Dasa Dharma Pramuka Arti Dasa Dharma Pramuka

Dasa Dharma Pramuka

Pramuka itu:
1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
Menjalankan perintah-Nya dan menjauhi embargo-Nya

2. Cinta alam serta afeksi sesama manusia.
Selain sebagai makhluk eksklusif, kita jua menjadi makhluk sosial.
Artinya, makhluk yg nir sanggup berdiri sendiri. Kita perlu bantuan orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

3. Patriot yg sopan dan ksatria.
patriot yaitu membela tanah air. Kesopanan melambangkan eksklusif seorang pada tengah-tengah pergaulan dalam rakyat. Kesatria yaitu gagah berani.

4. Patuh dan suka bermusyawarah.
Dalam situasi dan aktivitas apa pun, anggota Pramuka harus taat serta patuh terhadap anggaran yang berlaku, dan selayaknya bermusyawarah atau merogoh keputusan dengan bertukar pikiran buat mencapai mufakat.

5. Rela menolong serta sabar.
Pramuka senantiasa rela menolong tanpa membedakan kepercayaan , warna kulit, suku, dan sebagainya, dan wajib didasari sang hati yg tulus, nrimo, tanpa ingin dipuji.  Dalam setiap usaha itu seorang anggota Pramuka harus tabah menghadapi gangguan, tantangan, halangan, serta hambatan.

6. Rajin, terampil, dan gembira.
Anggota Pramuka itu harus rajin melakukan sesuatu yang positif. Kegiatan waktu beliau berada dalam training Pramuka harus menerapkannya pada aktivitas sehari-hari. Jangan rajin diwaktu kegiatan pramuka, namun wajib dibuktikan waktu ia pada tempat tinggal , di sekolah. Dalam melaksanakan kegiatan itu pun harus dilaksanakan menggunakan bahagia dan gembira.

7. Hemat, cermat, serta bersahaja
Hemat yaitu nir menghambur-hamburkan uang dan tidak boros. Pramuka wajib  cermat pada pengeluaran uang, memprioritaskan apa yang harus dibeli atau didahulukan, dan mana yang tidak perlu janganlah dibeli. Meskipun dia kaya, setidaknya jangan arogan serta angkuh bersahaja atau sopan santun dalam berteman.

8. Disipilin, berani, dan setia
Disiplin yaitu taat serta patuh terhadap peraturan yg berlaku. Anggota Pramuka wajib berani lantaran sahih, namun takut karena galat. Pramuka wajib setia terhadap janji setianya lantaran itulah nilai-nilai luhur eksklusif insan.

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
Setiap anggota Pramuka harus bertanggung jawab terhadap apa yang sudah ia perbuat, jangan lari berdasarkan kasus, maka selesaikan masalah tanpa memunculkan masalah baru. Ia wajib  konsekuen karena ini adalah modal berdasarkan kepercayaan terhadap kita.

10. Suci pada pikiran, perkataan, serta 
perbuatan.
Inilah eksklusif insan yang sejati, higienis pikiran, nir 
ada iri serta dengki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel