Cara dan Syarat Mengikuti Raimuna Nasional 2019

Bagaimana cara mengikuti Raimuna Nasional2019? Apa saja kondisi supaya bisa mengikuti Raimuna Nasional XI? Dua pertanyaan mengenai cara serta kondisi mengikuti Rainas ini menjadi pertanyaan bagi sebagian pramuka penegak dan pandega. Sebagai pertemuan paling akbar bagi pramuka penegak serta pandega di seluruh Indonesia, tidak mengherankan jika setiap pramuka penegak dan pramuka pandega berharap bisa mengikuti kegiatan tadi. Raimuna Nasional XI Tahun2019, sebagaimana raimuna-raimuna sebelumnya, telah menjadi magnet tersendiri bagi setiap pramuka.
Karena itu, kali ini Blog Pramukaria akan mengulas rapikan cara serta syarat yg wajib dipenuhi agar seorang pramuka penegak dan pandega dapat mengikuti Raimuna Nasional yang digelar 5 tahun sekali ini.
Raimuna Nasional merupakan rendezvous pramuka penegak serta pramuka pandega pada bentuk perkemahan akbar taraf nasional. Pesertanya merupakan pramuka penegak serta pandega utusan berdasarkan setiap kwartir cabang dan kwartir wilayah se-Indonesia. Raimuna Nasional2019 akan diselenggarakan pada tanggal 13 s.D 21 Agustus2019 pada Bumi Perkemahan serta Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, DKI Jakarta.


Berikut cara dan kondisi mengikuti Raimuna Nasional XI2019

1. Peserta Raimuna Nasional2019


Komposisi peserta Raimuna Nasional2019 terdiri atas:
  1. Peserta utusan Kwartir Cabang
    Setiap Kwartir Cabang berhak buat mengirimkan dua umpi putra dan dua umpi putri. Masing-masing umpi beranggotakan 6 orang pramuka penegak serta pandega. Umpi adalah satuan terkecil (seperti regu dan sangga) yg beranggotakan campuran antara pramuka penegak serta pandega. Jadi setiap Kwartir Cabang berhak buat mengirimkan aporisma 24 anggota pramuka penegak serta pandega menjadi peserta Raimuna Nasional2019.
  2. Peserta utusan KBRI
    Gugusdepan yang berpangkalan di KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) mampu mengikutkan pramuka penegak serta pandega anggotanya menjadi peserta Raimuna Nasional2019. Kuota buat utusan KBRI merupakan 200 orang.

2. Persyaratan Peserta Raimuna Nasional2019


Untuk dapat mengikuti Raimuna Nasional2019, seorang anggota pramuka penegak serta pandega harus memenuhi beberapa syarat-kondisi yang sudah ditetapkan sang Kwarnas Gerakan Pramuka. Syarat tadi merupakan sebagai berikut:
  • Syarat Umum
  1. Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega yang aktif di gugusdepan, umumnya dibuktikan dengan Surat Keterangan atau Surat Pengantar berdasarkan gugusdepan.
  2. Bagi pramuka penegak, sudah merampungkan SKU Pramuka Penegak Laksana serta Pramuka Garuda.
  3. Bagi pramuka pandega, sudah menuntaskan SKU Penegak serta Pramuka Garuda.
  4. Berusia 17 - 24 tahun.
  5. Sehat jasmani serta rohani, umumnya dibuktikan dengan Surat Sehat menurut dokter.
  6. Sanggup mentaati anggaran pada Raimuna Nasional2019.
Syarat Administrasi
  1. Memiliki Kartu indikasi Anggota (KTA) Pramuka.
  2. Memiliki Kartu Asuransi Kecelakaan diri/jiwa yg masih berlaku.
  3. Mengisi formulir registrasi via online dengan menyertakan hasil scan KTA, Kartu Ansuransi Jiwa, Surat Keterangan Sehat berdasarkan dokter, serta Pas Foto.
  4. Mengisi formulir aktivitas pilihan.
  5. Melampirkan surat mandat menurut Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang.
  6. Melampirkan surat liputan sehat berdasarkan dokter.
  7. Menyerahkan Pas Photo uk. 4 x 6 sebanyak 2 (dua) lembar.
  8. Membayar biaya aktivitas sebesar Rp 650.000,-/orang. Biaya ini buat KIT peserta (kaos, scarf, topi, tas daypack, id card, dan buku panduan), paket wisata, kegiatan subcamp, dan konsumsi natuna selama aktivitas.

Keterangan:

Syarat-kondisi generik sebagaimana tadi pada atas umumnya wajib sudah dilengkapi saat calon peserta mengikuti seleksi pada taraf kwartir cabang. Sedangkan buat kondisi-kondisi administrasi umumnya peserta akan dibantu sang masing-masing kwartir cabang buat memenuhinya.

Di setiap kwartir cabang mampu jadi menetapkan persyaratan yg sedikit berbeda. Karena itu silakan hubungi kwartir cabang atau Dewan Kerja Cabang pada kabupaten/kota masing-masing.
Terkait menggunakan syarat telah merampungkan Pramuka Garuda, bagi yang belum, jangan terlalu berkecil hati. Cari berita terlebih dahulu di kwarcab masing-masing. Bisa jadi kwarcab tetap memberi kesempatan bagi yg belum menyelesaikan pramuka garuda, tentu menggunakan catatan calon peserta bersedia buat menyelesaikan dan mencapainya sebelum hari H aplikasi Raimuna Nasional.

3. Tata Cara Mengikuti Raimuna Nasional


Secara umum, setiap kwartir cabang akan menyelenggakan tahapan seleksi calon peserta serta pembekalan/ pemantapan materi peserta Raimuna Nasional sebelum mengirim kontingennya ke Raimuna Nasional.

Seleksi Calon Peserta Raimuna Nasional2019
  1. Seleksi Peserta Raimuna Nasional dilaksanakan oleh Kwartir Cabang atau Dewan Kerja Cabang di kabupaten/kota masing-masing.
  2. Waktu aplikasi seleksi tergantung masing-masing Kwarcab, tetapi umumnya dilaksanakan beberapa bulan sebelum pelaksanaan Raimuna Nasional.
  3. Syarat serta ketentuan buat dapat mengikuti seleksi tergantung masing-masing Kwarcab namun permanen berpedoman pada Syarat Umum dan Administrasi Peserta Raimuna Nasional yg telah ditetapkan sang Kwarnas Gerakan Pramuka.
  4. Materi seleksi seputar pengetahuan generik kepramukaan, PBB, scoting skill, serta lain-lain yg umumnya dilaksanakn secara tertulis dan wawancara.

Pembekalan serta Pemantapan Materi

Setelah lolos dalam seleksi calon peserta Raimuna Nasional akan mengikuti pembekalan dan pemantapan materi yang dilaksanakan sang Kwartir Cabang. Waktu dan usang pembekalan materi tentu tergantung kebutuhan masing-masing kwartir cabang. Bisa beberapa minggu hingga beberapa bulan.

4. Hubungi DKC atau Kwarcab


Untuk memastikan berapa umpi serta berapa poly penegak dan pandega yg dikirim oleh kwartir cabang masing-masing untuk mengikuti Raimuna Nasional2019, silakan hubungi kwarcab dan DKC (Dewan Kerja Cabang) masing-masing. Pun buat mengetahui persyaratan lebih lengkap, dan kapan waktu diselenggarakannya seleksi calon peserta Raimuna Nasional2019.
Untuk semua pramuka penegak serta pandega se-Indonesia, jangan hingga ketinggalan. Manfaatkan kesempatan untuk mengikuti aktivitas paling besar 5 tahun sekali ini!

Dan terkait berbagai kondisi dan rapikan cara buat mengikuti Raimuna Nasional2019 tadi buat memastikan bahwa peserta Raimuna Nasional2019 memang benar-sahih pramuka penegak dan pandega terbaik serta paling pantas buat mewakili kwartir cabang masing-masing.
Akhirnya, selamat ber-raimuna dan sukses rainas2019!

Sumber:
//pramukaria.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel