5 PALUNG TERDALAM DI DUNIA

Lima PALUNG TERDALAM DI DUNIA - Palung adalah jurang yg terletak di dasar laut. Palung yg paling dalam pada belahan bumi merupakan palung Mariana, yg berlokasi pada barat laut Samudera Pasifik serta sebelah timur Pulau Mariana, 

Baca Juga ; Pengelolaan Laut Yang Belum Maksimal


tepatnya berada pada Kedalaman Challenger atau biasa diklaim Challenger Deep yang memiliki kedalaman 10.911 meter. Challenger Deep adalah titik terdalam lautan yg pernah diketahui. 


Pada kedalaman Challenger ini tekanan yg dihasilkan luar biasa akbar yaitu kurang lebih 1000 kali dibandingkan menggunakan tekanan permukaan atau sekitar 110.000 kilopascal. 



5 PALUNG TERDALAM DI DUNIA


Makluk hayati yg menghuninya pun berupa makluk kecil bersel satu yg kebanyakan belum dikenal sang dunia ilmu pengetahuan.




Berikut adalah daftar lima palung terdalam di Dunia :


1. Palung Mariana


Palung Mariana atau Palung Marianas adalah palung yg paling pada yang diketahui, serta lokasi terdalamnya berada pada kerak Bumi. Dia terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepualauan Mariana di 11° 21′ Utara latitude dan 142° 12′ Timur longitude, dekat juga dengan Jepang. 

Palung ini adalah batasan pada mana 2 lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi pada bawah Lempeng Filipina. Dasar berdasarkan palung ini jauh pada bawah permukaan bahari lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest pada atas permukaan bahari.


Baca Juga : Mengenal Ilmu Oceano Grafi


Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.911 meter (35.798 kaki) pada bawah permukaan bahari. Pertama kali diteliti dalam 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yg menaruh nama titik terdalam berdasarkan palung tadi Kedalaman Challenger. 


Menggunakan gema suara, Challenger II mengukur kedalam 5.960 fathom (10.900 m) pada 11° 19′ U, 142° 15′ T. Penyuaraan ini diulang berkali-kali memakai “earphone” untuk mendengar frekuwensi yg balik ketika “stylus” melewati skala kedalaman “graduated”.

2. Palung Tonga


Palung Tonga terletak pada Selatan Samudra Pasifik, Selandia Baru menggunakan kedalaman 10.882 meter (35.702 kaki). Titik terdalamnya dikenal sebagai Deep Horizon. 

Palung ini terletak pada ujung utara zona subduksi Kermadec-Tonga. Zona subduksi ini yang paling aktif di mana Lempeng Pasifik bersubduksi pada bawah Lempeng Tonga dan Lempeng Indo-Australia. 


Palung Tonga memanjang di utara-timur bahari berdasarkan Kepulauan Kermadec utara dari Pulau Utara Selandia Baru. Palung ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari generator radioisotop termoelektrik menurut misi Apollo 13 yg dibatalkan.




3. Palung Filiphina


Palung Filipina (Mindanao Deep) terletak pada sebelah timur Filipina. Memiliki panjang kurang lebih 1.320 km dan lebar sekitar 30 km dari pusat pulau Luzon Filipina membentang hingga ke tenggara pulau Halmahera, Maluku utara pada Indonesia. 


Baca Juga ; Kawasan Konservasi Laut


Titik terdalamnya Galathea, memiliki kedalaman 10.540 meter. Palung Filipina adalah hasil dari gesekan lempeng tektonik Philippine Sea Plate yang bersubduksi di bawah Sabuk Mobile Filipina dengan laju lebih kurang 16 centimeter per tahunnya.


4. Palung Kuril


Palung Palung Kuril memiliki kedalaman maksimum 10.542 meter. Memanjang menurut 3 persimpangan antara Patahan Ulakhan serta ke utara Palung Aleutian sampai ke Palung ke selatan Jepang. Palung ini terbentuk sebagai akibat menurut zona subduksi, dalam akhir zaman Kapur, hingga membentuk Kepulauan Kuril.



5. Palung Kermadec


Palung Kermadec merupakan galat satu menurut palung terdalam Bumi menggunakan capaian kedalaman 10.047 meter (32.963 kaki) di Samudera Pasifik. Dibentuk oleh subduksi berdasarkan Lempeng Pasifik pada bawah Lempeng Indo-Australia.
Sumber : kaskus

Baca Juga ; Peranan Indonesia Sebagai Negara Maritim


Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel