LAPORAN PTK

Melaporkan hasilpenelitian tidak sebatas menguraikan temuan kita dalam laporan penelitian. Adasubbab lain yang amat krusial kedudukannya kaitannya menggunakan pelaporan, yaitupembahasan. Jika pada bagian hasil penelitian kita hanya menguraikan temuanpada masing-masing siklus, jika perlu dalam masing-masing teknik yang dipakai,pula instrumennya; pada bagian pembahasan kita harus mengaitkan temuan yangsatu dan yg lain, bahkan pula mengaitkan antara temuan serta teori yangdigunakan. Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam laporan PTK, lantaran itujika dipandang menurut jumlah halamannya, bagian ini memiliki porsi yg palingbanyak.
Struktur LaporanPenelitian Tindakan Kelas terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian awal, bagianutama atau bagian inti, dan bagian akhir. Bagian awal laporan PTK terdiri atasHalaman Judul, Lembar Pengesahan, Abstrak, Prakata, dan Daftar Isi. HalamanJudul merupakan identitas penelitian yang terdiri atas judul, peneliti, instansipenelitian, dan tahun pembuatan laporan. Lembar pengesahan berisi identitaspeneliti yg disahkan sang pejabat berwenang. Apabila penelitian dilakukan olehsekolah, pejabat yang berwenang mengesahkan adalah kepala sekolah. Jika PTKmerupakan hibah dari LPMP, pejabat berwenangnya merupakan Kepala LPMP. Abstrak merupakanintisari yg sangat krusial dari hasil penelitian. Abstrak berisi latarbelakang kasus, tujuan penelitian, pelaksanaan penelitian, output penelitian,dan saran. Kata Pengantar (Prakata) diantaranya berisi ucapan terima kasihpeneliti kepada pihak yg sudah membantunya.
Secara lengkap, berikutdisajikan struktur laporan penelitian tindakan kelas.
Tabel Kerangka LaporanPTK

No
Bagian
Isi
1.
Judul
Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Cerpen menggunakan Pendekatan Kontekstual Elemen Pemodelan pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah pertama Negeri 1 Semarang
Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017
2.
Awal
Halaman Judul
Lembar Pengesahan Hasil Penelitian
Abstrak
Pernyataan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
3.
Isi
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.dua Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penelitian
1.4 Manfaat Penelitian
BAB II
LANDASAN TEORETIS DAN HIPOTESIS TINDAKAN
2.1 Landasan Teori
2.1.1 Menyusun Teks Cerpen
2.1.1.1 Hakikat Cerpen
2.1.1.2 Tahap Menyusun Teks Cerpen
2.1.2 Hakikat Teknik Pemodelan
2.1.2.1 Pendekatan Kontekstual
2.1.dua.dua Teknik Pemodelan sebagai Elemen berdasarkan Pendekatan Kontekstual
2.2 Kerangka Berpikir
2.tiga Hipotesis Tindakan
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Setting Penelitian
3.2 Subjek Penelitian
3.3 Desain Penelitian
3.4 Indikator Kinerja
3.lima Teknik Pengumpulan Data
3.6 Instrumen Penelitian
3.6 Validasi Data
3.7 Analisis Data
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
1.1 Hasil Penelitian
1.1.1 Siklus I
1.1.1.1 Proses Pemberian Tindakan
1.1.1.2 Hasil Tes
1.1.1.tiga Hasil Nontes
1.1.2 Siklus II
1.1.dua.1 Proses Pemberian Tindakan
1.1.dua.2 Hasil Tes
1.1.dua.tiga Hasil Nontes
1.2 Pembahasan
1.dua.1 Kemampuan Menulis Teks Cerpen
1.dua.2 Aktivitas Siswa
BAB V
PENUTUP
5.1 Simpulan
5.dua Saran
4.
B a g i a n
Akhir
Daftar Pustaka
Lampiran
1) Surat Izin Penelitian
2) Daftar Nilai Prasiklus
3) Daftar Nilai Siklus I
4) Daftar Nilai Siklus II
5) Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa Siklus I
6) Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa Siklus II
7) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
8) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
9) Contoh Teks Cerpen


Sumber Pustaka
Doyin, Mukh serta Supriyono. 2015. Materi UKG Bahasa Indonesia 2015. Semarang: Bandungan Institute



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel