN

Pidato Presiden dalam lepas 9 Maret 1961 juga menggariskan agar pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Gerakan Pramuka telah terdapat dan dikenal oleh warga . Oleh karena itu Keppres RI No.238 Tahun 1961 perlu terdapat pendukungnya yaitu pengurus dan anggotanya.
Menurut Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, pimpinan serikat ini dipegang oleh Majelis Pimpinan Nasional (MAPINAS) yg pada dalamnya masih ada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kwartir Nasional Harian.
Badan Pimpinan Pusat ini secara simbolis disusun dengan mengambil nomor keramat 17-8-’45, yaitu terdiri atas Mapinas beranggotakan 45 orang pada antaranya duduk pada Kwarnas 17 orang dan dalam Kwarnasri 8 orang.
Namun demikian pada realisasinya seperti tadi pada Keppres RI No.447 Tahun 1961, lepas 14 Agustus 1961 jumlah anggota Mapinas menjadi 70 orang menggunakan rincian dari 70 anggota itu 17 orang di antaranya sebagai anggota Kwarnas serta 8 orang di antara anggota Kwarnas ini sebagai anggota Kwarnari.
Mapinas diketuai oleh Dr. Ir. Soekarno, Presiden RI menggunakan Wakil Ketua I, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Wakil Ketua II Brigjen Tentara Nasional Indonesia Dr.A. Aziz Saleh.
Sementara itu pada Kwarnas, Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjabat Ketua dan Brigjen TNI Dr.A. Aziz Saleh sebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Kwarnari.
Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia dalam tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja di Ibukota Jakarta, tapi jua pada loka yang penting pada Indonesia. Di Jakarta lebih kurang 10.000 anggota Gerakan Pramuka mengadakan Apel Besar yg diikuti dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta.
Sebelum kegiatan pawai/defile, Presiden melantik anggota Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari, di Istana negara, serta mengungkapkan anugerah pertanda penghargaan serta kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia (Keppres No.448 Tahun 1961) yg diterimakan pada Ketua Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengku Buwono IX sesaat sebelum pawai/defile dimulai.
Peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian dilakukan menjadi HARI PRAMUKA yang setiap tahun diperingati sang semua jajaran dan anggota Gerakan Pramuka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel