Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Kemah Budaya Nasional2019:Anies Baswedan: Saatnya “Pramukanisasi”!

Posted: 04 Jun2019 11:56 PM PDT

Siak—Dunia pendidikan Indonesia patut belajar dan berterima kasih kepada Gerakan Pramuka. Selain sudah menjadi wadah pendidikan karakter anak bangsa sejak puluhan tahun lalu, kini salah satu konsep pendidikannya telah diadopsi oleh dunia pendidikan kontemporer, yaitu konsep Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK). Istilah kerennya di dunia pendidikan saat ini adalah "Gamefication" atau konsep penerapan permainan ke dalam dunia pendidikan.

Demikian disampaikan oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, saat membuka  Kemah Budaya Nasional2019 pada Kabupaten Siak, Riau (4/6). Sekitar 1000 anggota Pramuka tingkat penggalang hadir menurut 34 provinsi pada Indonesia plus dari penggalang Malaysia.

Menurut Anies Baswedan, konsep SKU dan SKK ini menandakan bahwa anggota Pramuka mempunyai poly sekali jalur kesuksesan, tanpa harus mengorbankan minat dan bakat dirinya. Mereka dapat berlomba-lomba menampilkan, contohnya atribut  SKK-nya, tanpa wajib seragam dengan temannya.

"Ini konsep pendidikan yang luar biasa! Setiap orang didorong menjadi versi terbaik dari dirinya, tanpa wajib memaksakan diri menjadi misalnya orang lain. Inilah budaya kompetisi konstruktif yang telah usang ada di Pramuka," kentara Anies yang pernah ikut Jambore Nasional tahun 1985.

Untuk itu, Anies mengusulkan agar istilahnya bukan "Gamefication", tapi "Pramukanisasi". Alasannya, karena dunia pendidikan sebenarnya telah dan sedang belajar dari Gerakan Pramuka. "Mari kita belajar dari cara mendidik anak di pramuka. Kita gaungkan spirit ini," tambah Anies.

Senada dengan itu, dalam sambutannya di depan istana Kerajaan Siak, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault, juga menyampaikan optimismenya terhadap konsep dan hasil pendidikan Gerakan Pramuka.

Menurut dia, para anggota pramuka merupakan calon-calon pemimpin bangsa Indonesia pada masa depan. "Saya konfiden saudara termuda-saudara termuda seluruh ini kelak akan memimpin Indonesia di masa depan. Jadi, nir apa-apa ya panas-panas seperti ini berjemur? Kami juga pernah mencicipi seperti itu," jelasnya. (Kak Luqman/Annas Kominfo)

[Humas Kwarnas]

Mendikbud RI Membuka secara resmi Kemah Budaya Nasional2019 di Siak

Posted: 04 Jun2019 03:46 PM PDT

Upacara pembukaan Kemah Budaya Nasional (KBN)2019 dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Anies Baswedan, kamis (4/6) pukul 09.00 WIB di lapangan Tugu, Kompleks Istana Siak.

Acara Pembukaan KBN2019 ini di hadiri oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault, Sesjen Kwarnas, Kak Yudi Suyoto, Waka Kwarnas Bidang Binamuda, Kak Editha Rahaded, Andalan Nasional, Pengurus Kwarda dan Gerakan Pramuka Riau, Kwarcab Gerakan Pramuka Siak.

Kegiatan KBN2019 akan dilaksanakan dari lepas 3 s.D 8 Juni2019 pada pada Bumi Perkemahan Buang Asmara, Siak, Riau dengan tema “Harmoni Di Tanah Melayu Menuju Manusia Indonesia Unggul serta Berkarakter Tahun 2045″ yang akan dihadiri 750 peserta pramuka penggalang mewakili Kwartir Daerah seluruh Indonesia. (Hd)

[Humas Kwarnas]

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel