Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Dandim Tegal Terima Estafet Tunas Kelapa

Posted: 29 Aug2019 10:10 PM PDT

Dandim Tegal Terima Estafet Tunas Kelapa (Foto: Nur Hasan: Humas di Kwarcab Tegal)

SLAWI – Komandan Kodim 0712 / Tegal, Letkol Inf. Hari Santoso,S.sos selaku Wakil Ketua Mabicab Tegal menerima penyerahan Estafet Tunas Kelapa (ETK) ke 33 Kwarda Jawa Tengah menurut Wakil Bupati Brebes, Narjo SH selaku Wakil Ketua Mabicab Brebes Prosesi berlangsung di laman SD Selapura 01 Kecamatan Dukuhwaru, Sabtu (27/8) kemarin.

Tampak ribuan Pramuka berdasarkan Usia muda hingga dengan anggota dewasa berbaur menggunakan warga memadati Jalan Raya Selapura – Dukuhwaru, buat turut menyambut kedatangan pasukan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Ke – 33 taraf Kwarda Jawa Tengah yang memasuki wilayah Kwartir Cabang Tegal.

Dandim 0712 / Tegal, Letkol Inf. Hari Santoso,S.sos yang membacakan sambutan tertulis Gubernur Jawa Tengah, H Ganjar Pranowo,SH,M.ip selaku Ketua Mabida Jawa Tengah mengungkapkan, mengingat filosofi dan sejarahnya, kegiatan Estafet Tunas Kelapa (ETK) bertujuan untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka, serta nguri-uri dan menanamkan nilai-nilai kepahlawanan para pejuang kemerdekaan Indonesia. "Maka laksanakanlah dengan segenap "jiwa dan raga" untuk memperkuat rasa kebangsaan, merawat solidaritas dan persaudaraan anggota Pramuka dengan masyarakat, serta mewujudkan kemajuan pembangunan Jawa Tengah," tandasnya

Lebih dari itu, lanjut Dandim, upaya dan tekad Presiden pertama RI, Ir Sukarno saat Musyawarah Pimpinan Eksekutif Gerakan Pramuka di Jakarta tanggal 7 Agustus 1963, yaitu "berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan Gerakan kita, agar sampai suatu ketika, setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik yang mahasiswa dikota maupun penggembala kerbau didesa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan "Aku Pramuka Indonesia", dapat terwujud.

"Untuk itu, ikut merasakan dan peduli terhadap sesama, hendaknya merasuk pada hati, menjadi jiwa menurut aktivitas bhakti masyarakat. Disiplin hendaknya juga menjadi ruh menurut setiap pemikiran, perkataan dan perbuatan, menjadi wujud karakter spesial menurut setiap Pramuka Jawa Tengah," imbuhnya

Terpisah, Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Humas Abdimas, Drs H Waudin, M.si menjelaskan, dalam hari yg sama, Sabtu (27/8) Kwartir Cabang Tegal mendapat pasukan ETK dari 2 titik start yakni dari Kwarcab Brebes dan Kwarcab Kota Tegal.
"Kwarcab Pramuka Tegal dilalui pasukan ETK Kwarda Jateng selama dua (dua) hari yaitu Sabtu (27/8) hari ini serta Minggu (28/8). Setelah menerima berdasarkan Kab. Brebes, ETK diarak melewati beberapa desa wilayah Kwarran / Kecamatan yakni Dukuhwaru – Adiwerna – Talang – Tarub.  Sedangkan titik start dari Kota Tegal akan disatukan di Kecamatan Kramat, dan malam harinya akan disemayamkan pada Pendopo Kecamatan Kramat," bebernya.

Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan menambahkan, untuk menyemarakan ETK, pada persemayaman diisi menggunakan malam saresehan dan penyuluhan tentang Penyalahgunaan Narkoba, Wawasan Kebangsaan dan Pembinaan Karakter bangsa menggunakan Narasumber dari Kwarcab, Polsek dan Koramil. Selain itu, jua diisi dengan aktivitas bakti rakyat menggunakan Pembuatan Jamban keluarga, donor darah serta lainnya berhubungan dengan alumni FK Undip/ Ika Medica.

"Pagi harinya (Minggu-red), pasukan ETK akan diarak balik melewati daerah Kramat – Suradadi serta Warureja. Untuk selanjutnya diserahkan ke Kwarcab Pemalang oleh  Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah selaku Ketua Harian Mabicab," pungkasnya.

Menurut Khasan, ETK ke-33 mengambil Tema "Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda melalui ETK Pramuka. "ETK ke – 33 ini mengambil start berdasarkan 14 titik Kwarcab se Jateng, serta direncanakan finish 8 September2019 mendatang, di Kabupaten Karanganyar menjadi sentra peringatan Hari Pramuka ke -55 taraf Jawa Tengah," Pungkasnya. (Nur Hasan/Humas Kwarcab Tegal)

Kwarcab Tegal Terima Pasukan ETK “Dari Dua Titik Start”

Posted: 26 Aug2019 10:23 PM PDT

SLAWI – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal dijadwalkan bakal menerima pasukan Estafet Tunas Kelapa (ETK) ke – 33 tingkat Kwarda Jateng, Sabtu (27/8) dari dua titik start Brebes dan Kota Tegal.

Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Humas Abdimas, Drs H Waudin,M.si mengungkapkan pada hari yang sama, Sabtu (27/8) Kwartir Cabang Tegal akan menerima pasukan ETK menurut 2 titik start yakni dari Kwarcab Brebes dan Kwarcab Kota Tegal.

"Untuk titik start satu dari Kwarcab Brebes, direncanakan Timbang Terima di Desa Selapura, Kecamatan Dukuhwaru pukul 09.00 wib menggunakan Pembina Upacara Dandim 0712  Tegal / Wakil Ketua Mabicab. Sedangkan berdasarkan Kwarcab Kota Tegal akan diterimakan dalam pukul 10.30 pada Perumahan Griya Mejasem, Kecamatan kramat dan pembina Upacara direncanakan Kapolres Tegal / Wakil Ketua Mabicab," bebernya

Koordinator ETK yg juga Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan menambahkan, Kwarcab Pramuka Tegal akan dilalui pasukan ETK Kwarda Jateng selama dua (2) hari yaitu Sabtu (27/8) hari ini serta Minggu (28/8). Setelah menerima menurut Kab. Brebes, ETK akan diarak melewati beberapa desa daerah Kwarran / Kecamatan yakni Dukuhwaru – Adiwerna – Talang – Tarub, dan malam harinya akan disemayamkan di Pendopo Kecamatan Kramat. Sedangkan titik start berdasarkan Kota Tegal pula akan disatukan pada Pendopo Kecamatan Kramat.

"Untuk menyemarakan ETK, dalam persemayaman akan diisi dengan malam saresehan dan penyuluhan mengenai Penyalahgunaan Narkoba, Wawasan Kebangsaan dan Pembinaan Karakter bangsa dengan Narasumber berdasarkan Kwarcab, Polsek dan Koramil," terangnya

Pagi harinya, lanjut Khasan, pasukan ETK akan diarak pulang melewati wilayah Kramat – Suradadi serta Warureja. Untuk selanjutnya akan diserahkan ke Kwarcab Pemalang pada halaman PG Sumber Harjo, Pemalang. "Untuk pemberangkatan ETK rencananya akan dilepas Sekda selaku Sekretaris Mabicab serta akan diserahkan ke Pemalang sang Ibu Wakil Bupati selaku Ketua Harian Mabicab," ujarnya

Menurut Khasan, ETK merupakan kegiatan khas Pramuka Jawa Tengah dalam rangka menanamkan jiwa patriot, sukarela dan tanggung jawab kepada bangsa dan Negara sekaligus untuk untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, serta dalam rangka menyemarakkan 55 Tahun Gerakan Pramuka.

"ETK ke – 33 ini mengambil start menurut 14 titik Kwarcab se Jateng, dan direncanakan finish 8 September2019 mendatang, pada Kabupaten Karanganyar sebagai pusat peringatan Hari Pramuka ke -55 tingkat Jawa Tengah," Pungkasnya. (Nur Hasan/ Humas Kwarcab Tegal)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel