APA ITU MANGROVE

Asal istilah “mangrove” nir diketahui secara kentara serta masih ada banyak sekali pendapat tentang asal-usul ucapnya. Macnae (1968) menyebutkan istilah mangrove merupakan kumpulan antara bahasa Portugis mangue serta bahasa Inggris grove.
Sementara itu, menurut Mastaller (1997) istilah mangrove dari menurut bahasa Melayu kuno mangi-mangi yang digunakan buat memberitahuakn marga Avicennia serta masih digunakan hingga ketika ini pada Indonesia bagian timur.

APA ITU MANGROVE?


Beberapa ahli mendefinisikan istilah “mangrove” secara bhineka, namun dalam dasarnya merujuk pada hal yg sama. Tomlinson (1986) dan Wightman (1989) mendefinisikan mangrove baik sebagai flora yang terdapat pada daerah pasang surut juga sebagai komunitas. 

Mangrove jua didefinisikan menjadi deretan tanaman wilayah litoral yg spesial pada pantai wilayah tropis serta sub tropis yang terlindung (Saenger, dkk, 1983). 


Sementara itu Soerianegara (1987) mendefinisikan hutan mangrove sebagai hutan yg terutama tumbuh pada tanah lumpur aluvial di daerah pantai serta muara sungai yg ditentukan pasang surut air bahari, serta terdiri atas jenis-jenis pohon
Aicennia, Sonneratia, Rhizophora, Bruguiera, Ceriops, Lumnitzera, Excoecaria, Xylocarpus, Aegiceras, Scyphyphora dan Nypa.

Sumber : Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia.

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel