PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK





Empat Tahap Perkembangan Kognitif Peserta Disik MenurutPiaget

(1)tahap sensori motor (0–2 tahun),

Padatahap sensori motor (0-dua tahun) seorang anak akan belajar untuk memakai danmengatur kegiatan fisik serta mental menjadi rangkaian perbuatan yg bermakna.pada termin ini, pemahaman anak sangat bergantung dalam kegiatan (gerakan) tubuhdan alat-indera indera mereka.

(2)tahap pra-operasional (dua–7 tahun),

Padatahap pra-operasional (dua-7 tahun), seorang anak masih sangat dipengaruhi olehhal-hal khusus yg didapat menurut pengalaman menggunakan indera, sebagai akibatnya iabelum bisa buat melihat interaksi-hubungan serta menyimpulkan sesuatu secarakonsisten.

(tiga)tahap operasional konkret (7–11 tahun),

Padatahap operasional konkret (7-11 tahun), umumnya anak sedang menempuh pendidikandi sekolah dasar. Di tahap ini, seorang anak dapat menciptakan kesimpulan darisuatu situasi konkret atau menggunakan memakai benda nyata, dan mampumempertimbangkan dua aspek berdasarkan suatu situasi nyata secara bersamasama

(contohnya,antara bentuk serta ukuran).

(4) tahapoperasional formal (11 tahun ke atas).

Padatahap operasional formal (lebih menurut 11 tahun), aktivitas kognitif seseorangtidak mesti menggunakan benda nyata. Tahap ini merupakan tahapan terakhir dalamperkembangan kognitif.

unduh modul guru pembelajar  modul ciri peserta didik
UNDUH MODUL MATERI PEDAGOGIK PLPG

BACA JUGA:
1. Soal UTN2017 Perkembangan Kognitif Peserta Didik
2. Materi UTN 2017 Perkembangan Moral Peserta Didik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel