TIPS PRAMUKA CARA MEMBUAT PONDOK SEDERHANA DENGAN BAHAN ALAM

BELAJAR PRAMUKA - Apakah kalian senang pergi berkemah pada hutan? Hmmm tentu saja ya kak! Semua anak Pramuka itu niscaya suka pulang berkemah, apalagi bila berkemah pada alam luas, pastilah bertambah keseruannya.

Nah, buat kalian yg senang pulang berkemah niscaya sudah memahami kan yg namanya bivak? Yap! Bivak itu merupakan tenda darurat yang didirikan sebagai tempat berlindung ad interim pada alam bebas berdasarkan banyak sekali gangguan cuaca, hewan buas, angin dan sebagainya. Bivak itu terdapat 3 macam, yg pertama merupakan bivak alam, ke 2 bivak semi protesis, dan bivak buatan.

Kalau bivak sih tergolong terlalu mudah ya cara pembuatannya, apalagi buat kawan-kawan yg sudah berpengalaman. Akan namun bagaimana menggunakan menciptakan sebuah pondok? Yap! Sebuah pondok yang terbuat 100% menurut bahan yg ada di alam.

“Lah emangnya ada kak ky? Gimana cara buatnya sih?”

Ya jelas ada lah kak! Tapi cara pembuatannya memang tergolong cukup sulit. Hal ini memang tergantung berdasarkan pengalaman serta niat berdasarkan abang-saudara tertua buat membuatnya.

Buat saudara tertua-kakak yg mau melihat proses pembuatan pondok berdasarkan bahan alami 100%, abang sanggup lihat video yg ada dibawah ini.



Nah, gimana kak? Keren banget kan! Dengan bekal bahan alami ia sanggup menciptakan sebuah pondok yang terbilang sangat cantik serta rapi, tentu saja sanggup digunakan buat berlindung dari cuaca yang tidak baik maupun hewan buas. Dan lebih efektif dibandingkan dengan bivak. Tapi perlu diingat bivak itu digunakan pada keadaan darurat, akan tetapi kalu kakak-kakak mau menetap lebih lama pada hutan, mungkin dengan membuat pondok berdasarkan bahan alam sanggup menjadi keliru satu pilihan hehehe.

Oke relatif hingga disini dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat ya, ingat buat meninggalkan kritik, saran, ataupun pertanyaan pada kolom komentar. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel