Bupati Labuhanbatu Buka Kegiatan Raimuna Cabang Pramuka

RANTAUPRAPAT – 27 Desember 2011,  Bupati Dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Labuhanbatu membuka secara resmi program Raimuna Cabang bagi Pramuka Penegak serta Pandega pada lapangan bola kaki Kompi 125/KC Rantauprapat, Selasa (27/12).

Raimuna yg asal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, Kabupaten Yapen Waropen Papua, terdiri berdasarkan 2 suku istilah yakni Raid an Muna. Rai berarti sekelompok orang yg berkumpul buat mencapai tujuan tertentu yg ditetapkan bersama. Sedangkan Muna adalah daya kekuatan jiwa yang berpengaruh baik pada mencapai kesuksesan. Jadi, Raimuna adalah sekelompok orang yg hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh daya kekuatan yang selalu member semangat tinggi pada mencapai tujuan.

Dalam pidato arahannya, Bupati Tigor Panusunan Siregar mengatakan, aktivitas Raimuna Cabang Tahun 2011 yang diikuti anggota Pramuka penegak/pandega menurut Labuhanbatu, Labura serta Labusel merupakan kegiatan yang positif bagi generasi belia.

Pada Raimuna ini, kata Tigor, adik-saudara termuda penegak dan pandega akan disuguhi banyak sekali kegiatan yg menarik serta menantang misalnya Giat Prestasi, Observasi, aneka permainan, penghijauan, ceramah Narkoba, penanggulangan bala serta pentas seni yang semuanya itu sebagai pengalaman berharga buat bekal perjalan hayati kalian sesudah dewasa nanti.

Gerakan Pramuka juga merupakan keliru satu aktivitas buat memupuk rasa cinta tanah air dan bela Negara. “Kalau keuangan Negara memungkinkan Negara kita telah melaksanakan wajib militer, tetapi lantaran keuangan negara terbatas maka kita mensiasatinya dengan melakukan pelatihan melalui Gerakan Pramuka dengan menaruh pendidikan berkarakter kebangsaan kepada generasi belia yg tergabung di dalamnya”, istilah Tigor.

Pada kesempatan itu Tigor secara spesifik meminta pada para penegak serta pandega buat senantiasa menjaga kondisi kesehatan, lantaran dalam aktivitas pada alam terbuka misalnya Raimuna ini syarat kesehatan wajib terjaga dengan baik.

Ketua Panitia Pelaksana Raimuna Cabang Tahun 2011 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu yg jua Kepala Dinas Pendidikan Drs Iskandar dalam laporannya mengungkapkan, jumlah peserta dalam kegiatan Raimuna itu sebanyak 713 orang yg terdiri menurut peserta putra 307 orang, putri 356 orang, pembina pendamping 22 orang putra dan 28 putri.

Iskandar berkata, tujuan dilaksanakannya Raimuna itu merupakan buat menaruh wawasan dan pengalaman anggota Pramuka Penegak serta Pandega dalam hal keterampilan dan menumbuhkan kesadaran disiplin hidup sehat serta menjaga lingkungan.

Raimuna yg berlangsung selama 4 hari menurut lepas 27-30 Desember 2011 itu dilaksanakan pada komplek Gedung Olah Raga Rantauprapat, sementara acara pembukaan dan penutupan dilaksanakan di lapangan Kompi Senapan C 126/KC Rantauprapat.

Selesai upacara pembukaan Bupati dan Unsur Muspida lainnya melakukan peninjauan ke lokasi perkemahan Raimuna. Pada peninjauan secara khusus Bupati menaruh tips kepada adik-saudara termuda penegak dan pandega dalam menjaga kebugaran tubuh, misalnya minum Oralit terselesaikan berolah raga.

Hadir pada acara itu para Unsur Pimpinan Daerah, Bupati Labura yg diwakili sang Sekdakab H Amran Matondang SH MHum, Wakil Bupati yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Labuhanbatu, para kepala SKPD dan undangan lainnya. 


(Sumber Berita:  //labuhanbatukab.go.id - //pramuka.or.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel