Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Go River Indonesia Libatkan Pramuka Bersihkan Sungai Deli‎

Posted: 09 Oct2019 07:17 AM PDT

Go River Indonesia Gelar Pramuka Peduli Sungai Deli (Foto:analisadaily.com)

Medan – Pendidikan sungai yg dilakukan sang Go River Indonesia diikuti sang puluhan Pramuka menurut berbagai sekolah di Kota Medan.

Direktur Eksekutif Go River, Ahmad Hakiki mengungkapkan bahwa Go River adalah sebuah lembaga non-pemerintah yg fokus pada acara perbaikan ekosistem dan sosial kultur warga daerah aliran sungai-sungai khususnya Sungai Deli.

“Sekolah Sungai Go River ini adalah salah satu program Go River Indonesia pada memberikan pendidikan sungai terhadap masyarakat, anak sekolah atau anak Pramuka yang terdapat di Kota Medan,” ucapnya kepadaAnalisadaily.com, Minggu (9/10).

Hakiki menuturkan, program Go River yg bertemakan ‘Pramuka Peduli Sungai Deli’ kali ini diikuti sang puluhan anak Pramuka menurut Sekolah Dharmawangsa Medan dimana nantinya Go River akan menjelaskan sejarah Sungai Deli yang ketika ini telah mulai dilupakan sang para pemuda Kota Medan.

“Harapan saya menggunakan aktivitas ini  supaya semakin banyak generasi muda terutama sekolah-sekolah di Kota Medan ikut berpartisipasi terhadap kepedulian mereka dengan melestarikan Sungai Deli ini,” tuturnya.

Semantara, Pembantu Pembina Pramuka Sekolah Menengah Atas Dharmawagsa, Dedi Harjanto mengatakan kegiatan yang diikuti oleh Pramuka Dharwangsa ini adalah kegiatan yg sangat positif lantaran pada aktivitas ini ada makna menurut Dasa Darma Pramuka.

“Ini pertama kali kami ikuti. Tema yg diambil Go River ini pula sinkron dengan Dasa Darma Pramuka yg ke-dua yaitu cinta alam dan afeksi sesama manusia dan aktivitas ini jua langsung dibentuk di bantaran Sungai Deli,” katanya.

“Saya jua berharap nantinya aktivitas ini akan terus berlanjut. Semakin banyak pemuda yg peduli dengan Sungai Deli, maka semakin pulang masa kejayaan Sungai Deli,” pungkas Dedi.‎ (HA/Humas Kwarnas)

Saka Bahari Babel Juarai Lomba Tari Kreasi Smhapore di Pelantara VI2019

Posted: 09 Oct2019 06:46 AM PDT

Tari kreasi smhapore yang menggunakan lagu “The Best," berhasil menghantarkan kontingen Bangka Belitung sebagai juara pertama dalam Lomba tari smhapore yg diadaan sang sangga kerja pelayaran lingkar nusantara (Pelantara) VI Sail Karimata2019. Lomba ini digelar di atas Kapal KRI Surabaya 591 yang sedang lego jangkar di lebih kurang perairan Pontianak. Jum’at (7/10).

Selanjutnya, kampiun kedua diraih sang tim tari smhapore dari kontingen daerah Nusa Tenggara Barat, sedang kampiun ketiga disabet sang kontingen daerah Banten.

Lomba tari ini diikuti sebanyak 12 kontingen daerah, dengan jumlah peserta masing-masing tim aporisma 10 orang terdiri menurut laki-laki atau wanita atau adonan. Dengan saat maksimal 7 mnt. Sedangkan pakaian yg digunakan menggunakan pakaian lapangan.

Kak Ginda Hadi Kusuma selaku pimpinan kontingen wilayah Bangka Belitung mengungkapkan rasa bangganya dengan memberikan apresiasi yang akbar atas keberhasilan yang telah dicapai sang anak-anak binaannya.

“Kerja keras yg selama ini dilakukan mereka selama latihan sebelum lomba, akhir nya membuah output, aku bangga,” celoteh Kak Ginda

Berdasarkan warta, kontingen Babel memang telah dari jauh hari menyiapkan diri buat mengikuti lomba tari smhapore yang diikuti oleh saka bahari se-Indonesia tadi. Selain Lomba Tari, pelantara VI jua menggelar lomba tenda terapung, yel-yel, banguan lasir, dan lomba peluit.

“Kita latihan selama 2 minggu, setiap hari sehabis pergi sekolah, berdasarkan jam 4 sore hingga jam 7 malam. Akhir menjadikan hasil yang aporisma. Kami puas,” celoteh Vivi (17) salah satu peserta menurut Babel. (Roby/Humas Kwarnas)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel