Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Ikut Jambore Sedunia, 11 Anggota Pramuka Berangkat ke Jepang

Posted: 16 Jul2019 12:52 AM PDT

SANGATTA – Untuk kesekian kalinya, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kutai Timur (Kutim) turut andil dalam kegiatan kepramukaan tingkat internasional.

Kali ini belasan anggota pramuka berasal Kutim akan berangkat guna mengikuti 23rd World Scout Jamboree atau Jambore Pramuka Sedunia ke-23 Tahun2019, di Kirara-Hama, Yamaguchi, Jepang.

Keberangkatan pramuka Kutim dilepas langsung sang Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, pada halaman Sekretariat Kabupaten, Senin lalu.

Bupati Ardiansyah Sulaiman sebelum pelepasan mengungkapkan beberapa hal penting buat diingat serta dilaksanakan oleh pramuka Kutim selama berada di negeri samurai.

“Adik-adik (pramuka) sekalian menjadi pilihan buat mewakili Kutim. Ini ajang pendidikan luar sekolah yg luar biasa. Diharapkan nantinya poly menerima manfaat didalamnya. Praktik lapangan adalah ladang pendidikan yg tidak pernah dihasilkan di kelas,” ucapnya.

“Sesungguhnya itulah yg dipahami di masyarakat dan syarat riil (nyata). Jadi manfaatkan momen (jambore internasional) ini sebaik-baiknya," pinta Ardiansyah.

Bupati berharap, para pramuka nir hanya mengutamakan kesenangannya semata. Melainkan dapat mengambil ilmu dan acara edukasi lainnya buat selanjutnya dimanfaatkan waktu kembali ke tanah air.

Menurutnya, sehabis jambore para pramuka dapat mendedikasikan ilmu yg didapat di tengah rakyat pada masa yang akan tiba. Terakhir Ardiansyah meminta Pramuka Kutim bisa menjaga kesehatan. Terpenting selalu menjaga nama baik daerah serta negara Indonesia.

Sekretaris Kwarcab Kutim, Supratman, dalam laporannya menyampaikan anggota pramuka dari Kwarcab Kutim bersama peserta asal Indonesia lainnya berdasarkan rencana akan mengikuti aktivitas pramuka taraf dunia tersebut sejak 28 Juli sampai 8 Agustus2019.

"Namun sejak 22-28 Juli, 11 anggota pramuka Kwarcab Kutim akan terlebih dulu bergabung serta diberi pembekalan pada Cibubur (Jawa Barat)," istilah Supratman.

Selama di Jepang, nantinya Gerakan Pramuka Kwarcab Kutim akan menampilkan berbagai kegiatan keterampilan. Diantaranya adalah pentas seni tari dengan menampilkan dua jenis tarian khas Kutim, yakni Tari Jepen dan Tarian Dayak.

Peserta yg mengikuti ajang ini adalah pramuka output seleksi yg dilakukan masing-masing kecamatan. Sehingga pramuka terpilih adalah yang terbaik serta pantas diikutsertakan di ajang tingkat global ini.

“Berusia antara 14 hingga 17 tahun, dalam fase usia yang produktif buat dikembangkan bakatnya. Rata-rata peserta berasal berdasarkan kecamatan Muara Ancalong, Sangkulirang, Bengalon serta Sangatta Utara. Kwartir Cabang Kutim akan mengikutsertakan 10 peserta Pramuka Penegak dan 2 pendamping serta 3 visitor.” kata Supratman (*hms8/adv)

[asal fakta  //kaltim.tribunnews.com]

Mulianya Verdi, Anggota Pramuka Bantu Pemudik pada Terminal Rajabasa Bandar Lampung

Posted: 16 Jul2019 12:46 AM PDT

Bandar Lampung – Seorang remaja laki-laki menggunakan seragam Pramuka lengkap menyeruak pada antara pemudik di Terminal Induk Rajabasa Bandar Lampung, Rabu, 15/7/2015. Dia menggotong sebuah kardus milik seorang pemudik.

Namanya Muhammad Verdi. Verdi adalah anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Kedaton. Verdi memang ditugaskan satuannya buat menjadi tenaga donasi pada Terminal Rajabasa selama arus pulang kampung Lebaran tahun ini.

"Saya tugasnya di sekitaran depan Pos Pelayanan Rajabasa. Kalau ada kendaraan beroda empat yg hendak parkir, ya saya bantu parkirkan. Kalau terdapat pemudik yang bawa barang bawaan poly, khususnya mak -mak , ya aku bantu," kata Verdi waktu ditemui duajurai(dot)com pada Terminal Rajabasa hari ini.

Kata Verdi, umumnya yang bertugas terdapat lima orang. Tetapi, hari ini hanya dirinya yang bertugas. Meski puasa, remaja yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 itu permanen semangat menjalankan tugasnya.

"Yang penting niatnya lapang dada, jadi kerjanya berasa ringan. Lagipula ini sekalian ibadah bantu orang pada bulan Ramadan," pungkasnya. Selamat bertugas ya, Verdi. Salam Pramuka!(*)

[sumber liputan: //www.duajurai.com]

Kisah Pramuka Ajak Anak Yatim Belanja Lebaran pada Mal

Posted: 15 Jul2019 11:48 PM PDT

"Siapa yg pernah ke Mall?", pertanyaan Eko Sulistio mengheningkan ruangan itu. Eko mengulangi pertanyaannya, barulah enam anak mengangkat tangan berdasarkan 60 anak yang hadir. Mereka merupakan anak-anak yatim piatu dari Yayasan Panji Nusantara, Jakarta Timur serta dari lebih kurang Jakarta lainnya. Eko dan 30 anggota Pramuka penegak dari aneka macam SMA pada Jakarta timur membimbing mereka masuk ke Mall Carrefour Kramat Jati, Jakarta Timur dalam Rabu Sore (15/07/2015)
Menurut Eko, hari sebelumnya juga dilakukan kegiatan serupa, hari ini 60, selasa kemarin 140, jadi 200 anak yatim piatu yang sudah ikut. Pramuka punya kewajiban membuat mereka gembira seperti anak-anak Indonesia lainnya. "Kadang anak-anak lebih suka diajak belanja ketimbang dikasih bingkisan, kita berikan setiap orang 200 ribu rupiah", ungkap Eko Sulistio yang juga Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka ini.
Ahmad Lutfi (14 th) mengaku inilah pertama kali dia masuk mall, bocah ini nir tahu cara belanja. Ia didampingi Bagus menurut Pramuka penegak SMAN 62 Kramat Jati. Kebanyakan mereka resah menentukan apa yg mau dibeli. Beberapa waktu kemudian barulah mereka balik menggunakan keranjang belanja masing-masing.
Ada yg beli mobil-mobilan, ada jua yg seluruh uang dibelikan buku-kitab gambar serta komik. Lain hal dengan Rahma (16) tahun, ia tidak membelanjakan sama sekali uang yg diberikan. "saya keliling loka ini aja udah senang , uang ini ditabung saja", ungkapnya polos.
Eko mengungkapkan prog
ram ini dibantu  beberapa donator, kebanyakan individu. Ia berharap bila diadakan balik akan semakin poly anak yatim yg mampu ikut.  Seorang relawan bernama Bagus menurut Saka Bhayangkara Polsek Jatim mengaku nir akan melupakan insiden sore ini. "Ini sangat membekas di otak saya, adik-adik ini begitu tabah", ujarnya lirih.
Dihubungi terpisah, Adhyaksa Dault, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sangat terharu dengan kegiatan ini. "Saya berterima kasih kepada pembina-pembina pramuka, guru-guru dan orangtua yang telah mendidikan adek-adek Pramuka punya jiwa sosial yang tinggi, ini modal besar bagi Indonesia" pungkasnya. (@hariqo – Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka, Bidang Kominfo)
[Humas Kwarnas]
You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel