Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Kwarnas Kirim 653 Peserta Ikut Jambore ASEAN‎

Posted: 14 Sep2019 12:37 AM PDT

Pelepasan Kontingen Indonesia dilaksanakan pada Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta Timur Selasa (13/9/2016) Foto: Humas Kwarnas

Jakarta – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengirimkan ‎653 peserta untuk ikut kegiatan Jambore ASEAN ke-5 di Tengku Muhammad Ismail Scout Camp Kuala Nerus Trengganu, Malaysia, pada 15-20  September2019. Data ini bertambah, dari jumlah awal yakni 471 peserta. ‎

Pelepasan Kontingen Indonesia dilaksanakan pada Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta Timur Selasa (13/9/2016) malam sang Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault. ‎Kepada peserta, Kak Adhyaksa berpesan untuk selalu menjaga citra positif Pramuka Indonesia pada mata dunia.

“Saya optimis bahwa masa depan bangsa ini terdapat di tangan kalian. Kalau adik-saudara termuda konsisten berbuat hal-hal positif, Insya Allah pada antara kalian ini ada yang akan sebagai dokter, bupati, menteri bahkan presiden," ucap Kak Adhyaksa.‎

Mantan Menteri Pemuda serta Olahraga ini jua menuturkan, kenikmatan terbesar dalam hidup sebagai putra Indonesia merupakan keimanan serta tanah air Indonesia. Karena itu, anggota Pramuka selalu diminta mengamalkan Dada Dharma buat menjaga dan melindungi Tanah Air. ‎

"Bangsa ini akan sebagai akbar kalau kita bertaqwa, aku berdoa semoga saudara termuda-saudara termuda ini semua sebagai pemimpin masa depan,"‎ terangnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina Kontingen Indonesi, Kak Syukro Muhab, mengatakan motivasi mengirim saudara termuda-saudara termuda Pramuka ke acara Jambore ASEAN ini adalah memberikan pengalaman kepada generasi muda untuk ikut aktivitas dalam tingkat dunia. ‎

Misalnya, pertama Global Competition yakni mereka memiliki pengalaman yg berharga minimal di taraf ASEAN. Kedua, Global Corporation, merupakan bagaimana mereka bisa bekerja sama dengan para peserta pada sana, lantaran mereka akan bertemu menggunakan kontingen Pramuka dari negara lain.

"Agenda ini 4 tahun sekali, serta ini yang ke-5. Pesan aku , supaya permanen menjaga nama baik Indonesia, karena Pramuka Indonesia adalah yang terbesar pada global. Tanamkan nilai-nilai Dasa Dharma menjadi acuan kita dalam bertindak serta bekerja dalam rangka melaksanakan jujur sebagai anggota Pramuka.," ucap Kak Syukro.‎

Berikut rincian terbaru peserta yg ikut pada Jambore ASEAN di Malaysia. ‎

1. Sulawesi Selatan : 61
2. Sumatera Utara : 186
3. Lampung : 2
4. Jawa Tengah : 9
lima. Sako SIT (Via Kwarnas) : 130
6. Banten : 2
7. Yogyakarta : 1
8. Aceh : 21
9. Sako Sit (via Kwarda RIAU) : 55
10. Sumatera Barat: 180
11. Tim Kwarnas : 6

Total  = 653 ‎

Diketahui Jambore ASEAN adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan akbar yang diselenggarakan sang ‎ASEAN Scout Association for Regional Cooperation kerja sama menggunakan persekutuan Pengakap Malaysia.

Kegiatan diikuti oleh organisasi Kepramukaan di setiap  negara tempat ASEAN seperti, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, serta lain-lain. ‎Kegiatan jambore pun dilaksanakan pada taraf dunia (world scout jamboree) misalnya 2019 mendatang yang rencananya akan dilaksanakan pada Amerika Serikat.‎ (HA/Humas Kwarnas)

Kwarda NTT Bentuk Kwarcab Baru pada Malaka

Posted: 13 Sep2019 10:56 PM PDT

Jakarta – Setelah dilantik sebagai Ketua Kwartir Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT)  Kamis 8 September kemudian, Kak Lusia Adinda Lebu Raya eksklusif tancap gas melakukan kunjungan ke Kwartir Cabang yg ada di NTT.

Sesuai rencana, Rabu 14-16 September2019 Kak Lusia akan mengunjungi empat Kwarcab, yakni Kwarcab Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU, Belu dan Malaka.

‎Kak Lusia menuturkan, Malaka adalah Kabupaten baru yg akan dibuat Kwarcabnya.‎ Di Belu agendanya adalah peresmian pengurus Kwarcab dan Mabicab yg baru. Sedangkan pada TTS dan TTU lebih pada konsolidasi organisasi.

“Setelah dilantik ini aku konsolidasi ke Kwarcab-kwarcab buat perbaikan struktur di Kwarcab lantaran memang terdapat yang perlu ditata pulang supaya lebih baik,” ujar Kak Lusia, Rabu (14/9/2016).

Menurutnya, kunjungan ini sesuai dengan empat fokus utama yang disampaikan oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault yakni rebranding, Pramuka untuk pengabdian, penataan organisasi, dan penguatan jaringan.

“Kunjungan ini dalam rangka penataan organisasi serta penguatan jaringan, bagaimana menyusun strategi agar Pramuka bisa berkembang dan maju di daerah-daerah,” jelasnya.

Kunjungan ke Kwarcab sudah dilakukan Kak Lusia semenjak awal bulan kemarin pada Kabupaten Alor. Sudah menjadi kebiasaannya, usai mengunjungi Kwarcab, istri Gubernur NTT ini pasti menyempatkan saat untuk berkunjung ke sejumlah Gugus Depan.

“Sesuai dengan agenda awal, Kwarda NTT rencananya akan mengunjungi semua Kwarcab pada 22 Kabupaten yg ada pada NTT selama 2 hingga tiga bulan kedepan,” tutupnya. (HA/Humas Kwarnas)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel