ALAT TANGKAP BUBU PERANGKAP IKAN

 indera tangkap BUBU- Bubuadalah salah satu jenis alat penangkap ikan yang dioperasikan secara pasif didasar perairan. Bentuk bubu sangat beranekaragam, terdapat yangberbentuk segi empat, trapesium,silinder, lonjong, bulat setengahlingkaran, persegi panjang serta bentuk lain. Bubudilengkapi menggunakan pintu masuk (injab). 

Pintu ini dikontruksi sedemikian rupa supaya Ikan, Udang, atau Rajungan bisa leluasamasuk ke pada bubu, namun sulit meloloskan diri keluar dari dalam Bubu(Martasuganda, 2008).

Bubupada umumnya berukuran tidak terlalu besar . Dibandingkan dengan alat yangsejenis indera bubu bisa lebih mudah dipindahkan berdasarkan satu tempat penangkapan kedaerah penangkapan lain, sehingga bubu merupakan suatu jenis bangunanpenjebak/perangkap yang dapat dijadikan menjadi alat sampingan. Berguna untukmenambah/menaikkan output pendapatan nelayan bersangkutan (Mulyadi, 2000).

Alat Tangkap Bubu

Klasifikasi alat tangkap bubu

MenurutBrandt (1984), bubu diklasifikasikan ke pada traps. Perangkap (traps)dan penghadang tadi adalah semua alat penangkap yang berupa jebakan. Alatpenangkap ini sifatnya pasif dibentuk berdasarkan anyaman bamboo (bamboos netting), anyaman rotan (rottan netting), anyaman dawai (wirenetting, chicken wire), kere bamboo (bamboosscreen), misalnya bubu (fish pot ataufyke), sero (guiding barrier, stake traps), lain-lainnya (subani serta barus,1989).

MenurutDulgofar (2000), bubu yang dipakai sang para nelayan dapat diklasifikasikanberdasarkan bentuk atau target indera tangkap ini, yaitu :
1.klasifikasi berdasarkan bentuk bubu
a.bubu berbentu kerucut terpotong
Bentuk bubu misalnya ini lebih stabil didasar laut. Jenis bubu ini umumnya di gunakan buat mengkap kepiting atauudang. Jika dipergunakan untuk menangkap kepiting, pintu masuk (injab) bubu ini dipasang dalam bagianatas, sedangkan jika dipergunakan buat menangkap udang, pintu masuknyadipasang dalam bagian samping.

b.bubu berbentuk pyramid terpotong
Jenisbubu ini bisa dipakai buat menangkap ikan atau aneka macam jenis lobster;
c. Bububerbentuk silinder
Bububerbentuk silinder umumnya dipakai buat menangkap ikan demersal, sepertiKakap, Kurisi, Kerpu, serta lain-lainnya;
d.bubu berbentuk semi silinder
Bububerbentuk semi silinder umumnya dipakai buat menangkap udang karang ataulobster; dan
e.bubu berbentuk kotak
Bububerbentuk kotak umumnya digunakan buat menangkap ikan atau kepiting.
2.klasifikasi bubu berdasarkan sasarantangkapan
a. Bubukepiting;
b. Bubu udang;
c. Bubu lobster;
d. Bubu ikan;
e. Bubucumi-cumi;
f. Bubu kerang;

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel