Cara Membuat Proposal Kegiatan Yang Baik dan Benar



Cara Membuat Proposal bisa dibilang susah-susah gampang sebab proposal dibuat tidak hanya memperhatikan sistematika, tata bahasa serta EYD saja tapi soal bagaimana kita menuangkan perencanaan serta sasaran menurut apa yang akan kita lakukan ke dalam lembaran-lembaran kertas yg disebut proposal.
Sebelum membahas lebih jauh soal bagaimana membuat proposal yang baik serta benar, kita perlu tau apa itu proposal ? Dan Apa pengertian proposal ?

Apa Itu Proposal ?

Secara harfiah, proposal diambil dari bahasa inggris "propose" yg mempunyai arti "tujuan" dan praktiknya sanggup berarti "penawaran", "pengajuan" atau "permohonan". Lalu apa yg diajukan? Yang diajukan merupakan sebuah ilham, gagasan, rencana, kepada pihak lain untuk menerima dukungan dan bantuan.

Pengertian Proposal

Meski secara harfiah sudah bisa disimpulkan apa pengertian proposal permanen saja kita memerlukan padangan para pakar, karena apa yang kita simpulkan terkadang tidak sinkron menggunakan yg orang lain simpulkan. Buktinya banyak pengertian yg timbul berdasarkan para ahli bahasa hingga management yang menyimpulkan pengertian proposal menjadi berikut :

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

 #Pengertian Proposal Menurut KBBI (2002) adalah planning yg dituangkan pada bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yg dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian pada lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research). Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap manusia berpendidikan supaya mereka terbiasa berpikir sistematis-logis sebagaimana di pada langkah-langkah penulisan proposal.
#Proposal berdasarkan Jay (2006 : 1) proposal merupakan indera bantu manajemen baku agar menajemen bisa berfungsi secara efisien.
#Proposal menurut Hasnun Anwar (2004 : 73) proposal adalah : planning yang disusun buat kegiatan eksklusif.
Sampai disini kita telah mempunyai gambaran mengenai Apa itu Proposal berituk Pengertiannya. Berikutnya kita wajib   mengerti apa saja jenis proposal, hal ini berkaitan dengan bagaimana nanti kita membuatnya.
Baca Juga :

Jenis-Jenis Proposal

- Proposal Bisnis
Proposal bisnis adalah proposal yang ditujukan buat pembangunan usaha misalnya proposal kerjasama.

 - ‎Proposal Proyek
Proposal proyek adalah proposal yg ditujukan untuk pengadaan suatu proyek seperti pembagunan gedung, jembatan dan lain-lain.
 - ‎Proposal Penelitian
Proposal penelitian merupakan proposal yang biasa dipakai mana kala akan melakukan penelitian, biasanya digunakan oleh para akademisi.
 - ‎Proposal Kegiatan
Proposal kegiatan merupakan proposal yang sering dipakai buat mengadakan kegiatan seperti aktivitas 17 Agustus.
Dari 4 macam jenis proposal di atas perlu kita pahami beserta bahwa proposal adalah keliru satu alat yang akan membantu kita menerima bantuan dana, peralatan, alat, perijinan atau infrastruktur lain yang kita butuhkan.

Cara Membuat Proposal Yang Benar

Dalam membuat proposal yang baik serta sahih kita perlu memperhatikan hal-hal berikut:

Format proposal

Format proposal adalah bagian dari estetika berdasarkan menulis proposal. Format proposal ini mencakup :
- Ukuran Kertas A4
- ‎Dengan pengaturan Margin Top 4, Left 4, Right tiga serta Bottom 3.
- ‎Font Arial 11 pt atau Times new roman 12
- ‎Jarak antar baris 1,lima pt
Itu secara umum.

Kerangka Proposal

Dalam Proposal masih ada poin-poin yang krusial serta perlu buat disampaikan kepada pihak lain agar mereka mengetahui apa maksud dan tujuan kita. Biar lebih gampang kita akan merogoh model kerangka proposal aktivitas.
 - Latar Belakang
Latar belakang merupakan bagian krusial dimana kita harus menyampikan masalah atau alasan apa yang mengakibatkan aktivitas ini pantas buat dilaksanakan.
Sebagai model kita akan mengadakan aktivitas perlombaan 17 agustus. Maka perlu kita sampai bahwa "aktivitas perlombaan ini adalah salah satu bentuk kegembiraan serta semangat engkau belia pada menyambut HUT Republik Indonesia".
Tentunya juga diawali dengan sedikit basa basi mengenai makna kemerdekaan serta semangat kemerdekaan.
 - ‎Tujuan kegiatan
Tujuan selalu disampaikan melalui proposal karena bagian ini krusial agar pihak yang kita beri proposal tau apa yg kita harapkan. Biasanya terdiri dari satu atau beberapa poin. Semisal
"Ikut Meramaikan HUT Kemerdekaan Indonesia"
"Menyadarkan kaum belia akan semangat Kemerdekaan"
"Mengambil Andil dalam mengisi Kemerdekaan"
 - ‎Tema
Tema merupakan kalimat yang menggambarkan asa, target atau capaian yang diinginkan sehabis aktivitas dilaksanakan. Semisal.
Setelah kegiatan 17-an ini selesai dibutuhkan setiap peserta memiliki rasa gembira serta mempunyai daya kreasi yang bermanfaat baik buat diri sendiri ataupun poly orang. Sehingga tema aktivitas bisa kita tulis menjadi berikut :
"Terus Isi Kemerdekaan menggunakan kegembiraan dalam kreatifitas"
 - ‎Waktu dan Tempat
Dibagian ini kita perlu menyampikan dimana aktivitas akan dilaksanakan,  kapan jam berapa tanggal berapa. Sehingga pihak yang kita sodori proposal bisa menerka-ngira apakah sanggup membantu atau tidak. Atau berbenturan dengan aktivitas lain atau nir.
Tips buat menghidari perkara semacam ini kita harus memastikan terlebih dahulu apakah waktu dan loka yg kita buat benar-benar free.
Tips yang kedua merupakan ajukan proposal pada pihak penerima selambat-lambatnya 2 bulan sebelum kegiatan dilaksanakan.
Tips yang ketiga terus pantau proposal yang kamu ajukan ke pihak penerima, biar pihak penerima tidak lupa.
- ‎Target peserta
Target peserta bermanfaat buat memetakan siapa saja yg akan mengikuti kegiatan ini, umumnya akan di breakdown sebagai darimana dari pesertanya, usia berapa, apa jenis kelaminnya hingga batas maksimal peserta
Bagian ini sangat berguna saat mengajukan propsal sponsorship pada perusahaan agar mau mendanai kegiatan kita.
- Susunan Acara
‎- Susunan Panitia
‎- Anggaran Dana
‎- Penutup
Untuk empat poin pada atas sudah sangat umum. Tetapi bukan berarti nir krusial malah ini menjadi utama krusial terutama pada bagian Susunan Panitia dan Anggaran Dana.
Dibagian Susunan Panitia akan sebagai sorotan merupakan siapa yg menjadi Ketua Panitia serta Penanggung Jawab bila pihak yg menerima proposal kenal apalagi tau track record kepala panitia / penanggung jawab akan menjadi poin plus dan lolosnya proposal.
Kemudian Anggaran Dana, pula menjadi sorotan apalagi waktu proposal ditujukan buat bantuan dana, sehingga perlu benar-benar dirinci sesuai kebutuhan jangan hingga terlewat karena itu fatal.
Terakhir, pastikan penulisan pada proposal nir mengarang bebas atau mengada-ada. Biasakan menulis menurut syarat serta Data dilapangan kemudian gunakan bahasa yang rupawan sesuai EYD serta kalimat efektif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel