ALAT BANTU PENANGKAPAN GILLNET

Alat Bantu Penangkapan Gill Net - Perangkat dalam penangkapan ikan menggunakan Jaring Insang atau Giilnet sangat poly. Penggunaan Mesin bantu merupakan meringkan pekerjaan nelayan gillnet. Atau menggunakan Kata lain penggunaan pesawat bantu penangkapan bisa memberikan efisiensi dan efekti dalam pengoperasian indera tangkap jaring insang.

Adapun instumen - instrumen alat bantu penangkanan Gillnet antara Lain : Winch, Cone Roler, Kapstan serta Net hauler. Untuk penjelasan mengenai jenis alat bantu tadi bisa di lihat pada bawah Ini.



Alat Bantu Penangkapan Gill Net

1. Winch

Pada Penangkapan Jaring Insang / Gillnet, mesin bantu winch digunakan buat menarik jaring dengan menggulung langsung keseluruhan badan jaring ke dalam drum penggulung kuat hidrolik. 
Penggunaan Hidrolik karena putaran yang pada hasilkan lebih stabil berdasarkan tenaga motor listrik atau diesel. Winch diklaim jua dengan Net drum.

2.cone Roler

Cone roller merupakan alat penarik jaring yg tersusun menurut 2 buah silinder karet yang berputar berlawanan arah, sebagai akibatnya jaring berikut pelampung dan pemberatnya bisa digiling beserta buat menarik ke atas kapal. 

Cone roller digerakkan dengan tenaga hidrolis dengan kecepatan antara 20-60 m/menit. Kecepatan tarik, daya kuda, dan putaran kerja Cone roller sangat tergantung dalam ukuran kapal, jumlah gillnet yang selalu dioperasikan dalam setiap setting, serta kemampuan ekonomi nelayan yang bersangkutan untuk mengadakan alat tersebut.


3. Kapstan

Berdasarkan fungsi kerja, kapstan merupakan mesin bantu yang digunakan untuk beragam keperluan penarikan, seperti menarik tali selambar dalam gillnet. Sedangkan tenaga penggerak yang digunakan untuk memutar sistem kapstan, dalam umumnya kapal nelayan di Indonesia menggunakan tenaga mesin diesel. 

Sebagian akbar mesin bantu penangkapan ikan berupa kapstan eksklusif dihubungkan dengan mesin induk (motor induk/utama penggerak kapal), menggunakan sistem penyambungan/transmisi memakai gardan mobil sebagai transmisi. 

Mesin bantu kapstan dengan sistem transmisi yg demikian sering disebut menggunakan “kapstan-gardan” oleh nelayan.

Net hauler merupakan alat bantu penangkapan ikan dalam kapal gill net yang digunakan untuk penarikan jaring yang telah ditabur di laut, agar jaring lebih ringan ditarik dan mudah ditata kembali di atas geladak. Pada umumnya kecepatan tarik yang dibutuhkan antara 30 m/s – 90 m/s. 

Cara pengoperasian Net hauler merupakan hanya dengan menarik jaring Gill net melalui drum berbentuk konikal dan jaring insang tidak digulung langsung di dalam drum penggulung, 

melainkan bagian jaring yg telah ditarik di belakang Net hauler, lalu diatur buat persiapan penurunan jaring pulang (setting).

Net hauler yang digunakan dalam kapal Gill net dapat dibedakan atas 2 tipe. Pada kapal yang dilengkapi dengan cone roller umumnya dilengkapi pula dengan net hauler tipe memanjang,
ditempatkan di tepi atas pagar kapal dengan tujuan memperingan kerja cone roller dan memudahkan nelayan dalam saat melepaskan ikan yang terjerat mata jaring. Tipe ini lebih dikenal dengan side roller. 

Tipe lainnya yaitu net hauler berbentuk blok (power block), ditempatkan di atas geladak kerja dalam sisi arah hauling, untuk menarik jaring dalam waktu hauling, pemberat, pelampung beserta jaringnya disisipkan dalam blok (roller) yang berputar digerakan dengan tenaga hidrolik. 

Alat ini hanya buat menangkap ikan-ikan tuna mini .


Alat Bantu Penangkapan Gill Net

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel