Aksi Peduli Lingkungan 300 Pramuka Bali Tanam Pohon Bako Berjamaah di Sanur

Denpasar—Sekitar tiga ratus anggota pramuka berdasarkan taraf penggalang, penegak dan pandega melakukan aksi peduli lingkungan pada kurang lebih pantai Mertasari Sanur, Denpasar, Bali (30/1). Datang semenjak pagi pukul 06.00 WITA, para anggota pramuka menurut berbagai gugusdepan di Denpasar itu dengan penuh semangat menanam pohon bako (mangrove) serta membersihkan limbah sampah yang ada pada pantai Mertasari.
“Ini bukti kepedulian Pramuka terhadap lingkungannya. Saya bangga dengan aksi Pramuka Bali ini. Semoga aktivitas misalnya ini sanggup memberi manfaat dan kontinyu,” ujar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, waktu membuka program.
Hadir dalam program “Pramuka Peduli Lingkungan: Tanam Mangrove pada Pantai Mertasari-Sanur” ini, diantaranya, Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta, Ketua Kwartir Daerah Ketut Wija, dan andalan Nasional Kwarnas seperti Olivia Zaliyanti, Adillah Yuswanti, Bayu Tresna, Achmad Mardiyanto, dan Luqman Hakim Arifin.
Menurut Adhyaksa yg jua pribadi turun ke pantai dan menanam mangrove, anggota Pramuka tidak hanya dituntut bisa bisa baris berbaris dan berkemah, akan tetapi pula harus hadir serta berperan pada warga dengan memberikan social impact yang positif serta berguna. Apalagi bagi pramuka Bali.
Adhyaksa beropini, Bali merupakan pintu gerbang destinasi wisata Indonesia. “Orang mampu tahu Bali, tapi nir kenal Indonesia. Ini menampakan jikalau Bali merupakan daerah yang sangat penting bagi Indonesia. “Lalu, apa jadinya jika lingkungan Bali kotor dan tidak teratur? “Saya konfiden rakyat dan pemerintah Bali sanggup menjawab tantangan ini,” tambahnya.
Senada menggunakan Adhyaksa Kwarda Bali, I Ketut Sudikerta, pula menegaskan arti krusial kiprah anggota Pramuka Bali buat mewujudkan lingkungan Bali yang lebih bersih serta hijau. Untuk itu, tidak relatif hanya aparat pemerintah yang menjaga serta membersihkan lingkungan, insan Pramuka pun harus ikut dan.
“Aksi ini pula terkait menggunakan program Bali Clean and Green. Agar Bali bersih dan hijau. Jadi kami akan melanjutkan gerakan ini. Tidak saja di Sanur, akan tetapi pula pada Kuta, Legian dan tempat-loka lain. Semoga momentum ini bisa mengelorakan kegiatan lingkungan berdasarkan Pramuka,” jelasnya. ***
Kak Luqman Hakim Arifin
Andalan Nasiona Kwarnas Gerakan Pramuka







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel