Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Persiapkan Raimuna Nasional2019, Dewan Kerja Gerakan Pramuka dari 34 Provinsi Rapat Koordinasi di Bali

Posted: 04 Nov2019 10:27 PM PDT

Rapat Koordinasi Dewan Kerja Daerah, 4 – 6 November2019

Bali – Jelang Raimuna Nasional Gerakan Pramuka2019, Dewan Kerja Nasional (DKN) Gerakan Pramuka  mengadakan rapat koordinasi di Hotel Adhi Jaya, Kuta, Bali 4-6 November2019. Kegiatan ini dihadiri 68 perwakilan Dewan Kerja dari 34 Provinsi di Indonesia dan Pengurus DKN.

Menurut Kak Yudha Adhyaksa, Ketua DKN Gerakan Pramuka, tujuan rakor ini memperkuat kebersamaan Dewan Kerja, banyak kegiatan besar yang akan dihadapi pada2019, salah satunya Raimuna Nasional pada Agustus2019 di Jakarta.

"Ada 2 rencana primer yang kita diskusikan, pertama tentang internal Dewan Kerja, kedua, mendapat masukan-masukan buat kesuksesan Raimuna Nasional, sesuai pesan Ketua Kwarnas, Kak Adhyaksa Dault, semua aktivitas di Pramuka wajib dipersiapkan dengan paripurna,” kentara Kak Yudha  di Bali, (05/11/2017).‎

Rapat Koordinasi ini dibuka oleh Kak Abdul Sobur Waka Kwarnas Gerakan Pramuka didampingi Kak Susi Yuliati Waka Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Bina Anggota Dewasa, hadir juga Kak Rizal Kotta dan Kak Hariqo Wibawa Satria, keduanya Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka.

"Jambore Nasional menggunakan 25 ribu peserta sudah sukses kita laksanakan, kini Raimuna Nasional juga harus lebih sukses, aku konfiden saudara termuda-saudara termuda disini sanggup. Oleh karenanya pertemuan ini jadikan sebagai ajang saling mengenal antar panitia, agar komunikasi lancar waktu Raimuna nanti,”  kata Kak Abdul Sobur dalam sambutannya di lokasi program.

Sementara itu, Kak Hariqo Wibawa mengungkapkan evaluasi publikasi serta dokumentasi Jambore Nasional pada Agustus2019 lalu. Menurut Kak Hariqo, galat satu kunci sukses publikasi dan dokumentasi adalah konten yang menarik, dan hubungan baik menggunakan seluruh pihak.

"Sebelum Jambore Nasional, kita banyak me mengadakan lomba berbasis media umum, sahabat-teman jurnalis jua sangat membantu. Kita juga banyak dibantu sang relawan media dari aneka macam daerah, terdapat Humas Kwarda, Kwarcab juga, pada dasarnya Jamnas kemarin kolaborasi poly pihak, ini wajib kita lakukan menggunakan lebih baik di Raimuna Nasional,” kentara Kak Hariqo.

Raimuna berasal dari dari Bahasa Ambai, berdasarkan daerah Yapen Timur, Kab Yapen, Papua. Kata Raimuna adalah gabungan dua istilah yaitu “Rai” serta “Muna”. “Rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul buat mencapai tujuan eksklusif yang ditetapkan bersama.

Sedangkan “Muna” adalah daya kekuatan jiwa seseorang yg berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Jadi Raimuna memiliki arti sekelompok orang yg hayati pada suatu kekuatan dengan dijiwai sang sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Raimuna pada taraf Kwartir Nasional dianggap Raimuna Nasional atau biasa disingkat dengan Rainas. Raimuna Nasional diadakan setiap 4 tahun sekali. Raimuna Nasional diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Daerah (provinsi). Perwakilan masing-masing provinsi ini biasanya diambilkan berdasarkan masing-masing Kwartir Daerah (kabupaten).‎ (HA/Humas Kwarnas)

Rapat Koordinasi Dewan Kerja Daerah, 4 – 6 November2019

Lomba Foto Pramuka “Guruku, Pahlawanku”

Posted: 04 Nov2019 08:25 AM PDT

Dalam rangka Hari Pahlawan Nasional tahun2019, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan lomba foto dengan tema: “Guruku, Pahlawanku”. Caranya:

  1. Follow akun Twitter @kwarnas, akun Instagram @gerakanpramuka, like di fanpage Facebook Kwartir Nasional Gerakan Pramuka & subscribed akun Youtube Gerakan Pramuka.
  2. Foto diri saudara tertua-kakak menggunakan memakai seragam Pramuka lengkap beserta Guru abang-kakak, baik Pengajar Sekolah, Pembina Pramuka, Guru Ngaji, Guru Les serta Pengajar-Pengajar lainnya. *Pengajar tidak wajib menggunakan seragam Pramuka.
  3. Kirimkan hasil foto saudara tertua-abang ke email : fotopramuka@gmail.com dengan subject: Nama Lengkap_Asal Daerah_Lomba Foto Pramuka. Sertakan pula di badan email: Nama Lengkap_Alamat Lengkap_No HP_Akun Twitter & Akun Instagram_Keterangan profesi Pengajar pada bidang apa.
  4. Jangan lupa, mention & tag foto saudara tertua-abang ke akun Twitter @kwarnas serta akun Instagram @gerakanpramuka dengan Tagar #GurukuPahlawanku dan #GerakanPramuka. Share jua ke akun Facebook eksklusif Kakak-kakak. Setiap peserta maksimal mengirimkan dua foto.
  5. Periode lomba ini 1-20 November2019 pukul 24.00 WIB. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 30 November2019 melalui www.pramuka.or.id dan seluruh akun media sosial Kwarnas.
  6. Tiga pemenang foto terbaik hasil evaluasi dewan juri akan mendapatkan masing-masing bantuan gratis sebanyak Rp. Dua.000.000,- (Dua Juta Rupiah) dan Sepuluh pemenang foto terfavorit output pilihan dewan juri akan menerima masing-masing bantuan gratis sebesar Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah).

Panitia :

Kak Nining 0857 7439 3969

Kak Nurul 0838 7462 8589

Kak Mia 0858 8996 1086

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel