Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Peduli Asap, Puluhan Pramuka padamkan api

Posted: 18 Oct2019 11:17 PM PDT

Peran Pramuka Dalam Bencana Asap.

Sebagai bentuk keterlibatan dan kepedulian Pramuka terhadap  bencana asap, setiap tahun Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah aktif membantu. Tahun ini telah membagikan 12 ribu masker kepada masyarakat , selain masker, mereka juga turun langsung membantu posko pengendalian kebakaran hutan dan lahan, membantu posko pelayanan kesehatan dengan mengirim bantuan satu unit ambulan milik kwarda Kalteng dan turut melakukan sosialisasi pengobatan gratis.

"Selama satu bulan yang lalu, kita telah mengirimkan 30 orang anggota Pramuka, yang dibagi dalam 3 tim. Tim ini berperan siginifikan membantu pemadaman secara langsung di lokasi kebakaran. Ini darurat, karena tahun ini, asap yang ada lebih tebal dari tahun sebelumnya". Ujar Kak Ir. Saptawarto, MP Waka Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah Bid. Keuangan dan Aset saat diwawancarai via telephone, Sabtu, 17 Oktober2019.

Keterbatasan sarana-prasarana, misalnya porto, alat-alat, pakaian, nir menyurutkan kepedulian Pramuka Kalimantan Tengah. "Yang krusial dengan alat-alat seadanya, menggunakan realitas huma gambut nya sulit buat dipadamkan. Kita permanen berupaya membantu  mengatasi bala asap ini, demi kepentingan warga " Imbuh Kak Sapta

Pasalnya, udara yang dihirup rakyat kurang lebih sudah  nir sehat, jeda panjang hanya 20 Meter, asap mulai berubah kekuningan, ditambah hujan yang tidak kunjung tiba. Sehingga warga dihimbau buat nir beraktivitas diluar rumah, bila nir terlalu krusial sekali, disarankan lebih baik permanen dirumah. Seandainya ingin aktivitas diluar rumah, sebaiknya memakai masker baku, misalnya N95.

Di sisi lain, sebesar 25 anggota Pramuka, teridiri menurut unsur Dewan Kerja Nasional, Dewan Kerja Daerah beserta Pramuka penegak/pandega  bekerjasama dengan "Mesengger of peace" juga turut membantu dalam bala asap. Terjun eksklusif ke lokasi kebakaran hutan untuk memadamkan api, dan 600 masker berhasil dibagikan. "Kami sebagai Pemuda yg telah digembleng pada Pramuka, merasa terpanggil. Jiwa Pramuka itu rela menolong dan cinta kelestarian alam. Meskipun donasi masker agak terhambat lantaran jadwal penerbangan pesawat, kami tetap membantu apapun yang bisa kami perbuat.  Untuk sesama insan" Papar Kak Muhammad Immawan Syahwali anggota Dewan Kerja Nasional.

Tidak hanya di Kalteng, pada pantauan, Pramuka Jambi, Sumatera Selatan, Riau, dan Kalimantan Selatan beserta Pramuka berdasarkan sabang hingga merauke juga turut andil bahu-membahu berperan aktif dalam bala asap yg tak kunjung lenyap ini.

Lebih lanjut, Kak Sapta dan Ka Immawan, berpesan kepada Pramuka Indonesia, jadilah pionir buat menyayangi kelestarian lingkungan, agar bala-benaca lingkungan mampu diminimalisir, sehingga kita dapat hidup bersinergi menggunakan estetika alam.

Ratusan Siswa Ikuti Kegiatan Jambore Kwarran Mijen

Posted: 18 Oct2019 09:50 PM PDT

Sebanyak 660 anak didik mengikuti aktivitas Jambore Kwartir Ranting (Kwarran) 33015 Kecamatan Mijen, Jumat – Minggu (16-18/10) bertempat pada Lapangan Karangmalang, Mijen.

Para murid penggalang tadi berasal berdasarkan 34 sekolah SD serta 5 sekolah Sekolah Menengah pertama, baik negeri serta swasta dan MI se-UPTD Pendidikan Kecamatan Mijen.

Ketua Kwarran Mijen Edi Sutono menyampaikan, kegiatan ini digelar selama 3 hari.

"Adapun aktivitas selama tiga hari ini, yakni dimulai menggunakan pembukaan, permainan akbar serta barah unggun dan hiking menggunakan menempuh tiga km buat SD, dan 5 km buat SMP yg mengambil rute dengan berkeliling pada kurang lebih Kelurahan Karangmalang," ungkapnya.

Kemudian peserta menelusuri beberapa pos, misalnya pos semapore, pos morse, pos P3K, pos pengetahuan generik serta pengetahuan generik kepramukaan (PU serta PUK), Pasukan Baris-berbaris (PBB) dan tali temali.

"Sedangkan Sabtu malam (17/10)  juga ditampilkan pentas seni buat para peserta serta karangpamitan bagi pembina. Tak hanya menghibur para peserta akan tetapi juga warga sekitar di anjung utama pada area perkemahan," terangnya, Minggu (18/10).

Edi Sutono menambahkan, dibutuhkan aktivitas tadi bisa memotivasi keaktifan pada pangkalan gugus depan masing-masing dalam melakukan kegiatan pembinaan buat adik-saudara termuda penggalang.

Kegiatan ekstra pramuka, tambahnya, banyak keuntungannya buat para siswa. "Misalnya diperoleh jiwa patriotisme, kesetiakawanan, berdikari serta gotong royong. Menumbuhkan rasa cinta tanah air itu krusial, selain melatih disiplin," katanya.

Juara pada Jambore itu, yakni untuk tingkat Sekolah Dasar pada kategori Putri SD Muha Plus berhasil menjadi juara satu, kemudian Sekolah Dasar Al Azhar menjadi juara 2 serta SD MI Mif Huda duduk di juara tiga.

Sedangkan buat kategori Putra sebagai kampiun satu disabet SD Ngadirjo 03, kampiun dua Muha Plus, dan kampiun tiga MI Mif Shibyan.

Juara satu taraf SMP kategori Putri diraih oleh SMPN N 23, SMP Nuris kampiun 2, serta SMP N 35 juara 3. Dan buat SMP pada kategori Putra, kampiun satu Sekolah Menengah pertama Nuris, kampiun dua SMP N 23, dan SMP 35 kampiun tiga.

SEMARANG, suaramerdeka.com

Peduli Lingkungan,Pramuka Ta’mirul Tanam 1000 Pohon

Posted: 18 Oct2019 09:45 PM PDT


“Untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan, anak sanggup dilatih mengasihi alam sedari dini. Semisal dengan mengajak mereka, buat menghijaukan pulang lahan yg gundul tanpa pepohonan.” Seperti yg dilakukan para siswa Sekolah Dasar (Sekolah Dasar) Ta'mirul Islam Surakarta, mereka dilatih buat mempunyai kepedulian terhadap alam, dengan cara menanam ribuan bibit pohon mahoni di daerah Desa Ngesrep, Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Sabtu (17/10) sore.

Ketua Panitia kemah bakti Rudi Handoko penanaman 1000 pohon tersebut, dilaksanakan bekerjasama menggunakan Koramil Ngemplak. "Secara simbolis kita tanam 100 pohon pada lokasi ini, sedangkan sisanya kita serahkan pada pihak Koramil" terang Rudi.

Kegiatan penanaman 1000 pohon ini pula disambut menggunakan baik pihak Koramil Ngemplak. Danramil Ngemplak, Guntur Raharjo, mengatakanpihaknya berharap aktivitas semacam ini dapat terus berlanjut.

"Kami mengapresiasi aktivitas positif seperti ini. Semoga pohon yg telah ditanam sanggup dirawat dengan baik," istilah beliau.

Salah satu siswa yang ikut menanam pohon, Muhammad Luthfi, mengaku senang dapat membantu buat menghijaukan balik lahan yg gundul. "Ini pengalaman pertama saya menanam pohon, semoga nanti pohonnya bisa tumbuh besar serta berguna," ujar siswa kelas VI Sekolah Dasar Ta'mirul itu.

Ditemui terpisah, Kepala Sekolah Sekolah Dasar Ta'mirul Islam, Slamet, mengungkapkan acara menamam pohon ini sebagai rangkaian aktivitas kemah bakti sosial Pramuka Sekolah Dasar/MI/Sekolah Menengah pertama Ta'mirul Islam, yang dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Ahad (16-17/10).

"Selain acara menanam pohon, pada aktivitas kali ini kami jua membagikan 1 ton beras serta donasi pendidikan buat siswa tidak bisa pada lingkungan setempat. Kami harapkan menggunakan aktivitas ini, para anak didik lebih mandiri dan peduli pada sesama," tutur Slamet.

Dalam kegiatan yang bertajuk "Kembali ke Desa" ini, para murid medapatkan banyak pengalaman, mulai berdasarkan berlatih mendirikan tenda sampai ketrampilan lainnya.

Sumber:NU Online

Meriahkan Gerak Jalan Pramuka, Ratusan Regu berbondong penuhi Tenggarong

Posted: 18 Oct2019 09:40 PM PDT

T

ENGGARONG – Sebanyak 1.380 pelajar yang tergabung dalam 138 regu mengikuti gerak jalan dalam rangka memperingati Hari Gerakan Pramuka ke-54 di Tenggarong, Kutai Kartanagara (Kukar), Sabtu (17/10).
Gerak jalan itu dilepas Staf Ahli Bupati, H Suriansyah pada monumen Pancasila atau pada depan Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong.
Panita acara, Ali Husni mengungkapkan, kegiatan itu diikuti peserta berdasarkan taraf Penggalang Sekolah Dasar baik putra juga putri sebesar 57 regu, Penggalang Sekolah Menengah pertama putra dan putri 43 regu, dan taraf Penegak putra mupun putri berjumlah 38  regu. "Peserta tidak hanya menurut Tenggarong saja, namun jua menurut sekolah-sekolah di beberapa kecamatan se Kukar," ujarnya waktu ditemui di sela-sela pelepasan mobilitas jalan.
Gerak jalan tadi menempuh rute berdasarkan Monumen Pancasila, melintasi Museum Mulawarman menuju Jl Jendral Sudirman terus ke Jl KH Akhmad Mukhsin, berbelok ke Jl Imam Bonjol, dan melintasi jl Jendral A Yani buat kembali ke Finish pada laman Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong.
Ali berkata kegiatan tadi selain ajang silaturahim antar peserta dari aneka macam Kwartir Ranting, jua mempertinggi kekompakan serta membentuk semangat persatuan.
Pelepasan mobilitas jalan tersebut selain dihadiri pengurus Kwarcab Kukar dan hadir juga Kabag Kesra Setkab Kukar HM Arsad. (hmp02)

62 Kelompok Ikuti Petualangan Pemuda

Posted: 18 Oct2019 09:34 PM PDT

alam rangka peringatan Sumpah Pemuda Tahun2019, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga menggelar Lomba Petualangan Pemuda. Sejumlah 62 group/grup berdasarkan unsur pemuda andil pada aktivitas yg secara resmi dibuka oleh Penjabat Bupati Purbalingga pada Lapangan Desa Onje Kecamatan Mrebet, Minggu (18/10).

"Lomba yg diikuti 62 gerombolan /grup serta masing-masing grup jumlahnya delapan orang, semuanya dari unsur pemuda. Mulai menurut organisasi kepemudaan, Karang Taruna, pecinta alam pramuka serta lain sebagainya," terang Kepala Dibudparpora Kabupaten Purbalingga Subeno, saat membicarakan laporan aktivitas pada pembukaan Lomba Petualangan Pemuda Tahun2019 Kabupaten Purbalingga.

Menurut Subeno, peserta lomba akan menempuh rute/jalur  sebanyak 5 pos yang diawali berdasarkan Sungai Klawing. Semua peserta tanpa kecuali akan menyeberangi Sungai Klawing menggunakan dipandu sang tim. "Pada pos pertama semua peserta akan menyeberangi Sungai Klawing yang dipandu sang tim buat pengamanan. Pos selanjutnya pada Segara Wulung Desa Tangkisan, pos ketiga di SDN Sindang, pos keempat Desa Banjaran serta pos terakhir di Dukuh Mesir Desa Onje," tuturnya.

Kemudian, kata Subeno, peserta selain mengikuti jalan berpetualang, di setiap pos akan diberikan semacam tes mengenai wawasan kebangsaan, pengetahuan generik, penguasaan terhadap lagu harus, pengusaan terhadap budaya wilayah serta  pariwisata daerah. "Dan  dalam pos terakhir pada Dusun Mesir akan dilaksanakan tes fisik yaitu seluruh peserta wajib merayap. Dalam lomba ini, panitia menyediakan total hadiah Rp3.250.000 ditambah piala dan piagam," jelasnya.

Subeno menandaskan, kedepan aktivitas semacam ini akan menjadi rencana rutin sang Dinbudparpora pada rangka untuk berbagi generasi muda menggunakan pendekatan komprehensif yg bukan hanya melakukan petualangan. "Tetapi kedepan kegiatan semacam ini pula diberikan pengetahuan dominasi dalam bidang pariwisata, pemuda jua bidang keolahragaan dan sebagainya," tandasnya.

Penjabat Bupati Purbalingga Budi Wibowo berkata, pihaknya mengapresiasi aktivitas yang dilakukan Dinbudparpora. Hal tadi yg telah menginisiasi memotivasi pemuda juga adalah kegiatan prospektif. "Saya yakin kegiatan misalnya ini akan menerima dukungan berdasarkan berbagai pihak, hal ini nampak menurut jumlah peserta yang cukup poly. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini terus berlanjut dalam tahun ini dan seterusnya dan sebagai aktivitas rutin ketika menjelang Sumpah Pemuda," pintanya.

Budi menambahkan, kegiatan semacam ini dibutuhkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi pada generasi muda buat bagaimana berperan kepada bangsa  serta Negara. "Dengan kegiatan semacam ini pemuda diperlukan memebri ide dan motivasi sebagai akibatnya pemuda tidak hanya memikirkan dirinya sendiri. Akan namun pemuda pula mampu dalam menghadapi atau menghindari  ancaman yg terdapat di sekitar kita baik ancaman regional juga iternasional. Selain itu, kegiatan ini pula bisa menghantar dan mengarahkan generasi muda secara keseluruhan buat ikut berperan pada pembangunan dan ikut mendarmabaktikan pada masyarakat, lingkungan serta Negara. Apabila ini seluruh dilaksanakan, maka lengkaplah telah apa yg dilaksanakan oleh pemuda seperti yang dicita-citakan sang pendiri bangsa ini,"

Penutupan Jota Joti Internasional, Pramuka Indonesia paling antusias

Posted: 18 Oct2019 09:20 PM PDT

Jambore on the air dan jambore on the internet adalah suatu kegiatan kepramukaan yang bertujuan buat menumbuh kembangkan kemampuan para anggota pramuka melalui jaringan internet dan frekuensi udara. Kegiatan ini sendiri berlangsung dari tgl 16 hingga 18 oktober2019 dan diselenggarakan di gedung. Tirta Teja, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta.

Kegiatan yang telah berjalan selama 3 hari ini dibutuhkan bisa memberikan dampak yang bermanfaat bagi para anggota pramuka dikemudian harinya. Seperti yang paparkan ka kLidya Freyani ketika penutupan kegiatan jota dan joti Internasional, Waka Bidang Bina Anggota Dewasa ini mengatakan “Seharusnya kegiatan jota dan joti ini jangan hanya melibatkan anggota pramuka setingkat penggalang, penegak ataupun pandega saja, jikalau bisa anggota pramuka setingkat siaga jua bisa dilibatkan karena pengaruh berdasarkan aktivitas ini sungguh luar biasa selain hanya menyambungkan antar anggota pramuka disetiap wilayah. Berbagi pengalaman merupakan aspek penting pada aktivitas iniserta mengajarkan mereka cara untuk mengoperasikan radio amatir” serta ia melanjutkan alangkah baikknya kegiatan jota dan joti buat tahun depan semua kwartir wilayah jua telah ikut dalam memeriahkan acara ini, mungkin mereka yang tidak mengikuti kegiatan ini didaerahnya lantaran keterbatasan indera, semoga ditahun depan kwarnas bisa memenuhi kekurangannya sebagai akibatnya mereka jua mampu ikut pada kegiatan ini didaerahnya masing2.

Kegiatan ini secara resmi ditutup oleh ka lidya menggunakan percobaan eksklusif QSO penutupan menggunakan kwarda jawa barat melalui jota dan dkd kaltim melalui joti digedung tirta teja, cibubur, pada tgl 16 oktober2019. Kegiatan jota serta joti nasional ini sendiri merupakan kegiatan yg sudah berjalan yg ke-78 (jota) dan ke-36 (joti) dan partisipasinya pada the 58th world jota & 19th world joti.

Ribuan Pramuka BerJambore skala Internasional melalui radio dan Internet

Posted: 18 Oct2019 09:13 PM PDT

Setelah sukses dengan program jambore on the air dan jambore on the internet tingkat nasional, Kwartir nasional gerakan pramuka tidak hanya berhenti disitu saja. Dengan bertujuan membuatkan kemampuan para anggota pramuka melalui internet serta frekuensi udara. Kwartir nasional bersama menggunakan Organisasi Radio Republik Indonesia (ORARI)  menggelar program serupa menggunakan jangkauan yang lebih luas yaitu jota serta joti internasional.

Jota serta joti internasional ini diselenggarakan pada gedung Tirta Teja, taman rekreasi wiladatika,cibubur,jakarta yg berlangsung berdasarkan tgl 16-18 oktber2019. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Waka kwarnas bidang (orgakum) dr. P.A Kodrat Pramudo, M.kes. Dalam pidatonya dia mengatakan ” menggunakan tema "connect serta communication". Kita harus membentuk komunikasi yang baik, karena menurut komunikasi kita bisa menerima pengaruh yang luar biasa, dan ia berharap bila sanggup komunikasi yg terjalin ini jgn hanya berlangsung dikegiatan ini akan tetapi harus berkelanjutan”. Seusai pembukaan program ini kak Kodrat pula menyempatkan diri buat melakukan QSO perdana Jota menggunakan waka kwarda jawa barat dan Joti dengan Dewan Kerja Daerah DKD Yogyakarta.

Selain itu ka Kodrat jua mengatakan lantaran kini ini adalah era Globalisasi, bahkan niscaya tidak akan terdapat seseorang anggota pramuka yg tidak memakai internet dalam kegiatan sehari2nya, maka dari itu gerakan pramuka harus bisa mengimbangi para anggotanya karena kalu nir, gerakan pramuka sanggup tertinggal oleh anggotanya, dan ia jua berpesan jikalau sanggup dalam kegiatan jota joti ini gerakan pramuka bisa menggandeng kemenkominfo dalam menjalankan acara ini, serta seusai kegiatan jika mampu dibuatkan sebuah sertifikat buat anggota pramuka yg menerangkan sebuah kecakapan beliau pada bidang eksklusif, sehingga dia dapat sesuatu bekal yg mampu dibawa mudah2an bisa berguna pula bagi mereka kedepannya pada mencari pekerjaan.

Acara jota internasional ini sendiri telah berlangsung yg ke-58 th dan joti intenasional yg ke-19th. Pembukaan acara ini jua turut dihadiri waka kwarnas bidang lingkungan hidup Drs.H.abdul Shobur, S.H, M.M, para Andalan Nasional, Dewan Kerja Nasional serta pengurus ORARI sentra.

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel