Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Posted: 22 Oct2019 12:06 AM PDT

Selama sepekan, kematangan persiapan Universitas Mulawarman (Unmul) menyambut ratusan delegasi pramuka perguruan tinggi dari penjuru Tanah Air bakal diuji. Kegiatan Kemah Bakti Racana Nasional (Kembaranas) VI dimulai. Dibuka resmi pada seremoni pada Ruang Serbaguna lantai 4 Rektorat Unmul, kemarin pagi.

KEMBARANAS adalah aktivitas pramuka tingkat universitas yang digelar setiap dua tahun sekali. Dimulakan semenjak 2005, edisi keenamnya berlangsung pada Kaltim dengan Unmul sebagai tuan rumah. Digelar hingga 26 Oktober, konsentrasi aktivitas terbagi pada dua daerah, yakni Desa Embalut, Kukar, serta di lingkungan Unmul. Dari data panitia, terdapat 55 perguruan tinggi, dengan perincian 107 putra dan 103 putri yg ambil bagian. Pelaksanaan kegiatan lebih condong kepada aspek bakti sosial kepada warga .
Seperti yang disebutkan Wakil Rektor Unmul Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Encik Ahmad Syaifudin, rangkaian kegiatan akan terbagi pada dua sesi, yakni fisik serta nonfisik. "Yang dimaksud fisik adalah membangun gapura, penanaman pohon, serta penghijauan. Bukan nir mungkin peserta membuat tugu," jelasnya.
Selanjutnya, aktivitas nonfisik keliru satunya seminar. "Juga donor wilayah, sunatan massal, hingga pentas seni yg mempertunjukkan budaya spesial Kaltim," tambah Encik.
Ketua Kwarda Kaltim Hatta Zainal menyebut, kegiatan tadi berpotensial membuat karya konkret berdasarkan para peserta. "Lantaran yg melaksanakan adalah kalangan intelektual berdasarkan semua Indonesia," kentara beliau.
Asep Supanda, perwakilan Kementerian Riset, Teknologi, serta Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) menyebut, aktivitas tadi sebagai wadah pembentukan karakter berkebangsaan. "Kegiatan yg ada di dalamnya berhubungan dengan kedisiplinan, pada mana pramuka merupakan salah satu wadahnya. Kemenristek Dikti akan terus mendukung seluruh kegiatan yang menyangkut minat serta talenta siswa perguruan tinggi menjadi dasar pembangun NKRI yang kukuh," jelas beliau.
Sementara itu, Rektor Unmul Prof Masjaya yang membuka kegiatan tersebut menuturkan, Kembaranas sebagai ajang peserta mengenal lebih dekat Unmul dan Kaltim. "Kegiatan ini akan memberi wawasan tambahan peserta. Selama sinkron dengan anggaran, kami akan mendukung seluruh kegiatan mahasiswa," pungkas beliau.

Penulis : Kaltimpost

Editor : Tim Cyber Kwarnas

1204 Sekolah siap ikuti Jambore Cabang Kabupaen Gowa

Posted: 21 Oct2019 11:56 PM PDT

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gowa siap menyelenggarakan event lima tahunan bagi pramuka siaga dan penggalang yaitu Jambore Cabang Gowa XII Tahun2019, 26-31 Oktober2019 di bumi perkemahan Cadika, Desa Pa'bentengang, Bajeng, Gowa.

Kegiatan ini nantinya  akan dibuka eksklusif oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Gowa, Kak H Muh Sidik Salam. Kegiatan Jambore cabang kali ini, sangat tidak sinkron dengan tahun-tahun sebelumnya. Acara yang bernuansa Ilmu pengetahuan serta kemampuan soft skill juga hard skill merupakan elemen pembeda dalam tahun ini.  Sehingga daya tarik Jambore Cabang dalam tahun ini sangat tinggi sehingga bisa memotivasi para peserta pramuka pada semua kabupaten Gowa.

“Kegiatan dibentuk sedemikian rupa mengikuti skala nasional dengan memakai sistem rotasi materi perhari. Ada kurang lebih 36 materi umum serta keterampilan yg akan berlangsung selama kegiatan, dan 3 lomba, sebagai akibatnya Kegiatan ini dapat dijadikan menjadi ajang persiapan para siswa Jambore Nasional Tahun2019 pada Cibubur, Jakarta. “ujar Sekretaris Panitia, Khaerun Hanafi, Rabu (21/10/2015).

Tema kegiatan ini mengacu kepada Jamnas2019 yaitu "Mandiri, Berprestasi dan Berkarakter" di mana dibutuhkan peserta yang telah mengikuti aktivitas ini akan memiliki wawasan yg luas, memiliki jiwa dan pribdai mandiri dan berkarakter.

Peserta yg ikut terdiri dari 18 Kwartir Ranting Se-kabupaten Gowa yang terdiri sekitar 1204 sekolah, dimana setiap sekolah akan mengirim 8 putra dan 8 putri dan pembina pendamping.
Adapun berdasarkan Panitia diperkirakan peserta yang akan hadir sekitar 5000 orang dari berbagai sekolah pada kabupaten gowa,

Penulis: Suryana Anas Tribun Timur News.com
Editor :Tim Cyber Kwarnas

Yonif 116/GS Latih Pramuka Siswa MAN 1 Meulaboh

Posted: 21 Oct2019 11:34 PM PDT

Sebanyak 60 orang ziswa-siswi MAN 1 Meulaboh dilatih pramuka oleh anggota Batalyon Infanteri 116/GS Korem 012/Teuku Umar. Kegiatan berlangsung sejak lepas 15 s.D. 19 Oktober2019.

Pelatihan yg dilaksanakan selama lima  hari  menggambil tempat di Markas Kipan C Yonif 116/GS. Para peserta diberikan training tentang banyak sekali hal yg berguna buat kepramukaan dari Yonif 116/GS antara lain tentang Krida Navigasi Darat, Krida Pioner, Krida Mounteneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana.

Salah satunya dalam kegiatan navigasi darat, pembinaan ini bergun buat mengenalkan para siswa mengerti cara memakai kompas dalam siang hari maupun malam hari. Membaca peta serta mengenal tanda-pertanda peta.  Kegiatan training pramuka diakhiri menggunakan aktivitas cara membuat beberapa ikatan simpul survival, mountenring dan penanggulangan bencana.

Danyonif 116/GS Letkol Inf Catur Adi Siswoyo, S.I.P menyampaikan ” Pembekalan yang dilakukan bertujuan buat mempersiapkan pramuka MAN 1 Meulaboh ke perkemahan Bhakti Pramuka Saka Wira Kartika tingkat provinsi yg akan dilaksanakan pada tanggal 22 s.D. 25 Oktober2019 di Desa Pante Kuyun Kecamatan Setia Bhakti Kabupaten Aceh Jaya”.

“Kegiatan training ini buat  bisa menciptakan tabiat generasi muda yg andal, peduli, mempunyai kecintaan tanah air, menjadi pelopor dalam bisnis bela negara serta diperlukan menumbuhkan dan mendorong kreatifitas," ujar Danyonif 116/GS Letkol Inf Catur Adi Siswoyo, S.I.

Sumber:Hadabaily.com

Editor: Tim Cyber Kwarnas

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel