SOAL UTN PLPG 2019 PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN

1.Programpembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik buat belajar sesuaidengan kecepatan, kesempatan, serta gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedialharus mengakomodasi disparitas individual siswa.
 Pernyataan pada atas termasuksalah satu prinsip yg perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A.Fleksibilitas
B.Interaktif
C.Adaptif
D.Kesinambungan


2. Pembelajaran remedial hendaknya memungkinkanpeserta didik buat secara intensif berafiliasi serta berkomunikasi denganpendidik dan asal belajar yang tersedia. Hal ini berdasarkan atas pertimbanganbahwa aktivitas belajar peserta didik yg bersifat pemugaran perlu selalu mendapatkanmonitoring dan supervisi supaya diketahui kemajuan belajarnya.


Pernyataandi atas termasuksalah satu prinsip yangperlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...


A.Fleksibilitas


B.Interaktif


C.Adaptif

D.Kesinambungan

3. Bentuk perlakuan pembelajaran remedial dilakukanberdasarkan keterserapan KD dalam ketuntasan klasikal. Jika ketuntasanklasikalnya kurang menurut 50% merupakan yang mengikuti pembelajaran remedial lebih dari50% maka remedial dilakukan menggunakan….

A.menaruh pembelajaran ulang menggunakan metode dan media yg tidak sinkron.

B. Bimbingan secara khusus

C. Tutor sebaya

D. Penugasan secara berkelompok

4. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran diperolehhasil menjadi berikut. Dari 32 siswa yg mengikuti ulangan harian dinyatakanbelum tuntas sejumlah 15 sehinggamengikuti acara remedial.

Bentukperlakuan pembelajaran remedial menurut data di atas adalah….

A. Memberikan pembelajaran ulang dengan metode danmedia yang tidak sama.

B. Bimbingan secara khusus

C. Tutor sebaya

D.penugasan secara berkelompok

5. Langkah-langkahyang perlu dikerjakan pada anugerah pembelajaran remedial diantaranya mendiagnosiskesulitan belajar. Faktor yang mensugesti kesulitan belajar ringan antaralain…

A. Faktor keluarga lantaran perceraian orang tua

B. Faktor pergaulan lantaran dikucilkan teman-teman

C. Faktor langsung kurang perhatian ketika pelajaran

D. Faktor individu lantaran mengalami ketunaan padadiri siswa

6. Ada beberapa teknik buat mendiagnosis kesulitanbelajar dalam rangka melaksanakan pembelajaran remedial. Buat mengetahuikesulitan siswa pada menguasai kompetensi eksklusif. Misalnya dalammempelajari operasi bilangan, apakah siswa mengalami kesulitan padakompetensi
penambahan, pengurangan, pembagian, atau perkalian dipakai teknik….

A. Tes prayarat

B.tes diagnostik

C. Wawancara

D. Pengamatan

7. Setelahdiketahui kesulitan belajar yang dihadapi siswa, langkah berikutnyaadalah menaruh perlakuan berupa pembelajaran remedial. Salah satu bentukpelaksanaan pembelajaran adala peserta didik diberi latihan intensif (drill)buat membantu menguasai kompetensi yg ditetapkan dan agar nir mengalami kesulitandalam mengerjakan tes akhir.

Kegiatantersebut adalah bentuk aplikasi pembelajaran remedial dengan….

A.pembelajaranulang dengan metode dan media yang tidak selaras.

B.Pemberianbimbingan secara khusus

C.Pemberian tugas-tugas latihansecara khusus

D.Pemanfaatantutor sebaya

8. Dalampembelajaran remedial seseorang guru memanfaatkan murid pada satu kelas yangmemiliki kecepatan belajar lebih buat membantu siswa yang mengalami kesulitanbelajar.

Kegiatan tersebut adalah bentuk pelaksanaanpembelajaran remedial menggunakan….

A.pembelajaranulang dengan metode dan media yang tidak selaras.

B.Pemberianbimbingan secara khusus

C.Pemberiantugas-tugas latihan secara khusus

D.Pemanfaatan tutor sebaya

9. Pembelajaranpengayaan menaruh pelayanan pada siswa yg memiliki kecerdasanlebih dengan tantangan belajar yg lebih tinggi buat membantu mereka mencapaikapasitas optimal dalam belajarnya. Pembelajaran pengayaan yang berupa programyang bersifat generik yg dirancang buat disajikan pada peserta didik. Sajiandimaksud berupa insiden sejarah, kitab , tokoh masyarakat, dsb, yang secararegular nir tercakup dalam kurikulum merupakan….

A.kegiatan eksploratori

B. Keterampilan proses

C. Pemecahan masalah

D. Kegiatan investigative

10. Bentuk-bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaandapat dilakukan menggunakan cara peserta didik yg mempunyai minat tertentu diberikanpembelajaran bersama pada jam-jam pelajaran sekolah biasa, sembari menungguteman-temannya yang mengikuti pembelajaran remedial lantaran belum mencapai
ketuntasan.
Bentuk pelakasanaan pembelajaran pengayaan tersebut adalah…

A.belajar kelompok

B. Belajar mandiri

C.pembelajaran berbasis tema

D.pemadatan kurikulum



PEMBAHASAN SOAL
Bentuk perlakuanpembelajaran remedial dilakukan berdasarkan keterserapan KD pada ketuntasanklasikal. Bila ketuntasan klasikalnya kurang dari 50% artinya yang mengikutipembelajaran remedial lebih dari 50% maka remedial dilakukan dengan memberikan pembelajaranulang dengan metode dan media yang tidak selaras. Jika yang mengikuti pembelajaranremedial pada KD tersebut kurang dari 20%, maka perlakuan yang diberikan berupabimbingan secara khusus, misalnya dengan tutor sebaya. Jika yang mengikutiremedial berada pada rentang 20%-50% maka perlakuan diberikan dengan penugasan secaraberkelompok (Depdiknas, 2010: 38).

Pembahasanlengkap pembelajaran remedial BACA DI SINI serta pengayaan BACA DI SINI
BAGI PESERTA PLPG 2017 BACA PETUNJUK PRAKONDISI PLPG 2017 DI SINI
UNDUH MODUL PRAKONDISI PEDAGOGIK DI SINI
UNDUH MODUL PRAKONDISI BAHASA INDONESIA DI SINI

UNTUK PERSIAPAN UTN 2017 BACA PAKET LENGKAP SOAL DAN PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SINI

KOMPETENSI PROFESIONAL BAHASA INDONESIA DI SINI
BACA MATERI LENGKAP PPG-PLPG TAHUN 2017 

BREAKING NEWSINFO PKB GURU PEMBELAJAR
BACA PETUNJUK TEKNIS PROGRAM PKB (GURU PEMBELAJAR) TAHUN 2017
MODUL, LEMBAR KERJA, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel