PENGERTIAN EVALUASI PENGUKURAN TES DAN PENILAIAN




Evaluasi(evaluation) adalah evaluasi yg sistematiktentang manfaat atau kegunaan suatu objek (Stufflebeam dan Shinkfield, 1985dalam Depdiknas, 2004:11). Pada saat melakukan evaluasi di dalamnya ada kegiatanuntuk memilih nilai suatu program, sebagai akibatnya ada unsur keputusan tentangnilai suatu program (value judgement). Dalam melakukan keputusan, diperlukandata hasil pengukuran dan warta output evaluasi selama serta sehabis kegiatanbelajar mengajar. Objek penilaian merupakan program yg hasilnya mempunyai banyakdimensi, misalnya kemampuan, kreativitas, perilaku, minat, keterampilan, dansebagainya. Oleh karenanya, dalam kegiatan penilaian alat ukur yang digunakanjuga bervariasi bergantung pada jenis data yang ingin diperoleh. Berdasarkanuraian tadi, terdapat istilah pengukuran dan evaluasi. Sebagai bagian darievaluasi kedua kata tersebut akan dibahas lebih lanjut agar nir terjadikesalahpahaman konsep.

Pengukuran(measurement) adalah proses penetapan nomor terhadap suatugejala dari anggaran eksklusif (Guilford, 1982 dalam Depdiknas, 2004:9). Safari(1997:tiga) mengartikan pengukuran sebagai suatu aktivitas buat mendapatkaninformasi/data secara kuantitatif. Secara tersirat ke 2 definisi tersebutmenandakan pengukuran adalah proses anugerah nomor atau bisnis memperolehdeskripsi numerik sejauhmana siswa sudah mencapai suatu strata. Pengukurandapat memakai tes dan nontes.

Tesadalahseperangkat pertanyaan yang mempunyai jawaban benar atau galat. Tes dalampembelajaran bahasa dikenal menggunakan tes bahasa yang sasaran pokoknya adalahtingkat kompetensi berbahasa peserta didik. Nontes seperangkat pertanyaan ataupernyataan yg instrumennya berbentuk informasi lapangan atau inventori.

Penilaian(assessment)merupakan suatu pernyataan berdasarkan sejumlah liputan buat menjelaskankarakteristik seorang atau sesuatu (Griffin serta Nix, 1991 dalam Depdiknas,2004:10).


Sumber:

Ariani, Farida dkk. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia.jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga KependidikanBahasa, Direktorat Jenderal Pengajar dan TenagaKependidikan


Baca jua:

Soal UTN 2017 Pengertian Evaluasi,Pengukuran, Tes, dan Penilaian

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel