Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Pramuka: Pelopor Masyarakat Cinta Sehat

Posted: 19 May2019 12:30 AM PDT

Saka Bakti Husada kwartir Ranting Karangkobar belum usang ini ( akhir pekan ini ) menggelar kegiatan Bakti Sosial kemasyarakatan di Desa Pasuruhan, kecamatan Karangkobar. Kegiatan yang bertemakan "Pengembangan Pelopor Masyarakat Cinta Sehat dalam Pembentukan Karakter Remaja Sehat" tersebut dibutuhkan menjadi galat satu bukti konkret kepedulian serta  aksi pramuka peduli terhadap kasus yg muncul dimasyarakat, terutama dalam bidang kesehatan dan kasus sosial lainnya.

Pamong Saka Bhakti Husada Kwarran Karangkobar, Yon Setiawan Mengatakan, kegiatan bhakti sosial kemasyarakatan tersebut diikuti sang sedikitnya 70 Pramuka penegak anggota Saka hakti Husada yang adalah perwakilan dari SMAN 1 Karangkobar, SMKN1 Wanayasa, Sekolah Menengah Kejuruan Ma'arif Karangkobar yang dilaksanakan rutin sekali dalam setahun, dan buat tahun ini merogoh loka di desa Pasuruan kecamatan Karangkobar.

"pemilihan lokasi tadi adalah hasil berdasarkan kesepakan dan merupakan project dan sasaran membantu program DKK kabupaten serta puskesmas karangkobar dalam rangka penguatan sistem wahana dan prasarana yg terdapat " tandasnya.

Dalam kegiatan Bhakti pramuka peduli Saka Bhakti tersebut digelar beberapa kegiatan seperti jambanisasi yang dipusatkan di 42 titik Kepala Keluarga, pembuatan loka sampah beton, lomba kebersihan lingkungan, demo cuci tangan serta gosok gigi untuk anak anak, bhakti induk semang, pendalaman krida, serta aktivitas penyuluhan kesehatan melalui 16 indikator konduite hidup bersih serta sehat dalam tempat tinggal tangga.

Sementara itu kepala Puskesmas Karangkobar, Suci Hidayati mengungkapkan, aktivitas tersebut sangat membantu acara kami dalam bidang sanitasi dasar dan program PHBS buat mewujudkan masyarakat cinta sehat.

"Terlebih buat ketika ini kepemilikan akses jamban sehat masih sangat minim, diharapkan menggunakan penyuluhan serta penguatan kader pramuka peduli ini dapat membantu acara pemerintah " terangnya.

Diapresiasi
Ketua kwarcab Pramuka Setiawan mengungkapkan, aktivitas bhakti sosial tersebut diperlukan sebagai pemicu serta mampu menaikkan kesadaran warga mengenai konduite hayati bersih dan sehat.
"Atas nama masyarakat pramuka, aku memberikan apresiasi yang dengan tinggi tingginya atas dharma bhakti yang dilakukan pada program tadi, semoga aktivitas serupa akan terus dilakukan sehingga pramuka semakin dikenal sang masyarakat lewat program aksi nyata " terangnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, eksistensi Satuan karya memang dibutuhkan bisa menaruh sumbangsih energi, fikiran dan wadah yg tepat buat anak belia berkreasi serta mengabdikan diri ditengah rakyat serta mendukung program pemerintah pada rangka menaikkan kualitas hidup yang lebih baik. (Humas_Kwarcab Banjarnegara)

[Humas Kwarnas]

UBALOKA Dituntut Peka Dalam Situasi Darurat

Posted: 18 May2019 11:59 PM PDT

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara, akhir pekan kemarin menggelar aktivitas pendidikan dan Latihan SAR UBALOKA (Unit Bantu Pertolongan Pramuka) angkatan ke tujuh. Kegiatan yang digelar selama lima hari tadi diikuti sang 60 peserta perwakilan Pramuka Penegak pandega yg berpangkalan pada SMU/Sekolah Menengah Kejuruan/MA sederajat yg dipusatkan di komplek gedung BPBD Banjarnegara.

Ketua kwarcab Pramuka Setiawan berkata, UBALOKA merupakan Untit SAR yang dimiliki pramuka jawa tengah dan dikembangkan pada seluruh Kabupaten serta telah menerima sertivikasi menurut badan SAR nasional. " aku berharap semua peserta sanggup memanfaatkan moment langka serta berharga ini buat menimba ilmu sebaik baiknya, lantaran ini hanyalah awal serta kulitnya saja buat masuk dan berkecimpung dalam dunia humanisme khususnya bidang Search And Rescue " ungkapnya.

Lebih jauh beliau mengungkapkan, Anggota pramuka waktu ini dituntut buat lebih peka dalam syarat apapun, terlebih wilayah kita merupakan wilayah yang rawan terhadap bala alam sehingga perlu mempersiapkan kader kader yang terampil dan menguasai teknik pertolongan pertama dan kedaruratan bala atau syarat darurat lainnya yang mengancam masyarakat dan mampu bersinergi membantu pemerintah dalam masa tanggap darurat bencana alam atau keadaan darurat lainnya.

Sementara itu Komand

an SAR kabupaten Banjarnegara, Aris Sudaryanto menyampaikan Peran UBALOKA diharapkan bisa menjadi garda terdepan serta beserta sama pada penanganan situasi gawat darurat serta kebencanaan jika sewaktu ketika terjadi. " fisik dan mental serta semangat yang tinggi harus selalu dijunjung tinggi dalam mengemban misi humanisme, dimanapun serta kapanpun apabila diperlukan sehingga apa yg kita perbuat untuk misi kemanusiaan senantiasa mendapatkan kemudahan dan tetaplah utuh pada satu barisan jangan hingga tercerai berai " ujarnya.

Kegiatan yg berlasung selama lima hari tersebut diisi dengan aneka macam materi teori serta praktek yang disampaikan sang pelatih berpengalan serta handal sinkron bidangnya seperti BPBD Banjarnegara, SAR Kabupaten, Satpol PP, PMI Banjarnegara, dan unsure Tentara Nasional Indonesia. Beberapa materi yang disampaikan antara lain, orientasi Medan, organisasi penanggulangan Bencana Alam, Navigasi darat, tehnik pencarian Korban, Penganggulangan Gas Beracun, Survival, Pionering, Pertolongan Pertama, Pemadam Kebakaran, Kesemapatan, dan Water Recue.

Selain itu buat memperkuat pengetahuan serta evaluasi pelatihan atau orientasi dilapangan, digelar juga gladi posko simulasi tanggap darurat bala alam korban poly dengan luka derajat yang bervariasi. Diharapkan menggunakan simulasi gladi tadi akan memberikan citra mengenai  bagaimana teknik pencarian korban, menolong, serta memanage anggota pada situasi tanggap darurat bala.

Fasilitator BPBD Andri Sulistyo berkata, pihaknya mengapresiasi aktivitas tadi serta berharap kedepan UBALOKA sanggup memberikan sumbangsih konkret ditengah kejadian darurat juga misi humanisme yang terdapat. " kegiatan positif ini harus terus dikawal sebagai akibatnya kader kader muda yang mahir dan terampil pada bidang Search and resque akan terus bertambah untuk membantu pemerintah jika sewaktu ketika diharapkan " imbuhnya. ( Alwan_humas Kwarcab )

[Humas Kwarnas]

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel