SOAL UTN PLPG 2019 MODEL PEMBELAJARAN PAKET 2




1.Dalammengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data(informasi) menggunakan aneka macam teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data(informasi) dan menarik konklusi serta mengkomunikasikan hasil yang terdiridari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Ali itumerupakan bagian menurut model pembelajaran…

A.portofolio

B.saintifik

C.penemuan

D.autentik



2.Dalammengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikansuatu permasalahanguna menggugah serta menimbulkankepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untukmendorong para anak didik agar mau mengembangkankreativitasnya .


Langkah yang dilakukan Pak MamazNendar itu adalah bagian berdasarkan contoh pembelajaran….

A.portofolio

B.saintifik

C.penemuan

D.autentik



3.PakLarso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kasus sebagai langkah awaldalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkanpengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun(a guiding question) serta membimbing pesertadidik berkolaboratif yg mengintegrasikan aneka macam subjek (materi) dalamkurikulum.

Pembelajaran yangdilakanakan oleh Pak Larso tadi adalah contoh pembelajaran ....

A.projekbased learning

B.discovery Learning

C.Problem Based Learning

D.Inquiry learning


4.BuRumini melaksanakan pembelajaran yg mengakomodasi semua anggota kelompokmengungkapkan pendapat, ilham, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,sehingga dimungkinkan ada berbagai macam alternatif pendapat.

Kegiatan yangdilakukan Bu Rumini tadi merupakan implementasimodel pembelajaran ....

A.Project based learning

B.inquiry learning

C.Discovery learning

D.problem based learning


5.Ketikamemulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaanyang memerlukan solusi. Lalu, pada bentuk gerombolan -kelompok kecil, siswadiminta buat buat mencari cara lain solusi tersebut.

Kegiatan yangdilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasimodel pembelajaran ....

A.Project based learning

B.Problem based learning

C.Discovery learning

D.Inquiry learning

6.Sebelummemulai proses belajar-mengajar di pada kelas, Bu Nuraini meminta pesertadidik terlebih dahulu buat mengobservasi suatu fenomena. Kemudian pesertadidik diminta mencatat masalah-masalah yg ada. Setelah itu, siswa dirangsanguntuk berpikir kritis pada memecahkan perkara yang ada. Sementara itu, BuNuraeni mengarahkan peserta didik buat bertanya, menerangkan asumsi, danmendengarkan pendapat yang berbeda menurut mereka.

Kegiatan yangdilakukan Bu Nuraeni tersebutmengisyaratkan implementasimodelpembelajaran

A.inquiry learning

B.problem based learning

C.Project based learning

D.Discovery learning


7.PakKandi beserta siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal inidimaksudkan supaya peserta didik merasa “memiliki” serta bertanggung jawab ataskegiatanyang sudah direncanakan bersamaitu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitaspendukung, alat dan bahan yg bisa diakses, cara serta langkah kerja untukmenyelesaian planning kegiatan kolaboratif tadi.

Modelpengelolaan pembelajaran yg dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsipmodel ....

A.Problem solving learning

B.Problem based learning

C.Project based learning

D.Discovery learning

8. Berikut inimerupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project basedlearning :

1)Penentuan Pertanyaan Mendasar,

2)Mendesain Perencanaan Proyek,

3)Menyusun Jadwal (Create a Schedule),

4)Memonitor siswa dan kemajuan proyek (Monitor the Students and theProgress of the Project),

5)Menguji Hasil (Assess the Outcome),

6)Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).


Urutanyang benar merupakan ....

A.1-dua-3-4-lima-6

B.1-3-2-4-lima-6

C.1-tiga-2-lima-6-4

D.1-dua-tiga-5-4-6


9. Perhatikanlangkah-langkah aktivitas pembelajaran yang masih rambang berikut adalah!
    1)Mengorganisasi murid dalam belajar

2) Orientasi murid pada Masalah

3) Membimbing penyelidikan anak didik secaramandiri atau kelompok

4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tadi disusun mengikuti urutan modelpembelajaran ProblemBased Learning,urutan langkah yang tepat merupakan ....

A. 1-dua-3-4

B. 2-tiga-1-4

C. 3-2-1-4

D. Dua-3-1-4


10. Perhatikanlangkah-langkah aktivitas pembelajaranberikut ini.

1) Orientasi anak didik padamasalah

2) Mengorganisasi siswadalam belajar

3) Membimbingpenyelidikan anak didik secara berdikari atau kelompok

4) Mengembangkan danmenyajikan hasil karya

5) Menganalisis danmengevaluasi proses pemecahan masalah

Fase-fase pembelajaran tersebutmerupakan fase pada pembelajaran menggunakan contoh ....

A.discoveryLearning

B.ProjectBased Learning

C.problem solving learning

D.problem based learning



POSTINGAN TERKAIT
Pembahasan Model Pembelajaran Discovery Learning baca DI SINI
BACA SOAL UTN LENGKAP DI SINI




















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel