BAHAN ALAT PENANGKAP IKAN DARI SERAT ALAMI HEWANI

Bahan Alat Penangkap Ikan Dari Serat Alami Hewani - Serat hewani (Animalfiber) umumnya sebagian akbar  terdiri  menurut  protein, yang  secara   langsung dapat dipakai merupakan sutra (silk), bulu (hair/fur) atau dikenal dengan nama wool. Serat hewani yang generik diggunakan merupakan yang dari dari bulu.

BAHAN ALAT PENANGKAP IKAN DARI SERAT ALAMI HEWANI

SERAT ALAMI HEWANI

1. Serat sutra

Serat Sutra merupakan sarat alami hewani yg di dapatkan dari hewan ulat. Dan lantaran berasal dari ulat bernama sutra maka benang atau seratnya di namakan serat sutra. 

Jenis Serat sutra adalah galat satu bahanb indera penangkap ikan menurut serat alami hewani yg mungkin jarang pada pakai buat kepentingan menangkap ikan. Mengingat mahalnya harga berdasarkan serat alami menurut serat sutra.

Untuk ciri jenis serat sutra merupakan salah satu serat alami hewani yang terkuat di dunia, bahkan kekuatannnya melebih baja serta besi bila menggunakan tebal yg sama. Untuk kadar kekuatannya, 

Serat sutra bila Dalam keadaan kemarau kekuatan serat sutera 4 – 4.5 g/denier dengan mulur 20 – 25 % serta sedangkan serat sutra dalam keadaan basah kekuatannya tiga.lima – 4.0 g/denier menggunakan mulur 25 – 30 %. 


Serat sutera dapat balik kepanjang semula sehabis mulur 4%, tetapi jika mulurnya lebih dari 4 % pemulihannya lambat dan nir pulang kepanjang semula.

kandungan Moiture regain dalam serat sutera mentah 11%, namun selesainya dihilangkan atau di kurangi serisinnya menjadi 10%. 

Sifat spesifik berdasarkan sutera adalah suara gemerisik (scroop) yang muncul apabila serat saling bergeseran. Berat jenis sutera mentah 1.33 serta sutera yg sudah dihilangkan serisinnya 1.25 g/mL

2. Serat wol.


Serat alami hewani yang lkain adalah serat wol. Serat wol ini relatif murah di banding kan dengan serat sutra. Karena jenis serat alami hewani ini pada dapat berdasarkan rambut fauna terutama domba dan kambing. 

Untuk jenis serat alami hewani Serat wol, serat ini tumbuh dari kulit domba serta adalah serat yg relatif kasar serta berkerut menggunakan sisik dalam permukaannya. Kelebihannya murah dan Serat wol terdiri dari protein. 

Tampilan serat bervariasi tergantung dalam jenis domba. Serat yang lebih halus, lebih lembut dan lebih hangat cenderung memiliki lebih banyak sisik serta lebih halus. Serat yg lebih tebal dan kurang hangat mempunyai lebih sedikit sisik serta kasar. 


Pada biasanya kualitas dari serat wol yang lebih baik dimana  mempunyai karakteristik dengan sisik yg lebih halus serta tampak kusam daripada kualitas serat wol yang berkualitas jelek dimana nampak cerah yang memiliki lebih sedikit sisik.`

Karakteristik Serat alami hewani


Tampak berkerut

Elastis

Higroskopis, gampang menyerap kelembaban

Menyatu pada suhu lebih tinggi daripada kapas

Tingkat penyebaran api, divestasi panas dan panas pembakaran lebih rendah

Tahan terhadap listrik statis

Berbeda menggunakan serat Buatan


Sumber : Materi Bahan Alat Tangkap Ikan, Yusrizal

 Artikel terkait Bahan Alat Penangkap Ikan Dari Serat Alami Mineral

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel