Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Puluhan Anggota Pramuka Bersih-higienis Gua Kreo

Posted: 13 Dec2019 11:03 PM PST

Sebanyak 50 anggota Satuan Karya (Saka) Pramuka Pariwisata dari banyak sekali perwakilan melakukan aksi bersih-bersih sampah di kawasan wisata Gua Kreo Kecamatan Gunungpati Semarang, Sabtu (12/12) pagi. Kegiatan ini adalah bagian buat membangun kader-kader yang cerdas pada berwisata.

Kegiatan ini melibatkan gugus depan beberapa sekolah, yakni SMA 6,7,8,12,13, SMK 6,13, dan 3 perguruan tinggi, IKIP Veteran, Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) yg berjumlah 47 anggota. Sementara 3 orang pamong dari dinas pariwisata.

Ketua pelaksana aktivitas Jati Widiatama mengatakan, aktivitas tersebut menjadi sarana buat menaikkan kepedulian rakyat, khususnya anggota pramuka pada menjaga objek wisata. Menurutnya, selain dilema sampah, poly coretan tangan-tangan jahil yang ditinggalkan pada obyek wisata unggulan Kota Semarang tadi.

"Kondisinya (Gua Kreo) banyak destruksi, poly coret-coretan serta penuh sampah. Kami menghapus bekas destruksi, karena selain berwisata pada sana kita juga melakukan aksi kepedulian menjaga kebersihan," ucapnya.

Dengan kegiatan ini, lanjut Jati, diharapan sanggup menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap Gua Kreo. "Kami berdasarkan Saka Pariwisata ingin menumbuhkan kader-kader yang cerdas dalam berwisata. Tidak hanya sebagai penikmat namun bisa merawat dan melestarikan obyek wisata sebagai akibatnya bisa dinikmati sang wisatawan lain," ujarnya.

Sumber : Metro Semarang

Sunting : Tim Siber Pramuka

Kalimantan Barat adakan musyawarah wilayah.

Posted: 13 Dec2019 10:58 PM PST

Pembukaan Musda 10 Desember2019 dihadiri oleh Asisten Gubernur, Waka Kwarnas, Andalan Daerah SKPD, Kwarcab (Ka Kwarcab, Sekeretaris Kwartir Cabang, Andalan Kwarcab, Dewan Kerja Cabang menurut seluruh Kwarda Kalbar, undangan dan wartawan.

Kwarda Sumsel Siap Gelar Jambore daerah

Posted: 13 Dec2019 10:54 PM PST

Palembang-Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan siap gelar kegiatan Jambore Daerah ujar Sekretaris Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Selatan, Amriadi.

Hingga saat ini telah 2 kontingen yg telah hadir pada Bumi Perkemahan Gandus, Palembang, Sumsel, yaitu Kwarcab Prabumuli dan Kwarcab Pagar Alam, ujar Amriadi waktu ditemui di lokasi bumi perkemahan.

Jambore Daerah Gerakan Pramuka direncanakan dibuka oleh Gubernur selaku Ka.mabida Gerakan Pramuka Sumsel, Alex Nurdin pada tanggal 15 Desember2019.

Tingkatkan disiplin, 700 pramuka Medan adakan kemah.

Posted: 13 Dec2019 10:51 PM PST

Medan - Sejumlah 700 pemuda mengikuti Perkemahan Pemuda2019 pada Bumi Perkemahan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Jumat (11/12).

Penjabat Wali Kota Medan, Drs H Randiman Tarigan MAP yang membuka perkemahan ini, berharap bisa menaruh wawasan dan pengalaman sebagai akibatnya melahirkan kader pembangunan yg sehat dan memiliki jiwa kepemimpinan serta peduli terhadap lingkungan. Menurut Randiman, pramuka dan pemuda harus bersatu dengan rakyat. Itu sebabnya perkemahan adalah salah satu bentuk kedekatan dan pengabdian terhadap rakyat. Diharapkan, perkemahan ini jua bisa sebagai galat satu cara buat mengatasi dan menaruh solusi supaya para pemuda nir terjerumus ke hal-hal negatif, salah satunya narkoba.

"Saya sangat menyambut baik digelarnya perkemahan pemuda ini. Kegiatan ini aku nilai menjadi bentuk peran dan aktif pemuda dalam memacu roda pembangunan. Di samping itu menjadi bentuk rasa kepedulian yg tinggi terhadap persoalan kemanusiaan di tengah-tengah warga ," istilah Randiman.

Pj Wali Kota menyampaikan, perkemahan ini merupakan keliru satu pelatihan buat hidup berdikari serta kemampuan bertahan. "Di sini bukan loka generasi manja, melainkan tempat generasi menempah jiwa kerja keras serta ketangguhan. Di sini pula tempat kita melatih kesolitan tim dan saling bahu-membahu antar sesama anggota," ungkapnya.

Randiman menambahkan lagi, perkemahan ini akan menambah jaringan pertemanan para pemuda yang mengikutinya, dan mempererat tali silaturahmi dan rasa persatuan antar sesama generasi muda. Dengan 700 pemuda yg mengikuti perkemahan ini, berarti mereka nanti akan menjadi cikal bakal generasi yg berintegrasi dengan rakyat.

Untuk itulah selaku Pj Wali Kota sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Medan, Randiman berharap nilai-nilai yang didapat dari perkemahan ini dapat disebarluaskan kepada pemuda-pemuda lainnya di lingkungan masing-masing.

Apalagi pada perkemahan ini dihadirkan sejumlah narasumber, diantaranya berdasarkan Kwarcab Pramuka Kota Medan, Direktur Eksekutif Bank Mandiri Sumut, Direktur Bank Sampah Kota Medan, Kodim 0201/BS, Forum Kewirausahaan Pemuda dan BNN Sumut.

Sementara itu Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Drs Abd. Azis berkata, sasaran perkemahan ini digelar buat meningkatkan perilaku disiplin serta hidup tertib dalam keharmonisan. Kemudian menaikkan kematangan serta kemantapan mental, fisik, pengetahun jiwa kepemimpinan dan percaya dalam diri sendiri.

Pembukaan perkemahan yang berlangsung selam 4 hari ini, turut dihadiri Dandim 0201/BS, Kol Inf. Maulana Ridwan SH, Kol. Pnb Lubis mewakili Pangkosek Hanudnas III, Kompol Juliani mewakili Kapolresta Medan, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan, H.M Husni SE MSi, Staf Ahli Wali Kota Medan Bidang Hukum dan Politik, Marah Husin Lubis SS, sejumlah pimpinan SKPD serta peserta perkemahan pemuda.

Sumber : SASTROY BANGUN (//waspada.co.id/)

Sunting : Tim Siber Pramuka

Latih Pembina, Provinsi Jambi targetkan peningkatan kreativitas pramuka

Posted: 13 Dec2019 10:46 PM PST

Jambi -Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi pengajar Sekolah Menengah pertama se Provinsi Jambi pulang dilaksanakan pada Ratu Residence, Kamis (10/12).

Kepala Kwarda Jambi Sutrisno berkata aktivitas ini cukup krusial buat menaikkan kecakapan pembina pramuka. Hal ini tak lepas menurut peran pembina yang sangat strategis pada pembekalan karakter generasi belia. “Ia berpesan supaya peserta dapat mengikuti kursus ini menggunakan baik, sebab hal ini adalah titik tolak yg paling fundamental buat menjadi pembina pramuka mahir.”

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Sumarbi pada Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi pengajar SMP se Provinsi Jambi pada Ratu Residence, Kamis (10/12) berkata bila seseorang pembina pramuka diharapkan bisa menerapkan keilmuannya satu antara lain penanaman iman taqwa pada diri siswa.

Seseorang dituntut sehat dan jasmani yg menunjang kelancaran semua aktifitas manusia, hal ini jua yang duharapkan tertanam pada murid.
” Seorang guru akan mengalirkan ilmunya pada murid,” istilah Sumarbi.

Selanjutnya ahlak yang mulia pula menjadi modal berharga yang wajib dimiliki murid. Satu diantaranya penanaman jiwa kreatif serta disiplin sampai tanggung jawab juga sebagai hal positif yg ditanamkan pada siswa. ” Pada intinya bahwa pelatihan ini adalah latihan ekstrakulikuler yang melatih jiwa kepemimpinan khususnya kepramukaan,” pungkasnya.

Sumber : TribuJambi.com

Sunting : Tim Siber Pramuka

Pramuka Bogor siap sebagai garda terdepan dalam perawatan kota.

Posted: 13 Dec2019 10:40 PM PST

BOGOR – Berlokasi di Taman Ekspresi Sempur, Walikota Bogor yang juga menjabat Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kota Bogor, kemarin, resmi melantik Pengurus Kwartir Cabang Kota Bogor Periode2019-2020. Acara pelantikan disaksikan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat, Dede Yusuf Effendi. Selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Barat, Dede Yusuf mengucapkan selamat bagi pengurus yang telah dilantik. "Semoga dapat menjalankan amanah yang telah diamanatkan. Saya juga kagum dengan Kota Bogor. Saat ini Kota Bogor banyak dibangun taman-taman cantik dan ruang terbuka. Namun open publik seperti taman memerlukan perawatan agar tetap terpelihara dan terawat dengan baik. Taman yang cantik harus dirawat untuk itu dibutuhkan pasukan, salah satunya Pramuka," bebernya.
Areal publik yang nyaman seperti Taman Ekspresi, Dede menyarankan agar perawatannya bisa diserahkan kepada Kwaran terdekat dan kelurahan setempat. "Di sinilah Pramuka dapat memaksimalkan perannya sebagai bala cadangan" lanjutnya. Dede juga mengaku sepakat dengan konsep Sejuta Aksi Meraih Prestasi (SAMP) yang menjadi visi Kwarcab Kota Bogor. Menurutnya, ini sesuai dengan slogan Pramuka Daerah Jawa Barat, Karasa Katara Karampa. Terasa manfaatnya dan terlihat wujudnya. Gerakan Pramuka tidak selalu identik dengan kemping di alam terbuka. Urban Scouting dengan beragam kegiatan seperti mural participating and motivating, urban farming dapat dan cocok diterapkan di Kota Bogor. Dengan potensi yang dimiliki, urban scouting dapat dilakukan di mana saja, seperti di alam terbuka, mal maupun di tengah kota. Untuk semua anggota Pramuka Kota Bogor, Ketua Kwarda Jawa Barat mengimbau untuk sama-sama mendukung program 'Jabar Kahiji'. Menjadikan Gerakan Pramuka Jawa Barat menjadi yang nomor satu Nasional. "2018, target kita menjadi yang pertama. Hal ini bisa jadi tidak terwujud jika para Kwartir Cabang (Kwarcab) di seluruh Jawa Barat tidak kreatif dan kurang inovatif," terang Dede.
Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Bogor, Bima Arya mengajak buat mengembalikan Pramuka ke bentuk dasarnya dan berakibat gerakan Pramuka menjadi motor perubahan. (*/ram/run)

Adakan peresmian pengurus kwartir cabang Cirebon, pengurus targetkan pembentukan karakter pramuka Se-Cirebon.

Posted: 13 Dec2019 10:28 PM PST

CIREBON-Patah tumbuh hilang berganti, sebelum patah sudah tumbuh sebelum hilang sudah berganti. Pepatah ini pertanda sejatinya dalam sebuah organisasi wajib adanya kaderisasi serta pergantian supaya terus bergerak maju dalam pergerakan. Hal ini juga dialami sang  kepengurusan pada kwartir cabang Cirebon, dalam hari minggu kemudian tepatnya pada kota Cirebon yang dipimpin sang kak Dede Yusuf selaku ketua kwartir wilayah Jawa Barat.

Pramuka harus eksis dan berada paling depan dalam setiap kegiatan yg diselenggarakan pemerintah. Pramuka pula wajib terus berupaya mengajak masyarakat buat proaktif dalam mengatasi duduk perkara-persoalan lingkungan juga, kegiatan sosial.

Hal tadi diungkapkan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Jawa Barat, Dede Yusuf waktu melantik kepengurusan gerakan pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Cirebon serta Majelis Pembina Cabang Pramuka Kabupaten Cirebon periode2019-2020 belum lama ini.

Dikatakannya pengurus baru, wajib sejalan menggunakan acara pemerintah wilayah Kabupaten Cirebon. Terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan serta pembangunan. Kemudian juga harus turut berpartisipasi, pada pembentukan karakter para anak didik dan pemuda pada Cirebon.

“Dalam setiap acara-program yg diluncurkan Pemerintah, pramuka harus eksis hadir dan berada paling depan. Apalagi bupati mendukung, sehingga tidak ada alasan buat nir beranjak,” kata Dede Yusuf.

Tantangan bagi pengurus Kwarcab saat ini, sangatlah kompleks. Mulai berdasarkan masalah pembangunan yg ada di daerah, hingga sosial kemasyarakatan. Oleh karena itu, pramuka wajib terus berupaya mengajak rakyat buat agresif, dalam mengatasi persoalan-duduk perkara yg terdapat di lingkungannya.

Saat ini, istilah Dede, bagaimana mengembalikan karakter pemuda yang penuh dengan semangat. Lantaran kenyataan ketika ini yg ada adalah penurunan karakter para pemuda.

Kecenderungan kaum muda ketika ini, lebih berfikir pragmatis dan menghabiskan waktu bermain dengan gadget atau menggunakan kata lain apatis. Sedangkan sporadis sekali pemuda turut pada kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

“Persoalan para remaja harus segera ditangani, saya sendiri memahami pada Cirebon kerap terdapat tawuran dan sebagainya. Maka berdasarkan itu, buat menumbuhkan karakter, libatkan para generasi muda dalam kegiatan sosial, pramuka salah satu wadah pemuda,” katanya

Dengan keterlibatan para pemuda dalam kegiatan-aktivitas sosial, selain menumbuhkan pencerahan. Namun jua bisa menumbuhkan kebersamaan antar pemuda. Salah satu masalah, yg ada di daerah yakni tawuran. Uapaya buat mengatasi hal itu, menurut Dede, sanggup dengan melibatkan murid berdasarkan aneka macam sekolah dalam satu aktivitas ke pramukaan yg berkelanjutan.

” Kemping wahana yang tepat buat berepresi remaja, nanti disitu bisa menciptakan gerombolan -gerombolan yg terdiri menurut perwakilan setiap sekolah. Ini sanggup sebagai keliru satu upaya buat mengarahkan remaja kedalam hal yang positif,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra berjanji akan membangun serta memperbaiki gedung pramuka yang terdapat pada Plombon. Selain itu, pihaknya akan mendukung program-acara pramuka.

“Kebetulan saya pula dilantik menjadi Mabincab, maka menurut itu. Kami akan mendukung semua acara pramuka,” ucapnya.

“Segera aku akan bangun itu secretariat pramuka, Ya pakai uang eksklusif atau uang wilayah, yang krusial nanti di perbaiki,” pungkasya.

Sumber : Suhanan
(Fajar News.com)

Sunting : Tim Siber Pramuka

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel