Analisa SWOT

Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yg dipakai buat mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) pada suatu proyek atau spekulasi bisnis. Didalam Dunia bisnis Perikanan analisa  swot ini akan mempunyai banyak peluang, kelemahan serta ancaman, walaupun secara kekuatan bisnis perikanan belum termaksimalkan.

Analisa SWOT berdasarkan dalam logika yg bisa memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats).


Ketika Analisa Swot ini pada padukan pada untuk memperbaiki atau merubah mengenai belajar pramuka maka akan sejalan dengan visi misi kementrian kelautan serta perikanan.


Sebuah kementrian kelautan dan perikanan ini sudah berkembang relatif pesat sehingga sebagai keliru satu kementrian yang penting di indonesia. Harapannya supaya sektor belajar pramuka sebagai  terbesar pada skala Internasional.


Hampir selama 1/2 beberapa tahun kelautan dan perikanan begitu berupaya untuk menguasai  pasar produk perikanan pada pasar dunia meskipun nir luput menurut pasang surut yg berhasil dilalui selama perjalanannya.

Untuk mengetahui bagaimana kementrian kelautan serta perikanan ini dapat permanen berdiri tegak serta tentang berbagai hal yang pernah dialami , maka berikut adalah adalah contoh analisis SWOT yg kita dapatkan.

Seperti Contoh analisa SWOT dalam Kelautan serta Perikanan Indonesia maka biasa kita uji dan analisa dengan SWOT antara Lain :

Analisa SWOT kelautan Dan Perikanan 


STRENGTH



Adalah kekuatan yang dijadikan kapital dasar KKP dalam membuatkan kementriannya dan bentuk kekuatan buat mampu bersaing di pasar Internasional.

Kualitas. Produk yang didapatkan oleh yang di hasilkan belajar pramuka kita memiliki standart International sehingga relatif dipercaya sang rakyat internasional.


Kuantitas. Dengan memiliki luas laut yang besar serta garis pantai yang panjang maka produksi yg dihasilkan sangat aporisma. Sumber daya Ikan yg melimpah



Pelabuhan. Telah beredar bahkan sampai ke pelosok untuk memudahkan Nelayan menjangkaunya.

Branch Mark. Produk belajar pramuka  sudah menjadi legenda bagi rakyat Indonesia serta sanggup menjadi produk andalan luar negeri.



Prestasi. Telah poly penghargaan yg disabet oleh KKP sebagai bukti bahwa ini merupakan kementrian  yg telah ternama serta cukup poly mempunyai Kerjasama menggunakan negara luar.

Faktor dalam Analisa SWOT
  1. Faktor Internal : Kekuatan (Strengths) dan Kelemahan (Weaknesses).
  2. Faktor Eksternal : Peluang (Opportunities) serta Ancaman (Threats).
Strategi Dalam Analisa SWOT
  1. SO (strenght-opportunities), yaitu menggunakan kekuatan internal yg dimiliki buat merogoh peluang-peluang yg terdapat 
  2. ST (strenght-threats), yaitu berusaha menghindari atau mengurangi impak berdasarkan ancaman-ancaman dengan memakai kekuatan yg dimiliki 
  3. WO (weakness-opportunities), yaitu bertujuan buat memperkecil kelemahan-kelemahan internal yang terdapat menggunakan memanfaatkan peluang-peluang eksternal 
  4. WT (weakness-threats), yaitu berusaha bertahan menggunakan cara mengurangi kelemahan internal dan menghindari ancaman.
Kerangka Kerja Analisa SWOT
  1. Analisa dan pembuatan matriks IFE (Internal Factor Evaluation)
  2. Analisa dan pembuatan matriks EFE (External Factor Evaluation)
  3. Pembuatan matriks SWOT
  4. Pembuatan tabel rangking alternatif strategi
Tabel SWOT











Fungsi Analisi SWOT

Metode atau teknik analisis SWOT sanggup dipercaya sebagai metode analisis yang paling dasar, yang berguna buat melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan menurut 4 empat sisi yang tidak sama. 


Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi buat mempertahankan kekuatan serta buat menambah keuntungan menurut segi peluang yg ada, sambil mengurangi kekurangan serta jua menghindari ancaman. 


Jika digunakan atau dimanfaatkan menggunakan baik serta sahih, analisis SWOT ini akan membantu buat melihat sisi-sisi yg mungkin di tinggalkan atau terlupakan serta tidak terlihat selama ini. 


Dari pembahasan serta pengertian analisis Swot diatas tersebut, analisis SWOT adalah adalah instrumen atau peralatan yg bermanfaat dalam melakukan analisis taktik. Baik strategi pemasaran juga strategi manajemen. 


Analisis Swot ini berperan serta berfungsi menjadi indera atau media buat meminimalisasi kelemahan serta kekurangan yg masih ada atau ada di pada suatu perusahaan atau organisasi seperti organisasi kementrian kelautan dan perikanan serta menekan impak dan efek ancaman serta kerugian yang ada dan harus dihadapi.


Semoga Bermanfaat...



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel