ALAT TANGKAP IKAN GILLNET

Alat Tangkap GillNet - Gill net sering diartikan menggunakan “jaring ingsang” penggunaaan nama gill net berdasarkan dalam pemikiran bahwa sasaran ikan-ikan yang tertangkap “gill net” terjerat di lebih kurang oper culumnya dalam mata jaring. 

Klasifikasi Penamaan Di Indonesia tidak selaras beda, penamaan gill net ini beraneka ragam, terdapat yg menyebutnya berdasarkan jenis ikan yang tertangkap (jarring koro, jarring udang, serta sebagainya), ada jua yg disertai menggunakan nama loka (jarring udang bayeman), dan sebagainya (Ayodya, 1981 : 51).

Gill net lebih populer menggunakan jaring insang karena yang sebagai target penangkapan ikan merupakan pada jerat dalam insangnya. 

Sebab insang dapat terjerat (gilled) pada mata jaring waktu ikan menerobos jaring supaya ikan mau menerobos jaring, jaring yang dipakai menurut nilon sebagai akibatnya ikan tidak dapat melihatnya. Walaupun secara perkembangannya buat penggunaan bahan kini sudah lebih poly variasi nya dan jenisnya.

Alat Tangkap GillNet 

Jaring insang pada biasanya atau biasanya berbentuk empat persegi panjang. Ukuran mata jaring (mesh size) seluruh bagian jaring adalah sama satu ukuran. 

Ukuran mata jaring yg dipakai diadaptasi dengan jenis dan berukuran ikan yang menjadi sasaran tangkapan. Jadi sebelum menciptakan jaring Gillnet , Target ikan harus pada tentukan terlebih dahulu

Penggolongan serta Klasifikasi Gillnet.


Klasifikasi jaring insang menurut Internasional Standart Clasification of Fishing Gear memakai singkatan serta berkode ISCFG 07.1.0. (FAO,1971).

 penjabaran jaring insang berdasarkan metode pengoperasian yaitu dengan cara dibiarkan hanyut di perairan.

- Jaring insang yg dihanyutkan di bagian permukaan diklaim menggunakan jaring insang hanyut bagian atas (surface drift gillnet), 

- yang dihanyutkan pada kolam perairan diklaim jaring insang hanyut kolam perairan (mid water / Submerged drift gillnet) 

- dihanyutkan pada dasar perairan diklaim menggunakan jaring insang hanyut dasar (bottom drift gillnet).

mengelompokkan gillnet ke dalam empat Pengoperasian pada bedakan menggunakan 4 gerombolan besar , menjadi berikut :

1.  Berdasarkan letak indera pada perairan, gillnet dikelompokkan menjadi gillnet bagian atas (surface gillnet), gill net pertengahan (midwater gillnet) dan gillnet dasar (bottom gillnet).

2. Berdasarkan kedudukan alat saat dipasang, gillnet dikelompokkan menjadi gillnet hanyut serta gillnet tetap.

2. Berdasarkan bentuk alat saat operasi, gillnet dikelompokkan menjadi gillnet melingkar (encircling gillnet) dan gillnet mendatar (drift gillnet).

3. Berdasarkan jumlah lembaran, gillnet dikelompokkan sebagai gillnet rangkap (trammelnet) dan gillnet tunggal.

Konstruksi jaring insang  ( Gillnet )terdiri dari:


- Badan jaring (webbing).

- Tali ris atas.

- Tali ris bawah.

- Pelampung.

- Pemberat.

- Tali slambar (tali penghubung antar pis.

Selektifitas Jaring Gillnet

Jaring insang termasuk kelompok alat penangkap yg selektif, berukuran serta target minimum ikan yg menjadi  tangkapan dapat diatur dengan cara mengatur berukuran mata jaring yang dipakai. 

Dalam penangkapan ikan, sasaran ikan berdasarkan besaran mata jaring. Jadi Ikan yg lebih mini berdasarkan mata jaring gillnet nir akan tertangkap,

Ikan-ikan yang sesuai dengan mata jaring yang menabrak jaring. Ukurannya mata jaring dan bukaannya sangat ditentukan  pengaturan antara pelampung serta pemberat. 

Metode Pengoperasian Gillnet

Metode pengoperasian berdasarkan jaring insang pada biasanya dilakukan dengan teknik atau secara pasif, namun terdapat pula yang dioperasikan secara semi aktif atau dioperasikan secara aktif. 

walaupun dalam waktu ini metode penangkapan ikan terus berkembang. Seperti Hanya Jaring Ciker yang di opersikan aktif untuk menangkap Udang.

Untuk jenis jaring yang dioperasikan secara pasif umumnya dilakukan pada malam hari, baik itu dioperasikan dgn indera bantu cahaya atau tidak memakai alat bantu cahaya menggunakan cara dipasang di perairan / daerah penangkapan yg diperkirakan akan dilalui oleh ikan atau hewan air lainnya, lalu dibiarkan untuk beberapa lama supaya ikan mau memasuki mata jaring. 

Alat bantu Gillnet yang lain yaitu adanya net hauler buat membantu menarik jaring. Dan Masih poly yg Lainnya.

Lamanya pemasangan jaring insang di wilayah penangkapan diadaptasi menggunakan jenis ikan yg akan dijadikan target tangkapan atau dari kebiasaan nelayan yang mengoperasikannya.

Untuk jaring insang yang dioperasikan secara semi aktif atau yg dioperasikan secara aktif, pemasangan jaring di daerah penangkapan umumnya dilakukan dalam siang hari yaitu dengan mengaktifkan jaring agar ikan tertangkap atau menggunakan kata lain tidak menunggu supaya ikan memasuki mata jaring.

Untuk Cara Menggunakan Alat Tangkap Gill Net Bisa lebih lengkap ada di link tersebut

Cara Merakit Gill Net

Setelah Kita mengeetahui bagaimana menggunakan , Kini kita pula wajib memahami bagaimana cara merakit Gillnet. Pengetahuan Cara merakit Gillnet bertujuan agar pada pengoperasina Gillnet tidak terjadi trouble atau masalah.

Sekian dulu semoga gambaran umum mengenai alat tangkap gillnet bisa bermanfaat



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel