390 Peserta Meriahkan Jambore Cabang ke12 Di Purworejo


PURWOREJO-  Acara Jambore Cabang ke-12 tahun2019 yang pada gelar Kwartir Cabang (KWARCAB) Purworejo yg di buka dalam (26/6) kemarin di Bumi Perkemahan Puntuk Arga Putra Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Purworejo berhasil diikuti 390 peserta perwakilan menurut 22 Gugus Depan (Gudep) yg berpangkal pada SMP/MTs Negeri serta Swasta di Purworejo.


Jambore yang dilaksanakan selama empat hari, hingga Sabtu (29/6) mendatang ini pada dihadiri sang 160 peserta perempuan dan laki-laki mencapai 168 anak, pimpinan kontingen sebesar 21 orang, dan pembina pendamping ada 41 orang.


Saat pembukaan Jambore Cabang, hadir Komandan Kodim 0708 Letkol Inf Arry Sundoro SSos, Kapolres AKBP Roma Hutajulu SIK MSi, serta Sekda Drs Tri Handoyo MM.


“Pembukaan Jambore dilakukan hari ini (kemarin, Red) ditandai upacara bendera serta divestasi burung pada komplek bumi perkemahan Arga Putra,” istilah Ketua panitia Rr Budi Prasetyawati SPd MPd di sela pembukaan Jambore kemarin (26/6).


Prasetyawati melanjutkan, panitia jambore mencakup unsur pimpinan, andalan Binamuda, Humas, serta Abdimas, dan dewan kerja cabang yang berjumlah 35 orang. Jambore cabang rutin yang digelar setiap empat tahun sekali, sinkron amanat musyawarah cabang dalam rangka pencapaian tujuan gerakan pramuka.


Tujuan jambore merupakan menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber-Bhineka Tunggal Ika, nasionalisme, mewujudkan manusia Indonesia yang berkualitas keimanan dan ketakwaan, kemampuan ilmu pengetahuan serta teknologi, dan berjiwa Pancasila.


Menurut Prasetyawati, aktivitas jambore sangat baik buat membangun semangat keterbukaan pada bersikap, menanamkan mental yg kuat, kepercayaan diri yang positif, memberi tambahan pengalaman, serta keterampilan yang bermanfaat bagi anggota.


“Tema jambore cabang adalah menaikkan kesatuan dan persatuan generasi belia yg berkarakter. Dasar aktivitas merupakan UU RI Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, AD/ART Gerakan Pramuka, Hasil Muscab tahun 2008, serta Program Kerja Kwarcab Purworejo tahun2019,” bebernya.(Ari/jmy)


View the original article here

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel