UNTUK MENGGAIRAHKAN KEMBALI KEGIATAN PRAMUKA INDONESIA SCOUT CHALLENGES DIMULAI


Indonesia Ku - Pramuka punya potensi akbar untukmenjadi pilihan aktivitas yg positif serta menarik bagi anak-anak serta pararemaja pada Indonesia. Ibarat api dalam sekam, hanya perlu sedikit pemantik untukkembali menggelorakan Pramuka. Salah satunya melalui kegiatan IndonesiaScouts Challenge (ISC) 2015-2016, kerjasama antara Kwartir NasionalGerakan Pramuka serta Jawa Pos Group.

 Indonesia Scouts Challenge merupakanaktivitas berkemah sekaligus berkompetisi yang seru buat siswa(Penggalang Ramu) yang duduk pada bangku kelas IV sampai V Sekolah Dasar, menggunakan usiamaksimal 12 tahun. Diadakan mulai menurut strata Kabupaten, Provinsi, hinggaNasional, pemenang kegiatan ini akan diberi bantuan gratis berangkat ke AmerikaSerikat.

 Penandatanganan MoU kegiatan ISC inidigelar pada sela-sela Rakernas Gerakan Pramuka tahun 2015 pada Taman RekreasiWiladatika (TRW), Cibubur, Jakarta, antara Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault, danCEO Jawa Pos Group, Azrul Ananda. Penandatanganan MoU itu jua dihadiri olehseluruh Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka berdasarkan seluruh provinsi di Indonesia.

 Adhyaksa Dault sangat mengapresiasiketerlibatan pihak partikelir ini pada menggairahkan balik aktivitas Pramuka di Indonesia.”Kami terharu, bangga sekaligus berterimakasih atas inisiatif Mas Azrul danJawa Pos Group atas kepeduliannya menyebarkan Pramuka melalui program IndonesiaScouts Challenge ini,” ujar Adhyaksa. ”Insya Allah sangat berguna,berguna dan mampu lebih menggairahkan kegiatan pramuka pada kalangananak-anak,” tambahnya.

 Mantan Menpora ini memuji aplikasi EastJava Scouts Challenge 2015 yg sudah digelar sejak Februari lalu. Eventhasil kerjasama Jawa Pos menggunakan Kwarda Jawa Timur itu dievaluasi sudah suksesmemunculkan kembali gairah anak belia ke Pramuka. “Melihat peran Mas Azrul yangsukses berbagi basket beserta PT DBL Indonesia, saya optimistis kegiatanISC ini ke depan akan jauh lebih meriah,” tandas Adhyaksa.

 Azrul Ananda sendiri mengaku sangatsenang mampu berafiliasi menggunakan Kwarnas. Melalui kenaikan pangkat yg gencar dankegiatan-kegiatan yg dikemas secara menghibur dan menarik, Azrul optimiskegiatan ISC ini akan membesar serta berdampak positif bagi perkembangan pramukake depan.

 ”Pramuka itu potensinya luarbiasa.  Jujur saja, tidak ada kegiatan yg potensinya lebih besar danpunya pengaruh positif dibandingkan Pramuka. Sebab, di Pramuka anak-anak bisalangsung diajarkan ketrampilan, ketangkasan, kerjasama dan pembentukan karakteryang mungkin tidak relatif didapatkan berdasarkan sekolah saja,” ujar Azrul Ananda, CEOJawa Pos Group.

 Peserta aktivitas ISC 2015-2016 iniadalah Pramuka taraf Penggalang Ramu yang duduk pada bangku kelas IV sampai VSD, menggunakan usia maksimal 12 tahun. Sebagai pilot project, ISC akan digelardi beberapa provinsi tempat Pulau Jawa dan Bali. Sistem seleksi diawali dengan regionalchampionship (tingkat kabupaten/kota). Pemenang regu putra dan putriterbaik dari masing-masing kabupaten/kota berhak lolos ke provincechampionship (taraf provinsi).

 Puncaknya, wakil menurut masing-masingprovinsi akan berangkat ke national championship yang digelar sekitarAgustus 2016 mendatang. Regu putra dan putri terbaik akan menyandang predikatsebagai juara nasional. Sebagai hadiahnya, mereka akan berkesempatan terbang keAmerika Serikat dan berhak menerima hibah tabungan pendidikan. (*)

 Contact Person: Kominfo Kwarnas, LuqmanHakim Arifin (08179975424) & Hariqo Wibawa Satria (085263835899)


Sumber :pramuka.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel