Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Riuhnya Pesta Siaga Pramuka yg Diikuti Ribuan Pelajar pada Pangkalpinang

Posted: 03 Aug2019 07:20 PM PDT

Sumber: //news.dtk.com/berita/3267991/riuhnya-pesta-siaga-pramuka-yg-diikuti-ribuan-pelajar-di-pangkalpinang

Pangkalpinang – Ribuan anak didik berseragam pramuka menyemut pada daerah Alun-alun Taman Merdeka serta Tamansari Wilhelmina Park Pangkalpinang, Babel. Mereka tengah menggelar Pesta Siaga serta Latihan Teknik Kepramukaan Penggalang-Penegak.

Pesta Siaga ini merupakan rencana tahunan Kwarcab Pramuka Kota Pangkalpinang. Untuk tahun ini, ada 2.480 peserta yg mengikuti Pesta Siaga sejak Selasa (dua/8) hingga hari ini.

Mengenakan seragam pramuka lengkap, para peserta itu tampak antusias mengikuti setiap kegiatan. Masing-masing kelompok terlihat berafiliasi buat menuntaskan setiap perlombaan. Ada kelompok yg mengenakan topi cokelat bulat besar , topi ala koboi serta ada juga yang menggunakan topi pramuka.

Panas terik tak menciptakan semangat para peserta aktivitas pramuka itu pudar. Semua terlihat ingin menonjol dan menampilkan yg terbaik. Terutama waktu diminta menampilkan yel-yel, setiap gerombolan bersahut-sahutan dan memamerkan kekompakan masing-masing.

“Alhamdulillah dari peserta kita lihat sangat antusias sekali. Ini mungkin lantaran kegiatan pramuka adalah ekstra kurikuler wajib di sekolah,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata serta Olahraga Kota Pangkalpinang Akhmad Elvian pada Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Babel, Rabu (3/8/2016).

Sementara itu Ketua Kwarcab Kota Pangkalpinang Dessy Ayu Trisna menyampaikan, Pesta Siaga yang digelar selama 2 hari ini berjalan relatif lancar. Mereka mengikuti kegiatan sejak pagi hingga sore hari, sebagai akibatnya nir ada program berkemah pada lapangan.

Perempuan yang pula istri Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah ini mengakui, ada beberapa peserta yang sempat kelenger. Namun mereka dapat ditangani oleh tim medis yg bersiaga pada lokasi.

“Ada 2 kendaraan beroda empat ambulans yang kita siagakan selama kegiatan ini berlangsung. Alhamdulillah seluruh mampu tertangani, tidak ada yang dibawa ke rumah sakit,” tuturnya.

Penutupan Pesta Siaga sore ini diwarnai menggunakan pemberian piala dan piagam penghargaan kepada para regu pemenang. Ada 24 regu dari kalangan Siaga sampai Penegak yang mendapatkan piala serta piagam penghargaan. Usai hadiah piala, para peserta pramuka itu bernyanyi sembari berjoget bersama menutup pesta tahunan tersebut menggunakan penuh keceriaan.

Sumber: dtk.com

Peringati Hari Pramuka Ke-55, Kwarda Papua Tanam 250 Pohon

Posted: 03 Aug2019 06:59 PM PDT

Kwarda Papua Peringati Hari Pramuka ke-55

Jayapura – Seluruh murid-siswi Pramuka tingkat penggalang dan penegak hingga para pembina Kwarda Pramuka Papua, melaksanakan aktivitas penanaman 250 pohon Mahoni serta pencucian gedung Kwarda Papua, sabtu (30/7) akhir pekan kemarin. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari Pramuka ke 55, serta dibuka sang Ka Kwarda Papua Khristina R.T.L Mano, S.ip., M.ap, dimana kegiatan berlangsung di Gedung Pramuka Buper, Waena, Distrik Heram.

Khristina R.T.L Mano S.ip., M.ap mengungkapkan bahwa semua aktivitas ini dilakukan buat memperingati hari Pramuka yang ke 55 dengan melakukan aneka macam kegiatan misalnya penanaman pohon, pencucian gedung pramuka, sampai gerak jalan buat memperebutkan piala bergilir Ka Mabida Papua (Gubernur Papua).

"Gerak jalan ini di ikuti oleh Ratusan Anggota Kepramukaan yg berada pada Jayapura, seluruh peserta menggunakan atribut Pramuka menggunakan tujuan memberitahukan ke seluruh rakyat jikalau pramuka yg dulunya hampir hilang kini dibangkitkan kembali," ucap Khristina.

Sementara itu Wakil Ketua Kwarda Pramuka Papua, Karolus Bolly, SE. MM menambahkan, pihaknya berupaya supaya gerakan Pramuka terus tumbuh pada pelatihan tiap generasi belia. Dia pula berharap bahwa gerakan Pramuka ini nantinya ikut berperan aktif pada aktivitas pelestarian lingkungan, berupaya membuatkan diri, meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan dan peduli kelestarian lingkungan bagi tiap anggota-anggotanya.

"Mencintai alam dan lingkungannya sebagai satu hal yang sangat krusial pada kepramukaan, buat itu harus kita menjadi anggota Pramuka harus pedomani Trisatya serta Dasa Dharma Pramuka,'' tutup Karolus

Sumber: Papuanews.id

1.200 Siswa di Papua Ikut Pelatihan Psikologi Kepramukaan

Posted: 03 Aug2019 06:55 PM PDT

Ketua Gerakan Pramuka Provinsi Papua dukung Pelatihan Psikologi Kepramukaan

Jayapura, Sebanyak 1.200 murid Sekolah Dasar (Sekolah Dasar) Tanjung Ria mengikuti Pelatihan Psikologi Kepramukaan termin I bagi anak-anak Pramuka tingkat Sekolah Dasar. Tujuannya,  untuk mengajarkan siswa supaya lebih kreatif, disiplin, membentuk dasar kepemimpinan semenjak dini yang berintegritas.

Kegiatan ke pembinaan secara eksklusif dibuka oleh Ibu Walikota Jayapura sekaligus Ketua Kwarda Provinsi Papua, Kak Kristina Tomy. L Mano bersama kepala Tim Psikologi Kepramukaan dari Kwarda Papua Kak Iwan Sulandjana, S.psi, M.psi, di Sekolah Dasar Tanjung Ria Jayapura, Sabtu (30/07).

Dalam sambutanya,  Kak Kwarda Provinsi Papua mengaku, sejak mini dirinya sudah menyukai dan sangat antusias menggunakan aktivitas kepramukaan. Ia menilai, kegiatan kepramukaan ini dapat membangun karakter dan jati diri calon-calon pemuda asa bangsa yg berintegritas serta berkualitas.

"Saya sangat merespon aktivitas kepramukaan ini, lantaran selama ini saya nilai di Jayapura, aktivitas kepramukaan kurang berkembang lantaran minim nya tenaga Pembina Pramuka pada setiap Kwaran ataupun Gugus Depan,” tuturnya.

Akibatnya, ‎dengan jumlah pembina yang sedikit tidak bisa mewadahi seluruh aktivitas Kepramukaan yang ada pada Papua Khususnya pada kota Jayapura ini. Padahal kata beliau, anak-anak sekolah taraf dasar sampai tingkat menengah sangat antusias  dengan adanya acara kepramukaan ini.

Sementara itu Kak Iwan Sulandjana, S.psi, M.psi menyampaikan, aktivitas kepramukaan ini sangat krusial buat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kedepan dia berharap, pemerintah harus mendukung serta memberikan pendidikan psikologi lapangan (khususnya dalam Kepramukaan). ‎

"Pramuka merupakan kependekan dari Praja Muda Karana yang merupakan sekumpulan anak muda yg mempunyai karya atau sedang berkarya. Dari pengertian tadi, maka pantas bila pramuka dianggap menjadi penerus bangsa yang mempunyai karya serta kemajuan pada berfikir, disiplin serta sanggup mengatasi perkara bagi kehidupan sehari-hari," tutup Iwan.‎ (Editor HA / Humas Kwarnas)

Peringati Hari Pramuka, Kwarnas Agendakan Ziarah ke TMP Kalibata

Posted: 03 Aug2019 06:48 PM PDT

Jakarta, Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pramuka ke 55 yang jatuh pada 14 Agustus, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan mengadakan kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan, Minggu 7 Agustus2019.

Kak Rokayah, Staf Biro Binamusa serta Hublu Kwarnas berkata, ‎acara akan dimulai dengan upacara pembukaan pukul 08.00 WIB yg dipimpin eksklusif oleh Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault dengan petugas ‎upacara dari Kwartir Cabang Jakarta Timur.

“Jumlah peserta yang akan hadir diperkirakan lebih 270 orang diambil berdasarkan 5 Kwarcab yakni Kwarcab Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara,  dan Jakarta Barat‎,” ujarnya, Selasa (2/8/2016)‎

Masing-masing Kwarcab akan mengirimkan 54 orang, yang terdiri menurut penggalang 16 orang putra maupun putri, penegak empat orang putra empat orang putri  serta pandega empat orang putra empat orang putri serta pembina ‎3 orang putra serta putri.

“Acara ziarah ke TMP Kalibata akan mengundang pimpinan Kwarnas, saudara tertua-saudara tertua Andalan Nasional Kwarnas, para Ketua Pinsaka Tingkat Nasional, para Kepala Unit Usaha dan Staf Direksi dan Staf PT Madu Pramuka dan lain-lain,” imbuhnya. ‎

Lebih lanjut Kak Rokayah mengatakan, nantinya, ziarah akan dibagi ke lima titik, masing-masing pimpinan Kwarnas dan Annas akan ditugaskan untuk menabur bunga ke makam-makam Pahlawan Nasional yang pernah berjasa dalam Gerakan Pramuka Indonesia.

Makam-makam yang akan dikunjungi antara lain

  1. Letjen Tentara Nasional Indonesia. (Purn). M. Sarbini mantan Ketua Kwarnas.
  2. Hj. Roesiah Sardjono, SH mantan Anggota Mabinsa.
  3. Jenderal Tentara Nasional Indonesia. Ahmad Yani, ‎Pahlawan Revolusi.
  4. Letkol Tentara Nasional Indonesia. (Purn). Suhanda Setia Atmaja mantan Sesjen Kwarnas.
  5. Laksana Tentara Nasional Indonesia. (Purn). Haryono Nimpuno‎ mantan Andalan Nasional.
  6. Mayjen TNI. (Purn). BP. Makadada mantan Ka Lemdiknas
  7. Prof DR. W. Napitupulu mantan Waka Kwarnas.
  8. Mayjen TNI. (Purn). R.‎ Pandji Susilo mantan Waka Kwarnas.
  9. Letjen TNI. (Purn). Supardjo Roestam mantan Ka. Mabinari
  10. Jenderal TNI. (Purn). Susilo Sudarman mantan Ka. Mabinari
  11. Laksma TNI. (Purn). Sundoro Syamsuri mantan Waka Kwarnas.
  12. Kol TNI. (Purn). Kirsamto, BA mantan Staf Kwarnas.
  13. Mayjen TNI. (Purn). Edy M. Achir mantan Waka Kwarnas.
  14. Brigjen Tentara Nasional Indonesia (Purn). Hardjiono mantan Waka Kwarnas.
  15. H. Annas Efendy mantan Staf Kwarnas.

Adapun pimpinan Kwarnas yang akan hadir pada antaranya, Kak Kwarnas, Waka Bidang Abdimasgana Kak Herindra, Sesjen Kwarnas, Kak Rafli Effendy, Waka Bidang Binamuda, Kak Editha Rahaded, serta Waka Bidang Orgakum Kak Kodrat Pramudho. Mereka akan didampingi oleh Andalan Nasional.

Selain, ke Kalibata kegiatan ziarah jua akan dilakukan di tempat-loka lain misalnya TPU Karet Bivak, Jeruk Peruk, dan Tanah Kusir. Para Annas nantinya akan dibagi buat mengunjungi makam-makan tersebut bersama pengurus Kwarcab. ‎ (HA/Humas Kwarnas)‎

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel