SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PRINSIPPRINSIP PEMBELAJARAN


KOMPETENSI INTI GURU: MENGUASAITEORI BELAJAR DAN PRINSIP-PRINSIPPEMBELAJARAN YANG MENDIDIK

1.Peserta didik dapat belajar apabila ia tidak hanyamengamati secara eksklusif namun dia wajib menghayati, terlibat eksklusif dalamperbuatan, serta bertanggung jawab terhadap hasilnya.

Hal ini sesuai dengan prinsip belajar….

A.Pengulangan

B.Keterlibatan langsung

C.Penguatan

D.Keaktifan

2.Seorang guru selalu memberikan apresiasi ataupenghargaan berupa nilai yang baik serta kata-kata positif terhadap keberhasilanpeserta didik pada pembelajaran. Hal itu dilakukan lantaran berdasarkanpengalamannya nilai yang baik dan istilah-istilah positif bisa menciptakan murid lebihgiat belajar.

Guru tadi sudah menerapkan prinsip pembelajaran….

A.Perhatian dan motivasi

B.Perbedaan individual

C.Tantangan

D.Balikan atau penguatan

3.Dalam mempersiapkan murid menghadapi UjianNasional, seorang pengajar menaruh beberapa kali latihan soal pada anak didik. Guruberharap akan terjadi peningkatan penguasaan sang siswa terhadap materipembelajaran menggunakan latihan yg dilaksanakan nir hanya sekali.

Guru tadi menerapkan prinsip pembelajaran…

A.Penguatan atau balikan

B.Perhatian dan motivasi

C.Pengulangan

D.Tantangan

Pembahasan

Prinsip-Prinsip Pembelajaran

üPerhatian dan Motivasi: Tanpa adanya perhatiantak mungkin terjadi belajar. Motivasi adalah tenaga yg menggerakkan danmengarahkan kegiatan seorang.

üKeaktifan: Belajar hanya mungkin terjadi apabilaanak aktif mengalami sendiri.

üKeterlibatan pribadi/Berpengalaman: belajaryang paling baik merupakan belajar melalui pengalaman langsung.

üPengulangan: belajar artinya pembentukan hubunganantara stimulus dan respons, dan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itumemperbesar peluang timbulnya respons sahih.

üTantangan: Tujuan dan kendala pada belajarmemberikan motif pada anak didik buat mengatasi kendala dan meraih tujuanbelajar

üBalikan atau Penguatan: Kata-istilah yang positifdan nilai yang baik itu mendorong anak untuk belajar lebih ulet lagi. Pujiandan nilai yang baik bisa adalah operant conditioning atau penguatanpositif.

üPerbedaan Individual: Siswa adalah individualyang unik artinya tidak terdapat dua orang anak didik yg sama persis, tiap siswamemiliki perbedaan satu menggunakan yang lainnya.

Untuk memperdalam pemahaman mengenai prinsip-prinsip pembelajaran
Baca Ringkasan Materi Pedagogik Prinsip-Prinsip Pembelajaran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel