16 KATA MUTIARA SAKTI BUNG KARNO

Ir. Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 – tewas di Jakarta, 21 Juni 1970 dalam umur 69 tahun serta pada makam kan pada Blitar, adalah Presiden Indonesia pertama yg menjabat dalam periode 1945 – 1966. 
Ia memainkan peranan penting buat memerdekakan bangsa Indonesia menurut penjajahan Belanda. Ia adalah penggali Pancasila. Ia merupakan Proklamator Kemerdekaan Indonesia (beserta dengan Mohammad Hatta) yg terjadi dalam tanggal 17 Agustus 1945. Tapi apakah kita semua masih jangan lupa kata-kata mutiara Putra Sang Fajar? 
First
“Bangsa yg besar merupakan bangsa yg menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 November 1961).
2nd
“Tidak seseorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti berdasarkan Republik ini, apabila aku berjuang serta berkorban buat mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno).
3rd
“Jadikan deritaku ini menjadi kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun terdapat batasnya. Lantaran kekuasaan yg langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Bung Karno).
4th
“Jika pada dalam diri seorang terdapat rasa membuat malu dan takut buat berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tadi adalah tidak akan bertemunya dia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno).
5th
“Berikan aku 1000 orang tua, pasti akan kucabut semeru berdasarkan akarnya, berikan saya 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno).
6th
“Perjuanganku lebih gampang lantaran mengusir penjajah, akan tetapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” (Bung Karno).
7th
“Bangsa yang tidak percaya pada kekuatan dirinya menjadi suatu bangsa, nir dapat berdiri sebagai suatu bangsa yg merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno).
8th
“……….bangunlah suatu dunia pada mana semua bangsa hayati dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno).
9th
“Kita belum hidup pada sinar bulan purnama, kita masih hayati di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali“. (Pidato HUT Proklamasi, 1949 Soekarno).
10th
“Janganlah menduga kita seluruh telah relatif berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita terselesaikan ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-poly keringat.” (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno).
11th
“Firman Tuhan inilah gitaku, Firman Tuhan inilah harus menjadi Gitamu : “Innallahu la yu ghoiyiru ma bikaumin, hatta yu ghoiyiru ma biamfusihim”. ” Tuhan tidak merobah nasibnya sesuatu bangsa sebelum bangsa itu merobah nasibnya” (Pidato HUT Proklamasi, 1964 Bung Karno).
12th
“Janganlah melihat ke masa depan menggunakan mata buta! Masa yg lampau merupakan bermanfaat sekali buat sebagai kaca bengala berdasarkan pada masa yang akan tiba.” (Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno).
13th
“Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita merupakan, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sebagai akibatnya kita sebagai bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong” (Pidato HUT Proklamasi, 1966 Bung Karno).
14th
"Aku Lebih senang lukisan Samodra yg bergelombangnya memukul, mengebu-gebu, berdasarkan dalam lukisan sawah yg adem ayem tentrem, “Kadyo siniram wayu sewindu lawase” (Pidato HUT Proklamasi 1964 Bung Karno).
15th
“Laki-laki dan wanita merupakan menjadi 2 sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu hingga ke puncak yang setinggi-tingginya; bila patah satu menurut pada 2 sayap itu, maka tidak dapatlah terbang burung itu sama sekali.” ( Sarinah, hlm 17/18 Bung Karno).
16th
"Berikan aku 1000 anak muda maka saya akan memindahkan gunung akan tetapi berikan saya 10 pemuda yang cinta akan tanah air maka aku akan menguncang dunia." (Bung Karno)
Sumber: youniwan.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel