PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK
Thursday, April 25, 2019
Edit
Kuhlendan Thompson mengemukakan bahwa perkembangan fisik individu meliputi empataspek, yaitu:
(a) Otot-otot, yang mempengaruhi perkembangan kekuatan serta kemampuanmotorik;
(b)Sistem syaraf yg sangat memengaruhi perkembangan kecerdasan dan emosi;
(c)Kelenjar Endokrin, yg menyebabkan keluarnya pola-pola tingkah laris baru,misalnya pada usia remaja berkembang perasaan senang buat aktif dalam suatukegiatan, yang sebagian anggotanya terdiri atas lawan jenis;
(d)Struktur fisik/tubuh, yang mencakup tinggi, berat, serta proporsi.
Seifertdan Hoffnung (1994) berpendapat perkembangan fisik meliputi perubahan-perubahandalam tubuh (misalnya : pertumbuhan otak, sistem saraf, organ-organ indrawi,pertambahan tinggi serta berat, hormon, serta lain-lain), dan perubahan-perubahandalam cara individu pada menggunakan tubuhnya (misalnya perkembanganketerampilan motorik dan perkembangan seksual), serta perubahan pada kemampuanfisik (misalnya penurunan fungsi jantung, penglihatan, dan sebagainya).
SumberPustaka
Wibowo,Hari dkk. 2016. Karakteristik PesertaDidik. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik serta TenagaKependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Untukcontoh soal kompetensi pedagogik serta pembahasannya secara lengkap baca DI SINI