PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK



Kuhlendan Thompson mengemukakan bahwa perkembangan fisik individu meliputi empataspek, yaitu:  

    (a) Otot-otot, yang mempengaruhi perkembangan kekuatan serta kemampuanmotorik;  

(b)Sistem syaraf yg sangat memengaruhi perkembangan kecerdasan dan emosi;

(c)Kelenjar Endokrin, yg menyebabkan keluarnya pola-pola tingkah laris baru,misalnya pada usia remaja berkembang perasaan senang buat aktif dalam suatukegiatan, yang sebagian anggotanya terdiri atas lawan jenis;

(d)Struktur fisik/tubuh, yang mencakup tinggi, berat, serta proporsi.

Seifertdan Hoffnung (1994) berpendapat perkembangan fisik meliputi perubahan-perubahandalam tubuh (misalnya : pertumbuhan otak, sistem saraf, organ-organ indrawi,pertambahan tinggi serta berat, hormon, serta lain-lain), dan perubahan-perubahandalam cara individu pada menggunakan tubuhnya (misalnya perkembanganketerampilan motorik dan perkembangan seksual), serta perubahan pada kemampuanfisik (misalnya penurunan fungsi jantung, penglihatan, dan sebagainya).

SumberPustaka

Wibowo,Hari dkk. 2016. Karakteristik PesertaDidik. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik serta TenagaKependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Untukcontoh soal kompetensi pedagogik serta pembahasannya secara lengkap baca DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel