TIPS PRAMUKA TIPS BERPUASA YANG DI AJARKAN OLEH RASULULLAH SAW

BELAJAR PRAMUKA -Assalamu’alaikum Sobat Semuanya, kali ini iky mau bagi bagiin tips nih supaya puasanya permanen lancar serta kita pun tetap bertenaga dalam menjalankan aktifitas sehari – hari, karena berpuasa pada bulan Ramadhan itu harus Hukumnya!

Nah iky udah sediain nih tips tips supaya kita kuat menjalankan puasa, serta ini merupakan tips yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Langsung aja yuk ini tipsnya!

1. Mengakhirkan Waktu Sahur Dan Menyegerakan Waktu Berbuka.

Nah maksud dari mengakhirkan watu sahur adalah, sebaiknya kita makan sahur itu selesainya ketika mendekati imsak sobat, tapi harus diingat jangan terlalu dekat saat sahurnya menggunakan imsak lantaran nanti sobat bakalan terburu buru sewaktu menyantap sahur kira kira makan sahurnya 15 atau 20 mnt sebelum imsak.

Rasulullah bersabda: “Makan sahurlah kalian, karena dalam makan sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Muslim)

Zaid bin Tsabit mengatakan, “Kami pernah makan sahur beserta Rasulullah saw. Kemudian kami melaksanakan shalat. Kemudian saya bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara makan sahur menggunakan salat)? Rasulullah  menjawab: Selama bacaan 5 puluh ayat.” (HR. Shahih)

Sobat,  Rasulullah juga menganjurkan kita buat menyegerakan berbuka, maksudnya merupakan saat sudah adzan maghrib berkumandang eksklusif lah berbuka jangan ditunda tunda lagi, karena Allah SWT sangat mencintai orang orang yg paling menyegerakan berbuka. Hal ini sinkron dengan hadist :

Rasulullah bersabda, “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Hamba-hamba-Ku yg paling Aku cintai merupakan mereka yg paling menyegerakan berbuka.” (HR. Tirmidzi)

2. Makan Kurma dan Madu Di Waktu Sahur Dan Berbuka
Nah Sobat, supaya kita kuat berpuasa kita pula sanggup makan kurma dan madu pada waktu sahur serta pula berbuka. Di saat sahur makanlah tiga butir butir kurma serta 2 sendok makan madu oh iya hal ini dilakukan selesainya makan nasi. Begitu jua sewaktu berbuka dahulukan memakan buah kurma dan jua madu dan minumlah air secukupnya (Minimal sebanyak 3 gelas) agar sobat seluruh tidak kehilangan cairan tubuh.

Dari Sulaiman Ibnu Amir Al-Dlobby bahwa Nabi SAW bersabda: “Jika seseorang di antara engkau berbuka, hendaknya beliau berbuka dengan kurma, apabila nir mendapatkannya, hendaknya dia berbuka menggunakan air lantaran air itu suci.” (HR. Imam Lima)

Kurma dan Madu ini mengandung kalori yang cukup tinggi loh sobat serta bisa memberikan sobat tenaga yg cukup buat melakukan aktivitas misalnya umumnya. Nah kuliner 4 sehat serta 5 sempurna juga jangan dilupakan ya karena sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

“Kemudian makanlah berdasarkan tiap macam butir-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu ke luar minuman madu yg beragam warnanya, pada dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (QS. An Nahl: 69)

3. Tetap Melakukan Olahraga
Sobat bulan puasa itu adalah bulan penuh berkah, jadi jangan jadikan bulan puasa itu menjadi ajang buat malas malasan tentunya itu jelek! Meskipun kita dalam keadaan berpuasa kita wajib tetap berolahraga tetapi intensitasnya agak dikurangi. Mungkin sobat sanggup jalan atau lari pagi selama 30 mnt, meskipun sobat merasa lelah haus dan berkeringat namun sehabis mandi pada pagi hari serta sore hari insyaAllah sobat bakalan segar balik ! (jangan mandi secara hiperbola ya sobat!)

Ibnu Mas’ud menyampaikan, “Jika galat seseorang di antara kamu berpuasa, maka hendaklah pada pagi harinya ia pada keadaan berharum-haruman serta rambut yang tersisir rapi.”(HR Bukhari).

 “Orang yg berpuasa boleh bersiwak (menggosok gigi) dalam permulaan hari serta akhir hari (yakni dalam pagi hari dan sore hari) serta tidak boleh menelan ludahnya.” (HR Bukhari)

Nah sobat yang terakhir ini memang harus serta wajib ! Yaitu berpuasalah dengan berniat lantaran Allah Ta’ala pada pada hati, jangan berpuasa dengan niat agar dipuji orang ataupun biar disayang pacar puasa orang misalnya ini nir akan mendapatkan apa apa selain hanya rasa haus dan lapar. Jadi berpuasalah dengan berniat karena Allah ta’ala supaya puasa sobat seluruh diterima aamiin.

Oke sobat sampai disini dulu ya postingan kali ini, iky sekeluarga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga puasa kita seluruh diterima Allah SWT Aamiin, oh ya iky juga mau minta maaf ya kalo ada kesalahan pada sobat sobat seluruh. Jangan lupa di share ya postingannya 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel