Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Kemah Budaya Nasional2019 di Siak akan Dibuka secara resmi sang Kemendikbud RI, Bapak Anies Baswedan

Posted: 03 Jun2019 12:56 AM PDT

Kemah Budaya Nasional (KBN)2019 pada Siak kamis (4/6) pukul 08.00-11.00 WIB akan dibuka secara resmi sang Menteri Pendidikan serta Kebudayaan RI, Bapak Anies Baswedan di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara, Desa Merempura Hilir, Mempura, Siak, Provinsi Riau.

Dijadwalkan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault akan hadir pada acara pembukaan KBN2019 di Siak. KBN2019 di Siak ini merupakan aktivitas KBN ke-6 yg diselenggarakan setiap tahun dan tahun2019 dilaksanakan pada Solo, Jawa Tengah.

kegiatan KBN ini adalah kerjasama antara Direktur Sejarah dan Seni Budaya, Dirjen Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

KBN2019 akan dilaksanakan lepas 3 s/d 8 Juni2019 dengan tema “Harmoni Di Tanah Melayu Menuju Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter Tahun 2045″ yg akan dihadiri 750 peserta pramuka penggalang mewakili Kwartir Daerah semua Indonesia. (Hd)

[Humas Kwarnas]

Pembukaan PPSN IV: 5000 Pramuka Santri Pecahkan Rekor MURI Indonesia

Posted: 02 Jun2019 07:30 AM PDT

Tanah Laut—Sekitar 5 ribu pramuka santri berdasarkan seluruh Indonesia tingkat penegak melakukan aksi pemecahan rekor MURI berupa "Konfigurasi Madihin menggunakan Jumlah Peserta Terbanyak". Aksi itu dilakukan pada Upacara Pembukaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara IV (PPSN) pada Bumi Perkemahan Agrowisata, Tambang Ulang, Tanah Laut, Kalimantan Selatan (2/6).

Madihin merupakan kesenian musik khas dari Kalimantan Selatan pada bentuk pelantunan lagu/syair yg berisi pujian dan pesan krusial mengenai sejarah serta nilai-nilai nasionalisme, patriotisme, dan semangat kebersamaan Santri Bela Negara di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami memilih Madihin ini untuk mendorong dan menumbuhkembangkan kesadaran pelastarian seni budaya di kalangan anak muda, khususnya santri," ujar Mardani Zuhri, Koordinator kegiatan dan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara IV (PPSN) yang juga menjabat sebagai Andalan Nasional Gerakan Pramuka Kwarnas .

Secara teknis, pemecahan rekor MURI Madihin ini dilakukan secara kolosal diiringi musik dan tarian, menggunakan melibatkan semua peserta perkemahan, panitia, pendamping, serta pimpinan kontingen wilayah yg datang dari 33 provinsi di Indonesia.

Dalam pidato sambutannya, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin sangat mengapresiasi terlaksananya aktivitas kemah santri yg digelar setiap tiga tahun sekali ini. "Santri dan pramuka adalah kombinasi bukti diri yg sangat pas. Dari situ, alhamdulillah, banyak nilai dan ilmu yang saat kita terjun di warga keuntungannya sangat luar biasa," ujar Lukman.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Marbawi A Katon, mengingatkan agar para pramuka santri ini bisa lebih meningkatkan kepedulian dan kehadirannya guna merespons berbagai musibah dan masalah sosial yang terjadi di masyarakat. "Saat ini banyak musibah dan masalah yang mendera bangsa ini. Saya berharap, di tangan kalianlah semua masalah itu bisa diselesaikan!" tandasnya. (Kak Luqman Hakim/Annas Kominfo)

[Humas Kwarnas]

Diklat Budidaya Lebah serta Pengembangan Usaha Madu Pramuka

Posted: 02 Jun2019 07:24 AM PDT

Jakarta (1/6) Waka Bidang Badan Usaha Milik Gerakan Pramuka, Kak Rafli Effendy membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Budidaya Lebah dan Pengembangan Usaha Madu Pramuka Angkatan ke II di Istana Lebah Cibubur, 1-3 Juni2019.

“Manfaat menurut kegiatan ini merupakan terciptanya wirausahawan belia pada bidang perlebahan” ujar Waka BUM GP, H. Rafli Effendy pada sambutannya.

H. Wawan Darmawan, SE, MBA, Direktur PT. Madu Pramuka dalam sambutannya mengungkapkan bahwa budidaya lebah adalah galat satu kegiatan yg ramah lingkungan, padat karya, sumber pendapatan dan bisa mengurangi pengangguran.

Diklat Budidaya Lebah Angkatan II ini diikuti oleh 17 kwarda yang masing-masing diwakili 2 orang. Angkatan I dilaksanakan pada tahun2019 dan diikuti 15 kwarda.

Salah satu nara sumber adalah Deputi II Kemenpora, Drs. H. Syahyan Asmara, MSP yang diwakili Annas BUM GP, Ponijan, menyampaikan Pengembangan Kewirausahaan Gerakan Pramuka.(kak Arini)

[Humas Kwarnas]

Rakor BUMGP2019 hasilkan Dua Rekomendasi

Posted: 02 Jun2019 07:21 AM PDT

KesepakatanRapat Koordinasi Nasional Badan Usaha dan Aset Milik Gerakan Pramuka { Rakornas BUMGP2019} yang di selenggarakan dari tanggal 29 hingga 31 Mei2019 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta ditutup tadi malam oleh Kak Marbawi Waka Kwarnas Bidang Renbangma.

Dari rapat koordinasi yang diikuti oleh utusan dari 33 Kwartir Daerah itu menghasilkan 2 rekomendasi yaitu: 1. Kesepakatan terbentuknya Induk Koperasi Gerakan Pramuka. 2. Standarisasi Bumi Perkemahan Pramuka. Dan diperlukan pada kurun saat nir usang akan segera dibuat panitia kepengurusan.

Kedua rekomendasi itu rencana bakal diresmikan pada perayaan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka 14 Agustus mendatang.(kak sis)

[Humas Kwarnas]

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel