Adhyaksa Dault Lantik MABI dan PIN Saka Pariwisata Tingkat Kwarnas

Kak Adhyaksa Dault, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melantik serta mengkukuhkan Pengurus Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Pariwisata Tingkat Nasional Masa Bakti2018-2019, jumat (4/7) pukul 16.30 WIB di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementrian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
Sesuai Surat Keputusan (SK) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 079 Tahun2019 mengenai Majelis Pembimbing  Satuan Karya Pramuka Pariwisata tingkat Nasional Masa Bakti2018-2019 dan SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 080 Tahun2019 tentang Pimpinan Satuan Karya Pramuka Pariwisata Tingkat Nasional masa bakti2018-2019. Melantik serta mengukuhkan Kak Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI selaku Majelis Pembimbing (Mabi) Saka Pramuka Pariwisata dan Kak Danang Rifki Rachman, Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata selaku kepala Pimpinan Satuan Karya Pramuka Pariwisata Tingkat Nasional Masa Bakti2018-2019.
Hadir sejumlah pimpinan Kwarnas Gerakan Pramuka, antara lain Kak Suriyadi, Waka Bidang Binamuda, Kak Rafli Effendi, Waka Bidang BUMGP, Kak Kodrat Pramudho, Waka Bidang Organisasi dan Hukum, Kak Achmad Rusdi, Waka Bidang Hubungan Luar Negeri, Kak Lidya Freyani Hawadi, Waka Bidang Binawasa,  Kementrian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, serta undangan di lingkungan Kementerian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif RI.
“Betapa pentingnya Pariwisata dan Ekonomi Kreartif  bagi Gerakan Pramuka. Karena zaman era sekarang ini daya saing yg semakin kompetitif saya kira tidak terdapat jalan lain bagi kita buat menggalakkan pariwisata kita dan pula ekonomi kreatif bagi anak-anak belia kita.” Ujar Kak Adhyaksa Dault dalam sambutannya.
“Kami bahagia lantaran hari ini kita sudah melaksanakan peresmian yg aku rasa ini memang telah beberapa kali kita rencanakan dan akhirnya kita mampu laksanakan. Karena kami sangat berharap dan melihat potensi untuk peran menurut pramuka buat memajukan pariwisata juga ekonomi kreatif.” Ujar Marie Elka selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
“Kita pahami bahwa visi kita untuk pariwisata sebetulnya bahasa kerennya yaitu sustainable tourism atau dalam bahasa Indonesia pariwisata yg berkelanjutan. Dan berkelanjutan ialah pada arti lingkungan hayati, social, ekonomi serta budaya.jadi bagaimana kita menjalankan pariwisata yg tidak Mengganggu lingkungan, membahagiakan dan mensejahterakan secara ekonomi menurut rakyat setempat serta tidak menghambat tatanan sosial atau Mengganggu budaya setempat.dan disinilah yang kita harapkan peran dan dari pramuka. Dan tentu sebagi nir lanjut dari MoU antara Kemenparekraf dengan Kwarnas Gerakan Pramuka mengenai peningkatan kemampuan anggota Gerakan Pramuka di bidang Kepariwisataan, maka kita membentuk satuan karya pariwisata yang bertujuan untuk menaikkan kepedulian,kiprah dan partisipasi generasi belia khususnya melalui wadah pramuka yang dapat berperan aktif dalam aktivitas pembanguan pada bidang kepariwisataan.” Pungkasnya.
Seperti kita ketahui Saka ini memilika 3 (3) krida, yakni Krida Pemandu Wisata, Krida Penyuluah pariwisata serta Krida Kuliner Wisata. Dan kita berharap bahwa tentunya akan bisa diciptakan yg lebih poly lagi krida-krida yang lain juga yang belum kita kembangkan merupakan ekonomi kreatif.
Dinas Pariwisata provinsi yg sudah membangun saka pramuka pariwisata yang didukung sang Kwarda dan Kwarcab Gerakan Pramuka diantaranya provinsi Lampung, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Bali, Kalteng, NTT, dan Kalimantan Timur yang diikuti dengan pembentukan Saka Pramuka pada 57 di tingkat Kwarcab (Kab/Kota).

Sumber Berita: www.disbudpar.kaltimprov.go.id

//disbudpar.kaltimprov.go.id/informasi-adhyaksa-dault-lantik-mabi-dan-pin-saka-pariwisata-taraf-kwarnas.html#.U7t7Iwav-kI.facebook#ixzz36wPv9OsO

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel