ASALUSUL NAMA SANGGA PENEGAK

Sangga merupakan sebuah pertanda pasukan pada pramuka tingkat penegak,yang terdiri berdasarkan lima sangga.
yaitu perintis, pencoba, penegas, pendobrak dan pelaksana.

nama-nama berdasarkan sangga tersebut bukan hanya sebuah nama,namun ada sejarahnya.
nama-nama tadi diambil berdasarkan sejarah dan insiden penting bangsa indonesia.
berikut adalah sejarah dan urutan sangga :
1. Perintis
nama sangga pioner diambil menurut peristiwa sebelum tahun 1908, yaitu waktu dimana bangsa indonesia masih pada masa penjajahan,serta bangsa indonesia mulai merintis serta menyatukan kekuatan buat berjuang buat melawan para penjajah.
2. Pencoba
nama sangga pencoba diambil berdasarkan peristiwa dalam tahun 1908 tepatnya pada tanggal 20 mei,
tahu kan hari apa? Sahih sekali,dalam lepas ini telah terjadi insiden kebangkitan nasional.
Kebangkitan nasional adalah masa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah ada selama penjajahan 350 tahun. Masa ini ditandai dengan insiden penting, yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908).
3. Penegas
sangga penegas diambil dari insiden yang terjadi dalam tahun 1928,yakni dalam peristiwa sumpah pemuda pada lepas 28 oktober waktu kongres pemuda II.dalam ketika inilah bangsa indonesia mulai menyatukan para pemuda diseluruh daerah pada indonesia buat berjuang serta berdiri dari ketertindasan.
4.pendobrak
nama pendobrak diambil buat mengingat kita akan usaha para pahlawan yang telah berjuang baik dengan kekuatan fisik maupun yang telah memproklamasikan kemerdekaan indonesia.karena berkat perjuangan para pahlawan inilah kita bisa menikmati kemerdekaan sampai ketika ini.
5. Pelaksana
yang terakhir adalah sangga pelaksana,sangga pelaksana mengingatkan kita dalam peristiwa selesainya tahun 1945 sampai kini ,ketika indonesia masuk dalam masa pembangunan,sangga ini juga mengingatkan kita buat mengisi kemerdekaan,agar usaha para pahlawan tidak sia-sia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel