Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Kwarnas Undang 26 Negara Ikut dalam Kegiatan Jamnas2019‎

Posted: 26 Jul2019 05:54 AM PDT

Jakarta – Kegiatan Jambore Nasional ke X2019 dibutuhkan akan berlangsung meriah sinkron dengan temanya ‘Keren Gembira Asyik.’ Pasalnya, peserta yang ikut yang Jamnas tidak hanya dari dalam negeri, akan tetapi jua ada dari pramuka luar negeri.

Andalan Nasional Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Urusan Luar Negeri Kak Brata Tryana ‎Hardjosubroto mengatakan, Kwarnas sebagai pihak penyelenggara sudah mengundang 26 NSO (Nasional Scout Organizations) se Asia Pasifik untuk hadir dalam kegiatan ini.

“Jadi ada 26 NSO yg kita undang. NSO ini adalah Organisasi Pramuka Nasional, jikalau di Asia Pasifik jumlahnya ada 26,” ujar Kak Brata saat dihubungi, Selasa (26/7/2016).

Kak Brata menyebutkan, semua dunia ini anggota ‎World Organization of the Scout Movement atau WOSM ada 162 negara berdasarkan 162 negara WOSM membagi sebagai enam tempat seperti Regional Eropa, Regional Afrika, Amerika dan pula Regional Asia Pasifik yg jumlahnya ada 26.

‎”Nah, semua telah kita undang, akan tetapi yg merespon baru sembilan. Belanda sebenarnya bukan masuk Regional Asia Pasifik akan tetapi dia ikut, mungkin karena mendengar informasi, akan tetapi cuman satu pembina,” ujarnya.

Menurut Kak Brata, 26 negara yang sudah diundang tidak bisa disebut mewakili negaranya tapi NSO, “Sama halnya kalau kita ke luar negeri itu dari Gerakan Pramuka Indonesia bukan mewakili Indonesia, yang dibawa bukan Bendera Merah Putih tapi Bendera Kwarnas. Meski Bendera Merah Putih tetap dibawa juga,” jelasnya.

Berdasarkan kabar terakhir, peserta berdasarkan luar negeri yg telah mendaftar ada 225 orang menurut enam negara yakni Malaysia, Timor Leste, Filipina, Nepal, Thailand dan Belanda. Kemungkinan akbar istilah Kak Brata, peserta dari luar akan terus bertambah. Sebab, ada empat negara lagi yg telah mendaftar, tapi belum menyerahkan nama.

“Empat negara itu, Brunei Darussalam, Bangladesh, Singapura, dan Pakistan,” tutupnya.

Jamnas sendiri akan diadakan pada Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur 14-21 Agustus2019 dengan peserta 25 ribu orang. Rencananya program pembukaan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. (HA / Humas Kwarnas).

Pembukaan Jamnas, Presiden Akan Berikan Penghargaan Ketua Pramuka Filipina dan Thailand‎

Posted: 26 Jul2019 02:25 AM PDT

‎Jakarta, Satu hari sebelum pembukaan Jambore Nasional 14 Agustus2019, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan mengadakan pertemuan Asean Scout Association for Regional Cooperation (ASARC) 13 Agustus2019. ‎ ‎

ASARC merupakan asosiasi pramuka se Asia Tenggara untuk kolaborasi regional yg dibentuk sang almarhum Ketua Kwarnas Kak Azrul Azwar ‎pada tahun 2007. Pertemuan akan diadakan di BBPK Cilandak (Balai Besar Pelatihan Kesehatan) Jl Wijaya Kusuma No. 45‎ Jakarta Selatan.

“Pertemuan itu dibuat satu hari sebelum Jamnas agar mereka mampu hadir besoknya (pembukaan Jamnas),” ujar Andalan Nasional Kwarnas Urusan Hubungan Luar Negeri Kak Brata Tryana Hardjosubroto, saat dihubungi Selasa (26/7/2016).

Kak Brata mengungkapkan, rencananya pada waktu pembukaan Jamnas Presiden Joko Widodo akan menaruh penghargaan Melati kepada 2  Kwarnas Filipina serta Thailand.  ‎Mereka dinilai  poly memberikan jasa buat gerakan pramuka pada meningkatkan persahabatan pramuka Asia Tenggara.

Pemberian penghargaan itu juga dalam rangka memperingati hari jadi Pramuka 14 Agustus yg kini telah berusia 55 tahun. ‎

“Sampai dtk ini kita dengar ada 2 yaitu, Ka Kwarnas Filipina serta Wakil Ketua Bidang Luar Negeri-nya Pramuka berdasarkan Thailand. Saya dengar akan terdapat satu lagi, tapi saya belum terima keterangan pastinya,” ungkapnya.

Dari sepuluh negara anggota ASEAN memang nir semua diberikan penghargaan. Menurutnya,  hanya orang-orang tertentu yang dinilai sudah terbukti punya dedikasi serta loyalitas ‎yg kuat buat membangun pramuka bukan hanya di negaranya akan tetapi jua pada tingkat ASEAN.

Adapun, rendezvous ASARC kata Kak Brata secara khusus akan membahas mengenai strategi pengembangan pramuka di ASEAN. Termasuk pembahasan aktivitas pramuka dalam waktu dekat ini.  “Yang dibahas aspek-aspek rutin, gimana aktivitas kita lantaran September akan terdapat Jambore ASEAN di Malaysia,” jelasnya.

Diketahui, Jamnas yang akan diselenggarakan pada Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur 14-21 Agustus akan dihadiri 25 ribu peserta pramuka penggalang. 225 peserta luar negeri menurut enam negara juga akan ikut dalam aktivitas ini. ‎(HA / Humas Kwarnas)‎

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel