FUNGSI PAKAN DALAM BUDIDAYA IKAN

FUNGSI PAKAN DALAM BUDIDAYA IKAN - Fungsi utama pakan pada ikan adalah untuk membentuk energi yg digunakan buat menopang pertumbuhan dan perkembangan ikan. Pakan tadi bisa diperoleh berdasarkan pakan alami maupun pakan protesis. 

Baca Juga ; Mengenal Penyakit Parasit dalam Ikan


Secara generik, ikan memanfaatkan protein menjadi asal energi primer, sang karenanya, komponen utama yg wajib tersedia waktu menciptakan pakan protesis adalah protein.
Namun demikian, pakan nir hanya berfungsi sebagai penghasil tenaga, sebagai akibatnya ketersediaan komponen lain pada pembuatan pakan ikan pula sangat krusial. 

Beberapa fungsi krusial pakan buat menopang pertumbuhan serta perkembangan ikan diantaranya:


1. Fungsi Pakan Ikan Sebagai Pengobatan

Dalam Budidaya perianan peranan pakan menjadi krusial dan mempunyai bobot seitar 30 % berdasarkan keberhasilan bisnis budidaya ikan dan Pada dasarnya dalam hadiah pakan serta mengakibatkan ikan yg memperoleh kecukupan nutrisi menggunakan kualitas serta kuantitas yg memadai akan tumbuh dengan baik dan tidak gampang terjangkit penyakit.

Pakan yang pada berikan dalam ikan akan membantu terciptanya sistem ketahanan tubuh dalam ikan. Semakin poly kandungan nilai gizi suatu pakan maka aan baik sistem pertahanan tubuh ikan.sementara mekanisme sistem hormonal sangat dipengaruhi oleh kualitas pakan yang dikonsumsi.

Baca Juga ; Takaran Nutrisi Pada Pakan Buatan


Dimana Sistem ketahanan tubuh tadi akan membangun imunitas atau kekebalan terhadap serangan penyakit, serta sangat ditentukan sang sistem hormonal. 



Dengan demikian, bila pakan yg pada berikan dan dikonsumsi  memiliki kualitas baik berdasarkan kandungan nutrisi dan menggunakan jumlah yg pas maka sistem hormonal pada ikan juga akan berjalan dengan baik serta dengan sendirinya 

Dimana  sistem hormonal tadi akan terbentuk sistem ketahanan tubuh yg baik pula.

2. Fungsi Pakan Ikan Untuk Membentuk Warna Tubuh

Salah satu fungsi pakan bagi ikan merupakan sebagai pembentuk rona tubuh atau pigmen. Biasanya fungsi pakan tersebut terkandung dalam pakan buatan dan dimanfaatkan pada kegiatan budidaya ikan hias. 

Pakan buatan yg digunakan untuk membangun warna tubuh pada ikan jika dilihat berdasarkan komponen bahan penyusunnya tidak beda jauh menggunakan pakan buatan lainnya, hanya dalam pakan buatan ditambahkan pigmen atau pembuat warna.
Secara fisik serta bentuk berdasarkan pakan protesis yg di penuhi serta diperkaya menggunakan pigmen mudah dibedakan menggunakan pakan protesis biasa, 

karena pakan buatan yang diperkaya dengan pigmen biasanya mempunyai rona yang spesial , merah atau hijau. Dan Pakan berbahan Figmen sangat pada rekomendasikan buat ikan hias.


Ciri Ciri dari Pakan berbahan figmen Selain berwarna warni itu umumnya dalam kantung atau wadah pakan masih ada keterangan yg menjelaskan adanya tambahan pigmen.


Ikan yg diberi pakan menggunakan kandungan pigmen yg sesuai serta proporsional akan mempunyai rona  serta bentuk tubuh yg lebih cemerlang dan tajam. Serta Warna tersebut akan bertahan lama walaupun secara genetik sanggup berubah.

3. Fungsi Pakan Ikan Untuk Meningkatkan Cita Rasa


Cita rasa sangat mempengaruhi selera konsumen. Ikan yg mempunyai cita rasa tidak baik atau kurang enak biasanya tidak disuukai konsumen. Cita rasa daging ikan ini sangat dipengaruhi oleh kualitas pakan yang dimakan ikan itu sendiri. 

Ikan selain menerima pakan menurut hadiah pakan tambahan, juga menerima pakan berdasarkan pakan alami. Kualitas pakan alami sangat ditentukan oleh lingkungan perairan masing-masing. 


Baca Juga ; WadaH Budidaya Perikanan


Setiap lingkungan perairan memiliki kandungan serta kualitas pakan alami yang berbeda-beda. Dengan demikian, ikan yg memperoleh pakan alami menurut suatu lingkungan perairan akan mempunyai oroma serta citarasa yang tidak selaras dibanding menggunakan ikan sejenis yg memperoleh pakan alami menurut lingkungan perairan lain. 


Demikian pula apabila ikan yg ditangkap pada suatu lingkungan perairan akan mempunyai aroma serta cita rasa yang tidak sinkron bila dibandingkan dengan ikan sejenis yang ditangkap pada lingkungan perairan yang sama tetapi dalam trend yg tidak selaras.
Dengan pendapat serta perkiraan tersebut di atas maka pembuatan pakan buatan sebaiknya pula memperhatikan dan mempertimbangkan komponen dan bahan yg menghipnotis cita rasa daging ikan yg didapatkan. 

Sebagai model dalam anugerah pakan ikan di negara Amerika yang berupa tepung darah, memiliki cita rasa yang tidak sinkron dengan ikan pada Israel yang diberi pakan berupa bungkil kacang tanah. 


Demikian jua menggunakan ikan di Jepang yang diberi pakan dari kepompong ulat sutra mempunyai cita rasa daging ikan tidak selaras menggunakan ikan pada kedua negera tadi. 


Tetapi cita rasa daging ikan di ketiga negara tersebut ternyata mempunyai cita rasa daging ikan yang lebih lezat dibanding menggunakan cita rasa daging ikan pada Indonesia yang diberi pakan pellet.

4. Fungsi Pakan Ikan Untuk Mempercepat Reproduksi


Pengangkutan hormon reproduksi menuju organ reproduksi pada ikan sangat dipengaruhi oleh kinerja sistem endokrin. Sistem endokrin serta sistem hormon ditunjang sang kualitas pakan ikan. 

Sehingga, kualitas pakan ikan yang baik harus bisa menunjang kerja organ tubuh ikan, termasuk kinerja ke 2 sistem hormon tadi. Kinerja sistem endokrin yg optimal akan meningkatkan kecepatan proses pematangan gonad atau pematangan kelamin ikan. 


Jika proses pematangan gonad mampu berlangsung lebih cepat, maka proses reproduksi pun bisa dipercepat. Dengan demikian, salah satu fungsi menurut pakan ikan merupakan buat mempercepat proses reproduksi dalam ikan.
Penambahan vitamin, terutama vitamin E ternyata bisa merangsang pematangan gonad. Vitamin E diketahui mempunyai fungsi buat mencegah oksidasi EPA (eikosapentanoic acid). EPA diubah sebagai prostaglandin yg berperan pada meningkatkan kecepatan pematangan gonad. 

Bersama menggunakan vitamin A yang berperan sebagai antioksidan, penambahan vitamin E juga akan menaikkan fungsi PUFA (polyunsaturated fatty acid) yang diharapkan pada proses pembentukan hormon. 


Selain itu, beberapa jenis bahan pembuatan pakan ikan yg bisa meningkatkan kecepatan proses pematangan gonad diantaranya, udang, cumi-cumi, kerang, serta kepiting yang masih segar.

5. Fungsi Dari Pakan Ikan Untuk Perbaikan Metabolisme Lemak

Secara umum bahwa pakan ikan bertujuan buat memenuhi kebutuhan energinya dari protein. Dengan istilah lain bahwa ikan lebih mudah untuk mencerna protein buat membarui energinya dibanding menggunakan mencerna karbohidrat juga lemak. 

Kondisi akan pemenuhan protrein ini tentu saja bagi petani pembudidaya ikan kurang menguntungkan karena untuk meningjkatkan nilai protein yang tinggi akan mengingat porto buat memenuhi kebutuhan protein lebih mahal. 


Bagi pembudidaya ikan pemenuhaan akan nutrisi serta protein yang diberikan dalam ikan melalui pakan akan lebih baik dipakai buat menopang pertumbuhan dan perkembangan ikan. 


Sementara itu, tenaga yg dipakai diperoleh berdasarkan hadiah lemak atau karbohidrat. Semisal Dari bahan misalnya Sayuran serta Tanaman Nabati.
Para peneliti dan ahli dalam bidang perikanan budidaya sudah melakukan berbagai upaya penelitian menggunakan tujuan buat menaikkan daya cerna ikan terhadap lemak dan karbohidrat buat memenuhi kebutuhan energinya. 

Sehingga protein yg diberikan dan harus disediakan menggunakan biaya yang mahal bisa digunakan secara optimal buat menopang pertumbuhan ikan.

Dari output penelitian tadi maka terdapat keliru satu bahan yang di rekomendasikan serta dapat dipakai untuk meningkatkan kemampuan ikan pada mencerna lemak buat memenuhi kebutuhan energinya merupakan asam bile. 

Asam bile adalah cairan yg dihasilkan oleh hati. Senyawa ini poly mengandung garam natrium dan garam kalium. 


Dalam proses pencernaan lemak, kedua jenis garam ini akan menurunkan tegangan permukaan lemak serta mengubah bentuk lemak sebagai bola-bola mini (micelle). 


Lemak berbentuk bola-bola kecil ini nisbi larut dalam air (menciptakan emulsi) sehingga mudah diserap sang tubuh.

Upaya lain untuk menaikkan daya cerna ikan terhadap lemak pula bisa dilakukan dengan penambahan jenis zat lesitin. Zat Lesitin merupakan jenis lemak yg mengandung gliserol serta asam fosfat dimana termasuk senyawa yg baik.

Senyawa ini banyak masih ada pada otak, kedelai, biji bunga matahari, jagung, dan kuning telur. 


Selain sebagai asal lemak, lesitin jua berfungsi untuk menstabilkan lemak pada saluran pencernaan. Dengan kandungan gliserol yang tinggi, lesitin mudah dicerna oleh ikan.

Penambahan jenis pengurai semisal mikroba jenis eksklusif pula diketahui bisa menaikkan kemampuan ikan dalam mencerna lemak dan karbohidar. 

Selain dapat menguraikan lemak sebagai akibatnya mudah dicerna sang ikan, mikroba pula dapat membantu pencernaan karbohidrat dan protein. 


Beberapa pabrik pakan ikan sudah menggunakan jenis dan bentuk mikroba yg bisa menaikkan pencernaan lemak serta karbohidrat dengan menambahkannya dalam formulasi pakan ikan. Dan Mikroba tersebut Masih Terus Untuk di kembangkan.

Sumber : Modul pembuatan pakan ikan buatan, BPPP Tegal.

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel