Ekskul Pramuka Wajib Di Sekolah

PAREPARE, AJPNews -- Dalam saat dekat, semua sekolah di Parepare harus mulai menjalankan ekstrakurikuler (ekskul) pramuka. Itu seiring dengan keputusan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memasukan materi mitigasi bencana pada Kurikulum2019. 
Sekretaris Dinas Pendidikan, Umar SPd MPd, memang materi mitigasi bencana akan dimasukkan ke pada kurikulum2019. Tetapi petunjuk teknis mengenai materi tadi belum hingga ke tangan pihak Dinas Pendidikan Parepare.
Namun sebelum petunjuk teknis diterima, Umar menghimbau kepada setiap sekolah untuk menggencarkan pembinaan pramuka kepada anak didik. Itu supaya nantinya, sekolah tidak lagi resah menggunakan adanya materi ekskul pramuka tadi.
"Saat ini sudah poly sekolah yang ogah-ogahan menerapkan ekskul pramuka, padahal itu penting. Makanya mulai kini wajib diterapkan lagi, agar nantinya nir galau lagi," katanya.
Materi yang tertampung dalam materi mitigasi bala kurikulum2019 ini, termasuk ancaman dan risiko bencana melalui kegiatan ekstrakurikuler, misalnya Pramuka. Ini dimasukkan dalam ekstrakurikuler lantaran apabila masuk ke mata pelajaran inti, nantinya bisa menjadi berat. 
Kemdikbud telah menyusun materi khusus mengenai kebencanaan, mulai berdasarkan sosialisasi tanda-tanda bala alam hingga proses evakuasi. 
"Setiap wilayah memiliki ciri ancaman bencana yang tidak selaras, mulai dari gempa, banjir, longsor, hingga letusan gunung barah, sebagai akibatnya materinya dibuat sekolah serta diubahsuaikan dengan karakteristik ancaman bala yang dihadapi. (ifa/ady)

source: ajatapparengnews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel